Manfaat Kembang Telang bagi Kesehatan

Apakah kamu pernah mengonsumsi olahan kembang telang, baik dijadikan teh, nasi, atau lainnya? Tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, lho. Bahkan, di China, tanaman ini telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai penambah daya ingat dan zat penenang.

Nah, buat kamu penasaran kandungan dan manfaat kembang telang untuk kesehatan, simak terus artikel ini sampai selesai, ya. Kamu juga akan mendapatkan tips mengolah kembang telang yang menyehatkan berikut ini.

Apa itu kembang telang

Kembang telang adalah tanaman dengan nama ilmiah Clitoria Ternatea dan termasuk dalam famili Fabaceae. Tanaman ini merupakan tanaman rambat yang tumbuh subur di daerah tropis. Kembang telah juga dikenal dengan banyak sebutan, seperti Asian Pigeonwings, Blue Bell Vine, Blue Pea, Kordofan Pea, Darwin pea, atau Butterfly Pea.

Bunga ini memiliki warna biru yang mencolok dan biasa digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan, minuman, dan bahkan tekstil. Bunga ini juga merupakan tanaman hias yang membutuhkan sedikit perawatan saat dibudidayakan. Selain sebagai pewarna, bunga ini juga biasa diseduh menjadi teh herbal, seringkali bersama bahan-bahan seperti serai, madu, dan lemon. Selain itu, kembang telang juga dikenal karena khasiat obatnya dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang potensial.

Kandungan dalam kembang telang

Sebelum mengetahui apa saja manfaat kembang telang, simak terlebih dulu apa saja kandungan yang terdapat pada kembang telang.
Ternatin. Kembang telang kaya akan senyawa antosianin yang disebut ternatin, yang memberi warna cerah pada tanaman. Studi menunjukkan bahwa ternatin dapat mengurangi peradangan dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

  • Kaempferol. Senyawa ini telah dipelajari secara ekstensif untuk sifat melawan kanker. Studi menunjukkan bahwa zat ini dapat membunuh sel kanker.
  • Asam p-coumaric. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam p-coumaric dapat memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba, dan antivirus yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit.
  • Delphinidin-3,5-glikosida. Menurut sebuah penelitian, antioksidan ini dapat membantu merangsang fungsi kekebalan tubuh dan menyebabkan kematian sel pada sel kanker kolorektal.

Manfaat kembang telang

Banyak orang percaya kembang telang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kembang telang yang bisa kamu dapatkan.

1. Mendukung kesehatan kulit dan rambut

Menurut sebuah studi tahun 2021, ekstrak kembang telang dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 70% satu jam setelah digunakan. Jadi, kamu bisa memanfaatkan ekstrak kembang telang untuk dioleskan pada kulit.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan tahun 2012 menemukan bahwa ekstrak kembang telang berpeluang lebih efektif dalam mendorong pertumbuhan rambut daripada minoxidil, yang merupakan produk umum yang digunakan untuk mengobati kerontokan rambut.

2. Sebagai penurunan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kembang telang dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan. Ekstrak kembang telang dinilai dapat memperlambat pembentukan sel-sel lemak dalam perkembangan sel. Meskipun begitu, tentunya jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu perlu mengimbanginya dengan pola makan sehat dan rajin berolahraga.

3. Menstabilkan kadar gula darah

Studi menunjukkan bahwa bunga telang juga dapat mengurangi risiko diabetes dan gejala terkait. Dalam penelitian tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum ekstrak kembang telang akan mengalami peningkatan kadar antioksidan dan mengurangi kadar gula darah dan insulin. Sifat antioksidan pada bunga telang juga dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan sel dan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

4. Membantu meredakan asma

Manfaat kembang telang yang lainnya adalah membantu meredakan asma. Sebuah studi dalam Jurnal Ethnopharmacology membuktikan bahwa bunga telang dapat membantu meredakan asma. Hal itu karena bunga telang memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu meredakan peradangan, pembekakan, dan produksi lendir pada saluran udara penderita asma. Jika kamu memiliki penyakit asma, kamu mungkin bisa coba rutin mengonsumsi kembang telang.

5. Sebagai antikanker

Manfaat kembang telang selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Hal itu karena tanaman ini memiliki zat flavonoid yang berfungsi sebagai anti kanker. Penelitian dalam International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research juga telah menguji khasiat kembang telang. Hasilnya, sel kanker ternyata dapat mati hingga 63% lebih. Hal itu dapat terjadi karena kandungan flavonoid seperti kaempferol, delphinin, dan quercetin dalam bunga telang.

Efek samping kembang telang

Ahli gizi umumnya menganggap manfaat kembang telang aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun di sisi lain, ada beberapa laporan tentang efek samping kembang telang jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti:

  • Mual
  • Sakit perut
  • Diare

Nah, jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat apa pun, kamu perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tips membuat olahan sehat dari kembang telang

Kembang telang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan sehat yang bisa kamu buat sendiri di rumah, lho. Di antararnya adalah:

  • Bahan campuran nasi berwarna, puding, dan kue. Bunganya dapat digunakan untuk mewarnai nasi dalam puding dan kue. Ekstrak air digunakan untuk mewarnai beras ketan dalam masakan Melayu.
  • Minuman biru. Kembang telang dapat diolah menjadi minuman yang dikenal bernama nam dok anchan di Thailand. Kadang-kadang dikonsumsi dengan campuran air jeruk nipis manis untuk meningkatkan keasaman.
  • Keripik bunga telang. Kelopak kembang telang dapat dicelupkan ke dalam adonan dan digoreng.
  • Teh kembang telang. Kamu bisa menyeduh teh kembang telang dan menambahkan gula atau madu untuk supaya lebih manis.
Share artikel ini
Reference