Pendarahan saat hamil muda seperti haid adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Ini tentu membuat para calon ibu khawatir dan panik karena bertanya-tanya apakah hal ini adalah kondisi normal atau pertanda masalah serius. 

Maka dari itu, kamu bisa melihat apa saja ciri-ciri pendarahan saat hamil yang normal di sini hingga apa saja penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah hal ini adalah tanda dari kondisi serius atau tidak. 

Ciri-ciri pendarahan saat hamil yang normal

flek pada ibu hamil

Pendarahan saat hamil muda seperti haid sebenarnya cukup umum terjadi. Sekitar 1 dari 4 wanita akan menjumpai bercak atau pendarahan vagian selama trimester pertama. Namun, banyak dari mereka yang bisa melanjutkan kehamilan hingga persalinan dengan sehat. 

Walau begitu, pendarahan vagina bisa jadi pertanda dari sebuah masalah. Jadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan jika mengalami pendarahan pada tahap kehamilan mana pun. 

Jika merasa khawatir, coba cek apakah pendarahan saat hamil yang kamu alami normal atau tidak melalui ciri-ciri di bawah ini. 

1. Pendarahan yang ringan

Pendarahan ringan selama awal kehamilan dapat terjadi dan dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi normal. Namun, pendarahan selama kehamilan harus selalu diperhatikan dan dikonsultasikan dengan dokter, bahkan jika itu hanya pendarahan ringan. 

Ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius seperti ancaman keguguran atau plasenta previa. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan penyebab pasti dan mengetahui tindakan yang tepat untuk diambil.

2. Tidak disertai dengan rasa nyeri

Pendarahan yang tidak disertai dengan rasa nyeri atau kram perut cenderung merupakan pendarahan yang ringan dan terjadi akibat proses normal pada awal kehamilan, seperti implantasi atau perubahan hormonal.

3. Memiliki warna pink atau cokelat

Pendarahan saat hamil muda seperti haid dengan warna pink atau coklat ternyata masuk dalam kategori normal. Pasalnya, warna tersebut menandakan darah sudah teroksidasi dan menunjukkan kondisi yang tidak terlalu parah. 

4. Pendarahan terjadi pada trimester pertama

Pendarahan yang terjadi pada trimester pertama kehamilan biasanya merupakan tanda dari proses implantasi. Saat sel telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim, sedikit darah mungkin keluar dari vagina.

Walau begitu, penting untuk diingat bahwa setiap pendarahan saat hamil muda seperti haid harus dipantau dengan hati-hati. Hal ini terutama jika disertai dengan gejala lain, seperti kram perut, pusing, atau demam. 

Jika mengalami pendarahan yang berat disertai dengan kram perut, pusing atau demam, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

6 Perbedaan Flek saat Hamil dan Haid, Ketahui Bahayanya!

Penyebab pendarahan saat hamil muda seperti haid

Pendarahan ringan atau bercak darah saat hamil muda biasanya tidak perlu dicemaskan, terutama ketika hanya berlangsung selama 1–2 hari. Walau begitu, pendarahan berat yang disertai dengan gejala lain mungkin bisa jadi indikator kondisi yang lebih serius. Apa saja?

1. Pendarahan implantasi

Pendarahan implantasi terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Ini menyebabkan beberapa pembuluh darah kecil di sekitar area implantasi dapat pecah. Akibatnya, kamu bisa melihat pendarahan yang terlihat seperti menstruasi ringan. 

Itu sebabnya, pendarahan ini bisa dianggap sebagai pendarahan saat hamil muda seperti haid. Namun, pendarahan implantasi biasanya tidak terlalu banyak, hanya berlangsung selama beberapa jam atau maksimal beberapa hari. 

Kondisi ini juga tidak diikuti dengan kram yang parah atau keluar gumpalan darah. Jadi, sering kali dianggap sebagai hal yang normal dan tidak berbahaya.

2. Polip serviks

Polip serviks merupakan pertumbuhan jaringan yang tidak normal di leher rahim (serviks). Pertumbuhan jaringan ini dapat menjadi lebih besar selama kehamilan dan mengalami perdarahan karena pembuluh darah yang terdapat di dalamnya lebih mudah pecah.

Hal ini dapat menyebabkan pendarahan pada trimester pertama kehamilan, yang muncul sebagai bercak darah atau seperti haid. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetap tetap perlu dipantau oleh dokter untuk memastikan tidak ada masalah yang lebih serius terkait kehamilan.

Kenali Penyebab Polip Rahim Yang Berbahaya Bagi Wanita

3. Berhubungan seks

Tahukah kamu ketika wanita hamil, rahim dan serviks mereka akan mengalami perubahan. Pembuluh darah pada serviks dan dinding vagina menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap robekan. 

Jika kamu berhubungan seks, ada kemungkinan tekanan pada serviks dan vagian bisa mengalami kerusakan pada pembuluh darah yang sensitif tersebut. Ini bisa menyebabkan pedarahan. 

Umumnya, pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seks saat hamil muda tidak berbahaya dan akan berhenti dengan sendirinya. Jika pendarahan terus berlanjut atau disertai dengan gejala lain seperti kram perut atau keputihan yang tidak normal, hubungi dokter. 

4. Keguguran

Keguguran dapat menyebabkan pendarahan saat hamil muda seperti haid karena sel telur yang telah dibuahi dan menempel pada dinding rahim mulai melepaskan diri dari rahim. Hal ini dapat mengakibatkan pendarahan karena plasenta yang mulai berkembang kemungkinan belum cukup kuat untuk menopang pertumbuhan janin. 

Pendarahan selama keguguran dapat terjadi dengan atau tanpa rasa sakit di perut. Kondisi ini dapat menjadi tanda bahwa kehamilan sedang mengalami masalah serius yang memerlukan perhatian medis segera.

7 Makanan Yang Menyebabkan Keguguran Janin, Wajib Kamu Hindari!

5. Mengandung lebih dari satu bayi

Mengandung lebih dari satu bayi, atau hamil anak kembar, bisa memicu pendarahan karena adanya peningkatan hormon dan aliran darah pada rahim. Hal tersebut bisa membuat plasenta menjadi lebih besar dari biasanya dan memicu pendarahan ringan. 

Selain itu, kehamilan anak kembar bisa meningkatkan risiko terjadinya kelainan plasenta, seperti plasenta previa dan solusio placenta. Kedua kondisi tersebut bisa jadi penyebab pendarahan saat hamil muda. Namun, tidak semua ibu hamil anak kembar mengalami pendarahan, ya. 

6. Penyebab lainnya

Selain kondisi di atas, ada penyebab lain pendarahan saat hamil muda seperti haid yang perlu kamu perhatikan, seperti: 

  • Infeksi pada saluran reproduksi
  • Ektopik atau kehamilan di luar rahim
  • Plasenta previa
  • Solusio placenta
  • Ruptur uteri

Secara umum, pendarahan saat hamil muda seperti haid bisa terjadi karena berbagai penyebab yang berbeda. Namun, tidak semua pendarahan selama kehamilan merupakan tanda-tanda masalah serius. 

Jika mengalami pendarahan selama kehamilan, penting untuk memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan perawatan yang tepat. Selalu waspadai setiap tanda-tanda yang tidak biasa selama kehamilan dan jangan ragu untuk meminta bantuan medis jika diperlukan.


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference