Apakah Air Dingin Membuat Gemuk? Ini Faktanya!
Hidup Sehat

Apakah Air Dingin Membuat Gemuk? Ternyata Ini Faktanya!

Putri Aprillia | Desember 24, 2021
Share

Mengonsumsi air dingin tentu sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Namun, pernahkah kamu mendengar informasi bahwa minum air dingin dapat membuat gemuk. Bagi orang yang sedang diet, mengonsumsi air dingin tentu perlu dihindari. Eits, tapi apakah informasi tersebut benar?

Supaya tidak salah informasi, simak dulu faktanya di artikel ini. Kamu juga akan mempelajari bagaimana tips mengonsumsi air dingin yang sehat. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai.

Apakah air dingin membuat gemuk?

Banyak orang beranggapan minum air dingin bisa membuat gemuk. Hal itu bermula dari anggapan bahwa air dingin dapat membekukan lemak tubuh dan membuat berat badan bertambah. Alhasil, orang diet memilih tidak mengonsumsi air dingin.

Padahal, berdasarkan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism ditemukan bahwa minum air dingin sebenarnya hanya meningkatkan suhu tubuh. Air dingin atau air es tidak akan membekukan lapisan lemak tubuh. Namun, air dingin dicampur dengan gula, sirup, atau minuman manis lainnya, hal itu tentu dapat menaikkan berat badan.

Di sisi lain, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa air es atau air dingin ternyata bisa membantu kita menurunkan berat badan. Bukan hanya karena air es adalah minuman non kalori, air es juga dapat memicu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak demi menyesuaikan suhu air dengan suhu tubuh kita, meski memang jumlah kalori yang terbakar tidak terlalu besar.

Air dingin atau air es juga dapat meningkatkan laju metabolisme. Ketika air dingin masuk ke dalam tubuh, lemak dan karbohidrat dibakar untuk menghasilkan energi, yang nantinya menghasilkan panas dan menyeimbangkan suhu sistem inti tubuh.

Bahaya terlalu sering mengonsumsi air dingin

Meskipun air dingin dapat kamu pertimbangkan sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan, kamu harus tahu bahwa air dingin juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, lho, tentu saja jika dikonsumsi secara berlebihan! Apa saja sih masalah yang dimaksud?

  1. Gangguan pencernaan. Karena vasokonstriksi, minum air dingin atau air es dapat memperlambat pencernaan makanan. Ketika tubuh terlalu lama mencerna makanan, nutrisi akan terkuras dan hilang sebelum diserap oleh tubuh.
  2. Memicu radang tenggorokan. Minum air dingin atau air es dapat menyebabkan lendir menumpuk di selaput lendir kerongkongan, sehingga lebih rentan terhadap infeksi.
  3. Mengurangi aktivitas detak jantung. Minum air es dapat merangsang saraf vagus, yaitu saraf yang mengatur aktivitas fisik yang tidak disengaja misalnya detak jantung. Jadi, air dingin bisa mempengaruhi fungsi saraf sehingga dapat memperlambat detak jantung.
  4. Menghilangkan nutrisi. Jika kamu mengkonsumsi air dingin atau air es secara berlebihan, kamu akan lebih cepat kehilangan energi yang seharusnya digunakan oleh tubuhmu untuk menyerap nutrisi.

Air dingin memang tidak membuat gemuk, justru sebaliknya dapat bermanfaat untuk diet. Namun, kamu tetap harus menjaga konsumsi air dingin supaya tidak berlebihan dan berbahaya bagi tubuh.

Tips minum air dingin yang sehat

Air putih, termasuk air dingin, adalah pilihan yang sangat sehat dan terjangkau karena tidak mengandung kalori, lemak, atau gula. Jika kamu minum air putih yang cukup, tubuhmu akan lebih sehat dibanding jika kamu meminum air dengan pemanis tambahan yang dapat merusak gigi dan menyebabkan penambahan berat badan.

Jika kamu bosan minum putih karena rasanya tawar, kamu bisa mencoba meminumnya dengan perasan lemon atau jeruk nipis, rendaman semangka atau mentimun. Kamu juga bisa mencampurkan air putih, termasuk air dingin, dan jus buah murni untuk dijadikan minuman rendah kalori yang menyegarkan.

Apabila kamu menderita penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, sebaiknya jangan terlalu banyak minum air dingin. Hal itu untuk menghindari gejala memperburuk kondisi penyakit jantung dan hipertensi yang kamu miliki.

Jadi, pertanyaanmu tentang apakah air dingin membuat gemuk sudah terjawab, bukan? Kamu tidak perlu lagi ragu minum air dingin saat menjalani program penurunan berat badan. Hal yang terpenting, pastikan kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsi air dingin setiap harinya.

Reference
Share