acne patch terbaik

Jerawat yang mengganggu bukan masalah lagi, kamu bisa mengandalkan acne patch untuk menyamarkannya. Kini sudah banyak brand yang menjual acne patch terbaik. Selain menyamarkan jerawat, kamu juga bisa menyembuhkan jerawat lebih dengan kandungannya. Umumnya orang menggunakan acne patch untuk jerawat matang.

Produk skincare ini populer dari banyaknya brand-brand kecantikan Korea dan membuat kulit mulus tanpa cela, seperti idola K-Pop. Tren ini juga dipopulerkan oleh para beauty influencer. Mereka menggunakan acne patch untuk menutupi jerawat saat menggunakan make up, sehingga kulit terlihat tanpa cela. Inovasi ini sangat diminati banyak orang, karena jerawat dapat diobati dengan mudah, cepat, dan tidak mengganggu penampilan.

Acne patch adalah

Acne patch atau stiker jerawat adalah plester kecil dengan titik-titik berupa jarum mikro di seluruh permukaannya. Kamu bisa menempelkannya langsung pada jerawat tanpa rasa sakit. Stiker jerawat ini akan mengeluarkan nanah pada jerawat dalam waktu semalam.

Pada acne patch terdapat bantalan tipis atau hidrokoloid yang dapat membalut luka jerawat. Acne patch juga membantu agar jerawat tidak terkontaminasi dengan kotoran, yang dapat menyebabkan peradangan lebih parah. Banyak orang memilih produk ini karena dianggap dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Kandungan acne patch

Plester jerawat terbuat dari bahan hidrokoloid. Bahan ini bukanlah hal baru, terutama di bidang medis. Mereka biasanya digunakan untuk membantu menyembuhkan luka pasca operasi dengan mempercepat proses penyembuhan.

Karena manfaatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan luka, industri kecantikan mengadaptasi dan membuat plester berukuran kecil yang terbuat dari bahan yang sama untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Meskipun tidak dapat mencegah jerawat baru bermunculan, kandungan hidrokoloid pada produk ini dapat dianggap sebagai cara yang benar-benar ringan, lembut, dan efektif untuk mengobati jerawat. Acne patch menjadi pengobatan jerawat sekunder, setelah pengobatan jerawat dengan bahan aktif lainnya seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide.

Fungsi acne patch

Fungsi utamanya adalah untuk mengeluarkan nanah jerawat dengan cepat, sehingga proses penyembuhan jerawat dapat dilakukan dengan waktu singkat. Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa kamu dapat:

  1. Melindungi jerawat dari debu dan kotoran.
  2. Memungkinkan kamu untuk menggunakan make up tanpa khawatir jerawat terkontaminasi.
  3. Mengangkat komedo putih.
  4. Meredakan peradangan jerawat.

Cara kerja acne patch

Produk kecantikan ini bekerja dengan menyerap nanah pada jerawat. Karena sifat utama hidrokoloid yaitu menyerap air. Cara kerja ini juga membantu mencegah infeksi lebih lanjut dan penghalang fisik yang mendukung proses penyembuhan. Singkatnya, plester jerawat ini bekerja dalam tiga fungsi dasar utama:

5. Menyerap kelembapan berlebih, berupa nanah dan cairan lain yang keluar dari jerawat.

6. Mencegah infeksi, yang mengakibatkan jerawat semakin membesar dan lama sembuhnya.

7. Berfungsi sebagai pencegah kelembapan untuk mempercepat pemulihan dan mencegah pembentukan bekas jerawat.

Ketika jerawat sembuh lebih cepat, kamu akan terhindar dari hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Singkatnya, kamu akan terhindar dari bekas jerawat menghitam yang sulit dihilangkan. Bekas jerawat pada kulit biasanya menimbulkan bercak hitam atau merah dan butuh perawatan khusus untuk menghilangkannya.

Apakah acne patch aman?

Tidak ada kandungan yang berbahaya dalam acne patch. Dengan kata lain, produk ini aman untuk digunakan semua jenis kulit. Hanya saja, plester jerawat ini mungkin tidak berfungsi untuk menyembuhkan jerawat. Karena kandungannya hanya dapat membalut luka dengan jarum mikro yang sangat kecil untuk membantu mengeluarkan nanah.

Jangan menggunakan produk ini sebagai pengobatan jerawat secara menyeluruh. Kamu harus menggunakan skincare lain jika ingin mencegah jerawat datang kembali. Begitu juga dengan komedo, beberapa produk mungkin mengklaim dapat mengangkat komedo. Namun kemungkinan produk tersebut, hanya mampu mengangkat komedo putih di permukaan kulit saja.

Acne patch terbaik

Acne patch terbaik tidak hanya mengandung hidrokoloid sebagai pembalut luka saja. Beberapa kandungan lain biasanya untuk memaksimalkan kerja plester jerawat ini. Untuk kamu yang berkulit sensitif, sebaiknya pilih produk dengan klaim vegan friendly.

Berikut adalah kandungannya:

  1. Salicylic acid, membantu mengurangi munculnya noda pada area kulit jerawat.
  2. Niacinamide, membantu mencerahkan area kulit yang berjerawat.
  3. Tea tree oil, mempercepat luka jerawat mengering.
  4. Hyaluronic, memberi kelembaban area berjerawat yang mengering.
  5. Sodium hydroxide, membantu mengurangi jerawat, peradangan, dan noda bekas jerawat.

Tips menggunakan acne patch

Mungkin kamu pernah menggunakannya tapi tidak mendapat hasil memuaskan. Agar kamu mendapat hasil yang maksimal, ikut beberapa tips penggunaannya berikut ini:

  • Cuci muka menggunakan sabun dan keringkan dengan benar
  • Gunakan toner sebagai skincare pertama
  • Tempelkan plester di bagian yang berjerawat
  • Gunakan skincare lain sesuai urutannya
  • Jangan tempel pada jerawat yang sedang meradang dan nyeri, tunggu beberapa hari untuk menempelkannya

Perlu diingat bahwa acne patch bukan solusi jangka panjang untuk jerawatmu. Apalagi jika jerawat disebabkan oleh hormon, sangat mungkin untuk bermunculan kembali. Sebaiknya lakukan perawatan lain untuk menyembuhkan jerawat agar tidak muncul kembali.

Share artikel ini
Reference