Inilah Akibat Kekurangan Magnesium

Untuk dapat beraktivitas dengan normal, tubuh kita membutuhkan berbagai elemen penting. Salah satu yang sangat penting bagi tubuh adalah magnesium. Jika kekurangan magnesium, tubuh akan mengalami berbagai masalah. Untuk itu, kita tetap perlu memenuhi tersebut untuk tubuh.

Nah, kira-kira apa saja sih akibat kekurangan magnesium? Sebenarnya apa peran magnesium dalam tubuh? Yuk, kita bahas di artikel ini!

Apa itu magnesium?

Magnesium adalah salah satu dari enam mineral penting dalam tubuh manusia. Magnesium membantu membangun pertumbuhan tulang, meningkatkan fungsi saraf, dan merupakan faktor yang sangat penting dalam mendapatkan energi dari makanan yang kita makan.

Sumber-sumber magnesium secara alami ditemukan dalam banyak makanan, bahkan tersedia juga dalam bentuk suplemen makanan. Selain itu, magnesium juga dapat ditemukan dalam berbagai obat-obatan, seperti dalam obat maag dan pencahar.

Sumber-sumber magnesium

Meskipun ada banyak suplemen magnesium yang dijual di pasaran, namun mengonsumsi mineral ini dari sumber-sumber alami pastinya lebih aman dan lebih dianjurkan oleh para ahli. lebih aman. Kamu bisa mendapatkan asupan magnesium dari berbagai jenis makanan seperti bayam, coklat, tahu, kacang almond, edamame, dan sebagainya.

Selain makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa mendapatkan magnesium dari berbagai tanaman herbal, salah satunya adalah daun afrika. Jika memang dibutuhkan, kamu bisa mengkonsumsi suplemen atau minuman elektrolit, tapi jangan lupa konsultasi ke dokter dulu ya!

Peran magnesium dalam tubuh

Jumlah magnesium yang dibutuhkan tubuh tergantung pada jenis kelamin dan usia. Secara umum, pria dewasa membutuhkan sekitar 400-420 mg magnesium setiap hari. Sementara itu, kebutuhan magnesium harian untuk wanita dewasa adalah 310-320 mg.

Di dalam tubuh kita, 60% magnesium disimpan dalam 4.444 tulang. Sisanya didistribusikan ke cairan tubuh, otot, jaringan lunak, dan darah. Peran magnesium dalam tubuh sangat beragam, berikut beberapa di antaranya:

1. Meredakan gejala maag

Bagi penderita sakit maag, magnesium memiliki peranan yang sangat penting. Magnesium dapat membantu menetralisir asam lambung yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri di ulu hati.

2. Meredakan sembelit

Peran magnesium dalam tubuh selanjutnya adalah membantu mengatasi sembelit. Dalam hal ini, magnesium membantu melancarkan buang air besar secara lebih mudah. Untuk itu, kamu perlu memastikan tubuh mendapatkan asupan magnesium yang cukup, supaya terhindar dari akibat kekurangan magnesium.

3. Mengurangi risiko kanker usus

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung magnesium dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Bukan hanya itu, magnesium juga penting dalam mempersiapkan usus sebelum atau saat melakukan perawatan tertentu. Karena itu, akibat kekurangan magnesium, seseorang bisa mendapat masalah usus.

4. Menurunkan hipertensi

Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dokter mungkin meresepkan magnesium sulfat untuk wanita hamil dengan tekanan darah tinggi, pre-eklampsia, dan pre-eklampsia untuk mengurangi risiko kejang. Magnesium dapat diberikan dalam bentuk suplemen atau sebagai infus dan suntikan.

5. Mengurangi risiko diabetes

Dengan suplai magnesium yang cukup, hormon insulin bisa berfungsi normal serta dapat menstabilkan kadar gula darah. sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

6. Membantu pembentukan tulang

Tubuh membutuhkan magnesium untuk membuat sel tulang yang baru. Magnesium juga berperan dalam mengaktifkan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan dan pembentukan tulang. Jadi, kamu bisa bayangkan akibat kekurangan magnesium, kan?

7. Mengurangi gejala sindrom pramenstruasi

Wanita yang menderita PMS bisa dibantu oleh magnesium. Mineral ini dapat mengurangi gejala pramenstruasi seperti kram perut bahkan perubahan suasana hati. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asupan magnesium yang tepat dapat mencegah depresi.

Akibat kekurangan magnesium

Setelah mengetahui pengertian dan peran magnesium dalam tubuh, kamu tentu sudah tahu bahwa magnesium sangat penting bagi tubuh, bukan? Nah berikut ini beberapa akibat kekurangan magnesium bagi tubuh yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Otot kram dan tremor

Kram dan tremor adalah efek yang terjadi pada tubuh akibat kekurangan magnesium. Dalam situasi yang lebih parah, kekurangan magnesium dapat membuat tubuh menjadi kejang-kejang. Untuk menghindari hal ini, kamu harus memastikan bahwa asupan magnesium bagi tubuhmu cukup.

2. Gangguan mental

Gangguan kesehatan mental merupakan dampak lain akibat kekurangan magnesium. Gangguan mental dalam hal ini bisa berupa kurangnya emosi, kecemasan yang berlebihan, bahkan depresi. Pada intinya, kekurangan magnesium dapat mengakibatkan neuropati dan hal ini perlu diwaspadai.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Selain penuaan dan kekurangan vitamin D dan K, osteoporosis juga disebabkan akibat kekurangan magnesium. Magnesium secara langsung melemahkan tulang dan menurunkan kadar kalsium darah.

4. Kelelahan Fisik

Memang wajar jika kamu bosan dengan aktivitas tertentu atau bosan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Namun, jika kelelahan dirasakan lebih intens dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi itu merupakan gejala kekurangan magnesium dalam tubuh.

5. Peningkatan tekanan darah

Dampak lain yang dapat dirasakan tubuh akibat kekurangan magnesium adalah peningkatan tekanan darah yang signifikan dan dapat memicu penyakit jantung. Sejatinya, magnesium dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga irama jantung, mengontrol tekanan darah tetap normal, serta melancarkan aliran darah.

Share artikel ini
Reference