ginseng korea

Ginseng and Lingzhi , Reishi mushroom on bokeh nature background.

Khasiat ginseng sebagai salah satu tanaman herbal terkenal yang memiliki banyak manfaat bukan hanya isapan jempol belaka. Jenis akar tanaman berwarna merah atau putih ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Ginseng Korea telah lama dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan bersifat menghangatkan. Yuk simak berbagai manfaat ginseng Korea yang baik untuk kesehatan!

Apa itu ginseng korea?

Ginseng Korea adalah tanaman obat tradisional yang banyak ditemukan di Asia Timur dan sering ditemukan di pegunungan sekitar Korea, China, dan Rusia. Ada dua jenis ginseng Korea, yakni berwarna putih yang tidak dikukus, serta berwarna merah yang dikukus.

Ginseng Korea kukus dan merah mengandung sifat anti-inflamasi yang lebih tinggi karena proses pengukusan. Rasanya sedikit manis dan akan terasa pahit.

Ginseng Korea dikenal mampu membantu pria saat melakukan aktivitas bersama pasangannya di ranjang. Namun, manfaat ginseng Korea tidak hanya itu, tetapi ada berbagai kegunaan lain dari ginseng Korea.

Kandungan ginseng korea

Akar tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat dan telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Jenis ginseng yang paling umum adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng).

Meski berbeda jenis, ginseng mengandung zat aktif yang sama, yaitu ginsenoside dan gintonin. Kedua bahan ini bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat ginseng korea untuk kesehatan

Ginseng disebut-sebut sebagai tanaman yang bisa menambah energi. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam minuman, seperti teh, dan dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi kelelahan.

Antioksidan yang ada dalam ginseng membantu melawan kerusakan sel di otak dari efek radikal bebas dan dapat mencegah demensia dan alzheimer. Selain itu, ginseng juga memiliki efek anti inflamasi, dapat mengurangi stres, mencegah penuaan dini.

Selain itu, sifat antioksidannya berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan organ reproduksi.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat ginseng juga dapat mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam ginseng dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah efek negatif radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Tidak hanya itu, ginseng Korea juga bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh kamu. Hal ini juga membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembap tentunya.

2. Mengurangi peradangan

Ginseng juga mampu mengurangi peradangan, hal ini karena adanya kandungan yang bersifat anti inflamasi adanya senyawa ginsenoside dalam ginseng.

Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Translational Medicine, senyawa ini memiliki efek positif dalam meningkatkan kekebalan, sehingga mengurangi peradangan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat ginseng berasal dari sifat anti alergi, antimikroba, dan antioksidannya yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai infeksi mikroba dan bakteri.

Bahkan, tanaman herbal ini dipercaya bisa mengurangi adanya efek setelah vaksinasi, serta membantu meredakan flu, virus hepatitis C, serta rotavirus.

4. Mencegah ejakulasi dini

Manfaat ginseng juga menyentuh pada seksualitas pria. Salah satunya dalam mencegah ejakulasi dini.

Manfaat ginseng ini bisa kamu terapkan dengan membersihkan penis dan mengoleskan krim yang mengandung ginseng pada permukaan penis satu jam, sebelum berhubungan seksual untuk mencegah ejakulasi dini.

Cara mengolah ginseng korea

Sama seperti memilih bahan makanan lainnya, pastikan untuk memilih ginseng yang berkualitas baik agar nantinya juga bisa bermanfaat saat kamu konsumsi. Pilih ginseng yang masih segar dan bagus tampilannya, sehingga keuntungan yang kamu dapat juga lebih optimal.

Dosisnya sekitar 2-3 gram per hari atau selama 3 kali seminggu. Itu adalah dosis yang tepat dan bermanfaat secara optimal, dan tidak berlebihan. Jika ingin membuat teh menggunakan ginseng, sebaiknya gunakan wadah perak. Kemudian potong kecil-kecil lalu masak selama satu jam.

Cara lain mengonsumsi ginseng adalah dengan mengunyahnya seperti permen. Kamu bisa membuat teksturnya lebih empuk terlebih dahulu dengan merebusnya dalam air mendidih selama 5 menit agar ginseng terasa lembut saat kamu kunyah.

Tips sehat mengonsumsi ginseng korea

Berikut adalah tips cara konsumsi ginseng yang sehat supaya kamu bisa mendapat berbagai manfaatnya, antara lain:

1. Pastikan konsumsi tidak berlebihan

Dosis optimal ginseng adalah 2-3 gram per hari. Bagi pecinta ginseng yang sudah sering mengkonsumsi ginseng, biasanya sudah mengetahui jumlah dan berapa kali pemakaiannya.

Namun bagi orang yang masih baru, sebaiknya ginseng kamu konsumsi setiap hari atau 3 kali seminggu. Ini untuk mengenalkan kandungan ginseng ke dalam tubuh, begitu saran para herbalis.

2. Bisa langsung dimakan

Cara terakhir adalah dengan mengunyah akar ginseng secara langsung, baik segar maupun kering seperti makan makanan biasa. Untuk ginseng segar rasanya lebih renyah dengan rasa akhir yang pahit.

Untuk ginseng kering, seperti permen keras. Kamu bisa membuatnya lebih empuk dengan merebus cepat selama 5 menit dalam air mendidih. Minum airnya sambil mengunyah ginseng.

3. Olahan untuk makanan dan minuman

Ginseng segar juga bisa kamu masak sebagai sup bersama ayam, sapi, dan bahan herbal lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat bubuk ginseng dengan penumbuk ginseng kering.

Bubuk ginseng juga bisa sebagai campuran dalam makanan. Atau letakkan bubuk ginseng di bawah lidah agar senyawa ginsenoside dapat langsung terserap ke dalam aliran darah.

Irisan akar ginseng dapat kamu buat menjadi teh. Caranya adalah dengan memasaknya dengan api kecil dalam teko teh yang terbuat dari perak atau kaca selama 1 jam.

Secara umum, ginseng baik dikonsumsi sebagai suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan. Namun, manfaat ginseng Korea sebagai pengobatan atau pencegahan penyakit masih perlu penelitian lebih lanjut hingga kini.

Share artikel ini
Reference