rambut rontok saat hamil

rambut rontok saat hamil

Masa kehamilan adalah masa di mana calon ibu mengalami beberapa perubahan di tubuhnya. Tidak hanya postur tubuh, salah satu perubahan utama yang akan dialami sang ibu adalah kerontokan rambut.

Lalu, apakah rambut rontok saat hamil bisa dikatakan normal?

Meskipun rontoknya rambut dikenal memiliki kaitan dengan kondisi medis seseorang, nyatanya rambut rontok saat hamil memang banyak dialami calon ibu, lho.

Jika kamu sedang dalam kondisi hamil dan memiliki kerontokan rambut, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Memangnya, kerontokan rambut saat hamil tidak berbahaya? Lalu, apa saja penyebabnya? Nah, supaya kamu tidak salah paham lagi, kita bahas bersama di sini, yuk!

Normalkah kondisi rambut rontok saat hamil?

Pada dasarnya, kondisi rambut rontok saat hamil terbilang sangat normal. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya trauma pada folikel rambut itu sendiri.

Kamu terbiasa menguncir rambut dengan cukup kencang selama masa kehamilan? Nah, itu juga bisa menjadi penyebab banyaknya rambut yang rontok.

Nah, kerontokan tersebut biasanya dikenal dengan nama traksi alopecia atau rontoknya rambut yang diakibatkan oleh tarikan di rambut.

Jadi, sebaiknya kamu menghindari tarikan pada rambut seperti menguncir kuda, ya. Sebab, traksi alopecia bisa mengarahkan kerusakan rambut secara permanen.

ibu hamil rambut rontok
ibu hamil rambut rontok

Penyebab rontok saat hamil

Di atas, sempat dijelaskan jika salah satu penyebab rambut rontok saat hamil adalah terlalu banyak frekuensi rambut yang tertarik (dikuncir).

Namun, selain itu masih ada beberapa penyebab rambut rontok lainnya saat hamil, lho.

Kira-kira, apa saja penyebabnya, ya? Agar kamu bisa menghindari kerontokan, berikut penyebabnya:

1. Pengaruh hormon

Saat dalam proses kehamilan, banyak wanita yang mengalami stres di trimester pertama. Kebanyakan, stres yang mereka alami ini akan memengaruhi hormon tubuh.

Nah, ketidak seimbangan hormon tubuh ini membuat kepala harus mengalami fase istirahat dalam menumbuhkan rambut.

Akibatnya, wanita yang stres saat proses kehamilan bisa mengalami kerontokan rambut 2 kali lipat lebih banyak daripada biasanya.

2. Stress

Penyebab rambut rontok saat hamil juga bisa diakibatkan oleh stress, lho. Meskipun bersifat sementara, namun faktor stress baik fisik maupun emosional dapat menyebabkan terjadinya telogen effluvium (rambut rontok mendadak).

3. Menurunnya hormon estrogen

Meskipun kamu akan mengalami situasi di mana rambut rontok saat hamil, biasanya kerontokan rambut ini akan semakin parah jika setelah melahirkan.

Hal ini bisa terjadi karena hormon estrogen yang menurun. Tetapi lagi dan lagi, proses kerontokan tersebut terbilang normal.

Biasanya, rontoknya rambut akan berakhir setelah jangka waktu 6 bulan setelah melahirkan atau lebih. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika mengalaminya, ya.

Cara mengatasi rambut rontok saat hamil

mengonsumsi makanan bernutrisi
mengonsumsi makanan bernutrisi

Itu dia beberapa penyebab utama dari rambut rontok saat hamil. Memang pada dasarnya hal tersebut terbilang sangat normal, tapi tentunya kamu tidak ingin mengalaminya, bukan? Maka dari itu, ada beberapa cara untuk mengatasinya, lho.

Supaya rambut rontokmu semakin terkendali, berikut cara mengatasi rambut rontok saat hamil:

1. Merawat rambut

Tentunya, kamu harus merawat rambutmu. Salah satu cara merawat rambut yang bisa disebut efektif adalah memakai shampo dan kondisioner secara rutin setidaknya 2 atau 3 hari sekali.

Gunakanlah kondisioner di ujung-ujung rambut, bukan di kulit kepala.

2. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi

Selain menutrisi rambut dari luar, cara mengatasi rambut rontok saat hamil juga harus dimulai dari dalam, yakni mengonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi.

Beberapa jenis makanan yang berpengaruh untuk penumbuhan rambut adalah ikan salmon, bayam, brokoli, kacang merah, kacang mete, hingga wortel.

3. Hindari stres

Rambut rontok saat hamil juga ada hubungannya dengan kondisi psikologis seseorang, lho.

Usahakan untuk menghindari stres agar kerontokan rambut bisa berkurang. Cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk menghindari stres adalah dengan berolahraga atau bermeditasi.

Menjadi salah satu karakteristik anggota tubuh yang cukup penting, keadaan rambut rontok saat hamil tentunya tidak diinginkan semua wanita.

Namun, hal itu normal jika kamu sedang dalam masa kehamilan. Walaupun normal, kamu tetap bisa menerapkan beberapa pencegahan di atas agar kerontokan bisa berkurang, ya.

Share artikel ini
Reference