cara facial wajah sendiri

Beautiful young women in silk pajamas sitting on sofa at home and applying clay pore purifying face mask

Cara facial wajah sendiri di rumah sudah dilakukan oleh banyak orang. Terlebih saat pandemi COVID-19, semua orang harus melakukan aktivitas di dalam rumah. Facial wajah menjadi salah satu aktivitas menyenangkan dan relaksasi, yang bisa membuat kulit mulus dan sehat.

Langkah-langkah yang harus dilakukan memang tidak sederhana, tapi kamu akan puas dengan hasilnya. Wajah akan terasa lebih bersih dan glowing karena melalui serangkaian perawatan yang detail. Yuk, belajar cara facial wajah sendiri di rumah!

Bolehkah melakukan facial wajah sendiri di rumah?

Melakukan facial wajah sendiri di rumah sebenarnya boleh-boleh saja, selama kamu mengerti langkah-langkah yang harus dilakukan. Pastikan kamu juga cocok dengan produk kecantikan yang akan digunakan. Tidak hanya itu, penggunaan alat kecantikan pun harus dilakukan dengan benar dan steril.

Beberapa orang memilih untuk memanggil pelayanan perawatan kecantikan ke rumah untuk melakukan facial wajah. Hal ini demi mendapatkan hasil maksimal di tangan yang tepat. Namun kamu juga tetap bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara yang sederhana, serta menggunakan produk yang mudah ditemukan di toko kecantikan.

Cara facial wajah sendiri di rumah

Selain melakukan skincare rutin sebagai perawatan wajah, sekali-kali kamu bisa melakukan facial wajah sendiri di rumah. Caranya mudah dan sederhana, cukup ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Ciptakan suasana yang merelaksasi

Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin, kamu juga bisa menambahkan lilin aromaterapi untuk menciptakan suasana yang rileks. Buat diri kamu senyaman mungkin agar bisa menikmati sesi facial.

2. Bersihkan wajah

Setelah membuat suasana nyaman, langkah pertama facial wajah yaitu membersihkan wajah. Kamu harus melakukan double cleansing dengan menggunakan susu pembersih atau micellar water. Selanjutnya bersihkan wajah dengan sabun yang bisa kamu gunakan.

3. Steam wajah

Steam atau membiarkan wajah di depan uap panas, dengan tujuan membuka pori-pori agar lebih mudah dibersihkan. Kamu bisa membuat uap sendiri dari rebusan air panas, bila perlu tambahkan sedikit wewangian alami.

4. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi sebenarnya menjadi salah satu tahap skincare wajah mingguan. Kamu bisa menggunakan produk chemical atau physical exfoliator yang cocok dengan kulit. Jika kamu baru pertama kali melakukannya, sebaiknya pilih produk physical exfoliator yang lembut di kulit.

5. Gunakan masker

Penggunaan masker menjadi inti dari proses facial wajah, kamu bisa gunakan masker yang cocok dengan kulit. Baik itu sheet mask, mud mask, organic mask, dan lainnya. Setelahnya, lakukan pemijatan wajah selama beberapa menit agar otot wajah rileks.

6. Gunakan pelembap

Langkah terakhir adalah menggunakan pelembap dan skincare lainnya. Penyerapan nutrisi skincare akan lebih maksimal setelah kamu melakukan facial, sehingga wajah glowing.

Bahaya facial wajah sendiri di rumah

Aktivitas kecantikan ini bisa berbahaya jika kamu menggunakan alat seperti di klinik kecantikan. Perlu keahlian dan kehati-hatian untuk menggunakan alat kecantikan tersebut. Berikut adalah beberapa alat yang mungkin menjadi bahaya saat kamu gunakan untuk facial:

  • Blemish extractor. Perlu keahlian khusus menggunakan alat ini, sehingga percayakan saja pada pakar kecantikan untuk melakukannya.
  • Vakum pori. Kamu harus menggunakannya secara hati-hati agar tidak terjadi iritasi, karena sikapnya yang mengisap pori-pori kulit.
  • Masker wajah peel off. Pemilihan masker jenis sebaiknya sesuai jenis kulit. Wajah dengan kulit yang cenderung kering biasanya perlu kandungan khusus pada maskernya.
  • Minyak esensial. Mengoleskan minyak esensial murni pada kulit sensitif bisa terkena dermatitis atau alergi kontak.

Hal yang harus diperhatikan sebelum facial wajah sendiri di rumah

Melakukan facial wajah sendiri di rumah sangat mudah, kamu hanya perlu menghindari alat kecantikan agar terhindar dari bahaya yang tak diinginkan. Agar lebih aman dan hasilnya masikmal, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan facial sendiri di rumah:

  • Setelah facial jangan langsung gunakan make up agar kulit bersihmu bisa bernapas
  • Lakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali
  • Jika mengalami hal aneh pada wajah, segera bilas dan hentikan proses facial

Melakukan facial wajah menjadi pelengkap perawatan kecantikan setelah rutin menggunakan skincare. Gunakan produk kecantikan yang cocok dan biasa kamu gunakan sehari-hari. Jika kamu masih ragu, tidak ada salahnya konsultasi ke dokter atau klinik kecantikan.

Share artikel ini
Reference