Cara Membersihkan Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita. Untuk itu tentu saja kita harus menjaga kesehatan dan kebersihan paru-paru dengan baik. Jika tidak, fungsi kerja paru-paru mungkin dapat terganggu. Tubuh kita pun dapat tetap menerima pasokan udara bersih yang kita butuhkan.

Lalu, bagaimana cara membersihkan paru-paru agar tetap berfungsi dengan baik. Penasaran bagaimana metode yang sebaiknya digunakan? Baca terus postingan ini sampai selesai, ya!

Faktor penyebab paru-paru tidak bersih

Sebelum membahas bagaimana cara membersihkan paru-paru, kamu harus tahu penyebab organ ini bisa menjadi kotor. Sebenarnya, menurut pandangan medis, istilah paru-paru kotor tidak benar-benar ada. Sebab, tidak ada pandangan yang menyatakan organ ini bisa menjadi kotor.

Hanya saja, istilah ini sering digunakan ketika hasil pemeriksaan paru-paru memperlihatkan gambaran yang buruk. Misalnya, struktur yang abnormal atau adanya benda asing yang mengganggu kinerja paru-paru. Misalnya saja, seperti dahak yang menumpuk, lendir, sel-sel paru yang rusak, nanah, dan hal lainnya. Beberapa penyebab paru-paru menjadi kotor adalah:

  • Polusi
  • Paparan asap rokok
  • Asap kendaraan atau asap pembakaran
  • Penyakit tertentu

Cara membersihkan paru-paru

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab paru-paru tidak bersih, bagaimana cara membersihkan paru-paru yang tepat? Apakah benar ada cara efektif yang disarankan oleh pihak kesehatan? Sebenarnya, ada beberapa cara membersihkan paru-paru yang bisa kamu coba. Misalnya, kamu bisa melakukannya melalui dua cara berikut ini.

1. Terapi uap

Terapi uap adalah terapi yang dilakukan dengan metode hirup uap air untuk membersihkan saluran udara dan membantu mengeluarkan lendir dalam paru-paru. Berdasarkan penelitian, menghirup uap air dapat meningkatkan kelembaban dan kehangatan udara, jadi dapat melegakan pernapasan dan membantu lendir keluar dari dalam paru-paru.

Caranya, tuang air panas pada wadah. Tambahkan minyak kayu putih atau essential oil ke dalam air. Lalu, hirup uap perlahan. Pastikan jaga jarak agar tidak terlalu dekat dengan wadah dan tersengat uap panas.

2. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak kandungan antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi peradangan pada paru-paru. Berdasarkan penelitian, minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat ternyata dapat meningkatkan fungsi kerja paru-paru. Selain itu, mengonsumsi teh hijau juga dapat menjaga paru-paru dari radikal bebas saat menghirup polusi udara.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan kamu tidak mencampurkan banyak gula pada teh. Campurkan sedikit gula atau dengan madu yang lebih menyehatkan.

3. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa membersihkan paru-paru dengan mengonsumsi makanan yang bersifat anti-inflamasi. Beberapa makanan anti-inflamasi, diantaranya sayuran hijau, kacang-kacangan, polong-polongan, ceri, zaitun, dan kenari. Makanan dengan anti-inflamasi tersebut dipercaya dapat meredakan peradangan termasuk membersihkan paru-paru.

4. Olahraga teratur

Cara membersikan paru-paru selanjutnya adalah dengan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga tubuh dapat membuang karbon dioksida yang berlebih dalam tubuh. Saat olahraga, otot juga akan bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan laju pernapasan dan menghasilkan oksigen yang banyak ke tubuh.

Pola hidup sehat agar paru-paru bersih

Pola hidup sehat bisa membantu paru-paru agar menjadi lebih sehat dan bersih. Beberapa hal yang dianjurkan oleh ahli penyakit dalam untuk dilakukan adalah:

Membersihkan udara sekitar

Hal ini bisa kamu terapkan di rumah atau di lingkungan kerja. Bagaimana kamu bisa mendapatkan udara bersih di tengah maraknya polusi udara? Kamu bisa menggunakan alat untuk filter udara di dalam ruangan. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, kamu harus segera menghentikannya. Selain itu, kamu perlu menjauh ketika ada orang yang sedang merokok.

Mengubah pola makan

Sebaiknya, kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi. Misalnya, makanan yang mengandung lebih banyak vitamin D, seperti telur, sereal, sarden, maupun ikan salmon.

Kemudian, kamu juga bisa rutin mengonsumsi makanan anti radang atau inflamasi. Misalnya, brokoli, cokelat, buah beri, dan kunyit. Kamu juga harus mulai minum teh hijau. Sebab, penelitian di Korea menyatakan mengonsumsi teh hijau ternyata bisa mengurangi risiko PPOK pada orang dewasa berusia 40 tahun ke atas.

Melakukan vaksinasi

Memang melakukan vaksinasi sedini mungkin bukan berarti kamu akan kebal terhadap semua penyakit. Hanya saja, tetap mematuhi peraturan pemerintah dengan melakukan vaksin akan mengurangi risiko terpapar suatu penyakit. Dan, hal ini juga yang harus kamu lakukan sebagai tindakan pencegahan penyakit berbahaya.

Misalnya, kamu bisa melakukan vaksin pneumonia dan vaksin flu. Jadi, paru-paru kamu akan jauh lebih kuat dan bisa mempersiapkan diri jika terjadi bahaya seperti infeksi yang dapat merusak kesehatan paru-paru.

Olahraga yang tepat untuk membersihkan paru-paru

Selain menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa menggunakan olahraga sebagai alternatif untuk membersihkan paru-paru. Olahraga ada banyak jenisnya. Melakukan olahraga sangat baik untuk kesehatan.

Lantas, olahraga seperti apa yang dianjurkan untuk dilakukan? Berikut ini adalah dua olahraga yang efektif dalam menjaga kesehatan paru-paru kamu.

  • Olahraga kardio: melakukan gerakan olahraga apa pun yang memicu sistem kardiovaskular sangat direkomendasikan. Sebab, nantinya kamu akan terbiasa melatih otot-otot paru-paru agar tidak mudah mengalami masalah kesehatan.
  • Melatih pernapasan: ada dua latihan pernapasan yang harus kamu pelajari, yaitu pernapasan perut dan mulut.

Penyakit paru-paru memang selalu ada dan bisa mengancam siapa saja tanpa pandang bulu. Kamu bisa menghindari masalah tersebut dengan mempelajari cara membersihkan paru-paru di atas. Pencegahan adalah alternatif terbaik daripada mengobati. Salam sehat.

Share artikel ini
Reference