Makanan penyubur kandungan

 Masalah kesuburan mempengaruhi sekitar 15% pasangan. Untuk mengatasinya, kamu perlu memperhatikan pilihan makanan dan gaya hidup yang kamu jalankan. Misalnya, dengan menjaga kesehatan reproduksi.

Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang meningkatkan kesuburan. Makanan yang sehat dan kaya nutrisi bisa membantu program kehamilan berjalan dengan baik.

Lantas, apa saja makanan untuk kesuburan wanita yang sebaiknya dikonsumsi? Agar tahu daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi, simak artikelnya ini sampai selesai ya!

12 Daftar makanan untuk kesuburan wanita

Berikut ini adalah daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk kesuburan wanita.

1. Daging tanpa lemak

Sumber protein ini mengandung zat besi, nutrisi penting yang bisa membantu meningkatkan kesuburan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang terpenuhi asupan zat besinya memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi daripada wanita yang kekurangan zat besi.

2. Ikan berlemak

Manfaat ikan patin untuk ibu hamil

Salmon, sarden, dan jenis ikan berlemak lainnya bisa meningkatkan kesuburan, berkat kandungan omega-3 yang tinggi.

Kandungan omega-3 memungkinkan peningkatan aliran darah ke organ reproduksi dan dapat membantu mengatur hormon reproduksi.

3. Tiram

Makanan untuk kesuburan wanita selanjutnya adalah Tiram. Tiram dapat meningkatkan kesuburan. Tiram merupakan sumber seng, yaitu nutrisi penting untuk fertilisasi. Kekurangan seng bisa mengganggu siklus menstruasi dan memperlambat produksi ovum.

4. Ubi

Beberapa peneliti menyarankan untuk mengonsumsi ubi karena di dalamnya terdapat zat perangsang ovulasi. Ubi sangat kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesuburan.

5. Berry

Baik raspberry maupun blueberry, keduanya memiliki antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel, termasuk sel-sel yang berperan dalam sistem reproduksi. Sehingga, buah ini baik untuk kesuburan.

6. Sayuran hijau

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau mengandung serat yang dibutuhkan untuk kesuburan wanita.

Hal ini karena serat dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil. Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi yaitu bayam, brokoli, dan kangkung. Ketiganya mengandung vitamin E, kalsium, zat besi, dan folat.

7. Jeruk

Manfaat vitamin c untuk kulit

Jeruk tidak hanya mengandung vitamin C tetapi juga mengandung potasium, kalsium, dan folat. Vitamin B pada jeruk bisa meningkatkan kesuburan dengan mengatur ovulasi. 

Baca juga: 8 Manfaat Vitamin C untuk Ibu Hamil

8. Alpukat

Makanan buah lain yang sebaiknya dikonsumsi untuk kesuburan wanita, yaitu alpukat. Alpukat mengandung folat dan vitamin K, yang membantu tubuh menyerap nutrisi untuk menjaga kesehatan hormon.

Selain itu, alpukat juga kaya akan potasium, yang bermanfaat mengatur tekanan darah. 

9. Madu

Madu juga merupakan makanan yang baik untuk kesuburan. Madu kaya akan vitamin, zat besi, kalsium, mineral, dan asam amino yang bagus untuk meningkatkan kualitas dan kesuburan ovum.

Tidak hanya itu, madu juga dikenal kaya akan vitamin B yang penting untuk produksi testosteron. Beberapa jenis literatur mengakui adanya korelasi yang positif antara asupan madu dan konsentrasi testosteron. 

Baca juga: Madu Penyubur Kandungan, Bikin Sukses Hamil!

10. Telur

Telur adalah makanan yang mudah didapat. Kaya akan protein dan mineral, telur baik untuk meningkatkan kesuburan.

Telur kaya akan asam amino yang meningkatkan kualitas folikel. Telur juga mengandung folat yang bisa membantu mencegah cacat lahir dan membantu perkembangan otak.

11. Yogurt

Tidak hanya sebagai camilan, yogurt juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Yogurt mengandung banyak kalsium, probiotik, dan protein.

Mengandung vitamin D, yogurt bisa memperkuat tulang dan meningkatkan kekebalan.

12. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung serat yang membantu mengatasi sembelit. Mengonsumsi biji-bijian bisa meningkatkan kesuburan.

Kandungan karbohidrat kompleks pada biji-bijian bisa menstabilkan gula darah dan mengatur siklus.

13. Kenari

Kenari mengandung serat dan omega-3. Selain itu, kenari mengandung magnesium yang membantu menghasilkan progesteron dan meningkatkan suplai darah ke rahim untuk membantu kesuburan. 

Baca juga: 15 Manfaat Clover Honey untuk Kesuburan!

Makanan dan minuman yang harus dihindari untuk program hamil

Selain ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk kesuburan wanita, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk kesuburan wanita.

1. Kopi berkafein

Kopi yang mengandung banyak kafein bisa menurunkan kesuburan. Penelitian menunjukkan adanya kaitan antara mengonsumsi kafein dengan penurunan kesuburan dan peningkatan risiko keguguran.

2. Alkohol

Konsumsi alkohol dapat berdampak negatif pada kesuburan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 dan melibatkan 7.393 wanita menemukan bahwa asupan alkohol yang tinggi dikaitkan dengan infertilitas.

Sehingga, dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

3. Makanan yang mengandung lemak trans

Makanan yang mengandung lemak trans sebaiknya dihindari. Biasanya, lemak trans ditemukan dalam makanan yang dipanggang atau digoreng.

Hal tersebut dapat menyebabkan peradangan dan resistensi insulin yang bisa mengurangi kesuburan.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, makan makanan yang mengandung lemak trans bisa merusak pembuluh darah dan mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi.

4. Soda

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa soda bisa mengurangi kesuburan. Sebab, soda bisa meningkatkan gula darah.

Tidak hanya itu, makanan dan minuman kemasan juga sebaiknya dihindari. Minuman dalam kemasan mengandung BPA dan bahan kimia lainnya yang bisa menurunkan kesuburan.

5. Daging merah dan olahan

Daging merah dan olahan juga mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang ada kaitannya dengan kesuburan yang lebih rendah. 

6. Makanan yang dipanggang

Makanan yang dipanggang, seperti kue mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi. Mengonsumsi lemak ini dikaitkan dengan kondisi kesuburan yang lebih buruk.

Penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dikaitkan dengan risiko gangguan ovulasi 73 persen lebih tinggi yang dapat menyebabkan infertilitas.

Baca juga: 7 Makanan yang Dilarang Saat Haid! 

Faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita

Selain makanan yang baik dan tidak baik untuk kesuburan wanita, sebenarnya ada faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita, antara lain:

1. Fungsi saluran tuba

Untuk hamil, seseorang harus memiliki saluran tuba yang terbuka dan berfungsi. Faktor ini menyumbang sekitar 35 persen dari masalah infertilitas.

Hysterosalpingogram (HSG) bisa dilakukan untuk mengevaluasi saluran tuba dan rahim. Jika saluran tuba tersumbat, kemungkinan dokter akan merekomendasikan laparoskopi. 

2. Usia

Kesuburan mulai menurun secara signifikan di pertengahan usia 30-an. Penurunannya akan berjalan lebih cepat di akhir usia 30-an.

Kesuburan memang menurun seiring bertambahnya usia karena lebih sedikit ovum yang tersisa di ovarium. Kualitas ovum yang tersisa akan lebih rendah.

Tes darah bisa dilakukan untuk melihat potensi kesuburan seseorang.

3. Kehamilan sebelumnya

Potensi kehamilan akan lebih tinggi jika sebelumnya sudah pernah mengalami kehamilan, dibandingkan dengan mereka yang belum pernah mengalaminya.

4. Berat badan

Wanita yang kelebihan berat dan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur kecil kemungkinannya untuk mengalami ovulasi setiap bulannya dibandingkan dengan wanita yang mengalami menstruasi secara teratur.

Dengan demikian, potensi kehamilannya juga berkurang. Menurunkan berat badan, sekitar 5-10% dari total berat badan bisa mengembalikan siklus menstruasi yang teratur dan meningkatkan peluang untuk hamil.

5. Kebiasaan merokok

Wanita yang memiliki kebiasaan merokok memiliki tiga kali risiko lebih mungkin mengalami keterlambatan hamil daripada yang bukan perokok.

Merokok merusak silia di dalam tuba falopi. Pada pria, merokok dapat menurunkan kuantitas dan kualitas sperma.

6. Minum alkohol

Beberapa penelitian melaporkan bahwa minum alkohol secara teratur setiap minggu bisa mengurangi kesuburan.

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan cacat lahir. Sehingga, direkomendasikan agar wanita yang mencoba untuk hamil harus menghindari alkohol.

Pada pria, alkohol bisa menyebabkan penurunan kualitas sperma.

7. Obat-obatan

Obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen bisa mengganggu ovulasi. Aspirin juga bisa mengganggu implantasi. 

8. Kondisi medis

Beberapa wanita mungkin memiliki kondisi medis yang bisa mempengaruhi kesuburan mereka. Misalnya, penyakit tiroid, sindrom ovarium polikistik, dan endometriosis.

Makanan bernutrisi untuk kesuburan wanita yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk sistem reproduksi.

Makan makanan yang bergizi dan gaya hidup yang sehat bisa membantu meningkatkan kesuburan.

Sehingga, penting untuk memenuhi asupan nutrisi dan menjalankan gaya hidup yang sehat, serta mengelola stres dan kekhawatiran.

Share artikel ini
Reference