flek pada ibu hamil

Pernahkah kamu bingung antara perbedaan flek hamil atau haid? Keduanya sama-sama berupa keluar darah, namun penyebabnya berbeda. Tentunya kondisi flek pada saat hamil perlu mendapat perhatian khusus. Akan tetapi, flek ini mungkin muncul di awal kehamilan yang belum kamu sadari. 

Nah, agar tidak salah diagnosis, yuk kita bahas perbedaan flek hamil dan haid, mulai dari ciri-ciri, warna, hingga tekstur darah yang keluar. Di sini, kita juga akan membahas faktor lain yang bisa mempengaruhi kedua kondisi ini. Jadi, kalau kamu lagi kebingungan atau penasaran, simak terus artikel ini, ya!

Perbedaan flek saat hamil dan haid

Agar tidak salah, kamu sebaiknya paham apa saja ciri-ciri flek saat hamil dan apa bedanya dengan flek haid. Berikut beberapa perbedaan yang mungkin bisa kamu identifikasi. 

1. Durasi flek

Flek sebagai tanda kehamilan biasanya berlangsung dengan durasi yang singkat, yakni hanya beberapa jam atau paling maksimal hingga 3 hari. Pendarahannya juga berupa bintik-bintik yang kadang terlihat dan kadang tidak.

berbeda saat haid, pendarahan cenderung lebih sedikit di awal, kemudian semakin banyak pada hari ke 2 sampai ke 4 masa haid. Biasanya flek ini berlangsung selama 4 hingga 7 hari.

2. Warna

Flek yang merupakan tanda kehamilan biasanya berwarna merah muda hingga coklat tua. Warnanya biasanya sangat berbeda dengan darah haid yang biasanya berwarna merah terang atau merah tua.

Jika Anda memiliki flek, coba kenakan celana dalam agar Anda dapat melihat dengan jelas warna flek dan jumlah darah yang keluar darinya. Tampon atau cangkir menstruasi tidak boleh digunakan karena dapat membahayakan kehamilan.

3. Nyeri 

Saat haid, kebanyakan wanita mengalami nyeri di bagian perut, pinggang, bahkan punggung. Namun, beberapa wanita yang mengalami flek sebagai tanda kehamilan juga terkadang mengalami nyeri ringan di perut bagian bawah.

Kondisi ini bisa terjadi saat embrio menempel di dinding rahim. Untuk memastikan kondisimu dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu segera memeriksakan kondisimu ke dokter kandungan.

Ciri-Ciri Nyeri Haid yang Berbahaya, Apa Saja Itu?

4. Volume darah

Darah haid biasanya sangat banyak. Pada awal siklus haid, darah akan muncul dalam jumlah yang sedikit kemudian menjadi lebih banyak di hari-hari  berikutnya. Sedangkan pada wanita hamil, perdarahannya hanya berupa flek ringan saja, tidak banyak.

5. Kondisi darah

Selama haid, perdarahan sering menggumpal karena pelepasan jaringan rahim. Sedangkan pada perdarahan kehamilan, perdarahan tidak menggumpal karena tidak ada jaringan yang diangkat. 

6. Konsistensi

Perdarahan akibat kehamilan seringkali tidak konsisten, kadang muncul kemudian menghilang. Sementara itu, darah haid biasanya akan terus mengalir hingga haid berakhir. Konsistensi ini adalah cara termudah untuk mengetahui perbedaan flek hamil dan haid yang paling mudah.

Kenali Ciri Darah Haid yang Normal Berikut Ini!

Apakah flek saat hamil berbahaya?

Apakah kamu mengalami flek saat hamil dan khawatir jika kondisi ini berbahaya bagi kesehatanmu atau bayimu? Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang apakah flek saat hamil berbahaya atau tidak.

Flek saat hamil sendiri adalah perdarahan yang terjadi selama kehamilan. Flek ini biasanya terjadi di awal kehamilan, pada trimester pertama, dan bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada kehamilanmu. Lalu, apakah flek saat hamil berbahaya? Jawabannya tergantung pada seberapa sering flek tersebut terjadi dan penyebabnya.

Jika kamu mengalami flek hanya sekali, kemungkinan besar tidak berbahaya. Namun, jika kamu mengalami flek yang berkelanjutan atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut, kram, atau keputihan, maka kondisi ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada kehamilanmu.

Singkatnya, flek saat hamil bisa jadi berbahaya tergantung pada penyebab dan frekuensinya. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami flek saat hamil. Selalu perhatikan gejala dan kesehatanmu serta periksakan diri secara rutin untuk memastikan kehamilanmu berjalan dengan sehat dan aman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference