Merawat kulit adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, terutama kamu yang memiliki kulit wajah sensitif.

Nah, tahap pertama dari setiap rutinitas perawatan kulit tidak lain adalah proses pembersihan wajah untuk menghilangkan kotoran dan sisa makeup dari wajah.

Saat ini, kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan produk pembersih wajah, baik facial wash maupun facial foam.

Namun, ada perbedaan antara kedua produk perawatan wajah tersebut. Yuk, cari tahu perbedaan facial wash dan facial foam di sini biar kamu gak salah pilih!

Apa itu facial wash?

mencuci muka

Face wash merupakan salah satu jenis sabun wajah yang memiliki fungsi untuk melembabkan kulit wajah.

Biasanya sabun wajah jenis ini tidak mengeluarkan busa yang banyak atau bahkan tanpa busa. Sehingga, tidak membuat kulit semakin kering.

Oleh karena itu, sabun cuci muka ini cocok untuk pemilik jenis kulit kering dan sensitif, termasuk kulit sensitif yang mudah berjerawat.

Yuk, Ikuti Cara Facial Wajah Sendiri Di Rumah Yang Murah Dan Mudah

Apa itu facial foam?

Tips cuci muka kulit berminyak

Facial foam merupakan sabun pembersih yang lembut di kulit. Seperti namanya, facial foam memiliki tekstur berbusa saat digunakan untuk mencuci muka.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, penggunaan facial foam sangat dianjurkan. Ini karena busa yang dihasilkan sabun muka ini memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih di wajah. 

8 Rekomendasi Face Wash Kulit Berminyak Dan Tips Cuci Muka

Perbedaan facial wash dan facial foam

Bercak putih pada wajah

Lalu, apa perbedaan facial wash dan facial foam? Berikut adalah beberapa perbedaan paling mendasar antara kedua produk ini.

1. Tekstur

Produk facial foam menghasilkan busa yang banyak baik saat dituangkan maupun saat diaplikasikan pada wajah. Tekstur cenderung lembut saat disentuh dan dirasakan.

Di sisi lain, facial wash bertekstur seperti gel, seperti krim, seperti cairan, dan memiliki busa yang hanya sedikit. 

2. Kecocokan dengan kulit wajah

Salah satu perbedaan facial wash dan facial foam adalah kesesuaiannya dengan jenis kulit.  Produk facial foam cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Sementara jika kamu memiliki kulit kering, memilih facial wash adalah pilihan yang tepat. Hal itu karena produk face wash cenderung mengandung bahan melembabkan.

3. Fungsi

Busa halus dari facial foam secara efektif menghilangkan sebum dan kotoran penyebab sebum. Oleh karena itu, facial foam dapat mengurangi masalah jerawat.

Di sisi lain, facial wash memiliki fungsi tambahan untuk melembabkan kulit. 

10 Step Skincare Routine Korea, Bikin Kulit Sebening Kristal

Tips menggunakan facial wash dan facial foam

rutin mencuci wajah

Menggunakan facial wash atau facial foam untuk membersihkan wajah memang sangat sederhana. Meski begitu, kalian mungkin belum mencuci wajah dengan tepat.

Berikut ini tips menggunakan facial wash dan facial foam yang wajib kamu ketahui!

1. Bersihkan sisa makeup

Sebelum mencuci muka, bersihkan semua kotoran dan sisa makeup yang tertinggal di wajahmu dengan micellar water atau cleansing oil. Gunakan bantalan kapas lembut dan usap wajah dengan perlahan.

2. Bersihkan secara merata sampai leher

Mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam saja tidak cukup, kamu juga perlu mengetahui cara menggunakan produk tersebut.

Banyak dari kita yang masih salah dalam membersihkan wajah dengan benar. Gunakan jari untuk membersihkan seluruh wajah dan leher secara merata agar tidak terjadi iritasi.

Kemudian, pijat lembut sabun cucui muka ke wajah dan lehermu.

Apa Perbedaan Toner dan Micellar Water? Yuk Ketahui Fakta Menariknya!

3. Keringkan dengan handuk bersih dan lembut

Setelah mencuci muka dengan air mengalir, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk dengan handuk lembut.

Kamu disarankan menggunakan handuk, bukan tisu, karena tisu wajah sering mengandung wewangian yang dapat mengiritasi kulit.

Selain itu, serat halus pada tisu juga dapat meninggalkan residu di wajah. Setelah kulit wajah bersih dan kering, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit berikutnya.

8 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah, Bisa Kecilkan Pori-Pori!

Nah itu dia beberapa perbedaan facial wash dan facial foam. Keduanya bisa kamu pakai sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.

Jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung kering, facial wash bisa jadi pilihan. Sebaliknya, untuk kulit yang cenderung berminyak, solusinya adalah facial foam untuk sabun muka sehari-hari. 

Share artikel ini
Reference