white noise untuk meningkatkan kualitas tidur
Gaya Hidup Hidup Sehat

White Noise, Efek Suara yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Putri Aprillia | April 19, 2022
Share

Ladies, apakah akhir-akhir ini tidurmu sering terganggu dan tidak merasa nyenyak? Kualitas tidur yang baik tentunya akan memberikan kesehatan dan pola hidup yang lebih baik sehingga penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, lho.

Ada beberapa orang yang meskipun telah berada di ruangan yang tenang, namun mengalami kesulitan tidur. Solusinya ada metode bernama white noise. White noise adalah salah satu cara untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Bagaimana metode ini bekerja? Yuk, simak dulu ulasannya berikut ini.

Apa itu white noise?

White noise adalah salah satu cara membuat tidur nyenyak dengan adanya suara berfrekuensi khusus. Tentunya ada bedanya white noise dengan jenis suara lain yang diyakini dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Pada saat tidur, seluruh tubuh akan beristirahat dan rileks, namun tidak dengan kerja otak yang akan tetap aktif untuk mengolah informasi, salah satunya adalah informasi dalam bentuk suara. Suara bising bisa membuat kamu bergerak, berpindah tahapan tidur hingga mengalami perubahan tekanan darah dan detak jantung hingga kamu terbangun.

Semua hal tersebut berlangsung dalam singkat dan mungkin akan terlupakan saat kamu terbangun pada keesokan harinya. Tidak semua jenis suara dapat membuat kamu terbangun saat tidur, contohnya seperti white noise sehingga ada beberapa orang yang bisa tetap tidur meskipun ada suara dengkuran di sampingnya.

Menurut Sleep Foundation, orang akan cenderung terbangun jika mendengar suara yang menandai kewaspadaan atau emosi seperti suara tangis bayi.

Mitos dan fakta white noise dapat memperbaiki kualitas tidur

Cara kerja atau metode dari white noise adalah menggabungkan beberapa frekuensi bersamaan, penggabungan ini bisa menghasilkan latar pola suara yang teratur, stabil dan tenang. Latar suara ini dapat meredam suara lain yang mengganggu seperti suara kendaraan, suara desekan, dan suara lain yang biasanya membuat orang tidur menjadi terbangun.

Dengan mendengarkan white noise, maka efeknya tidak akan mengganggu tidur kamu dan terkadang jenis suara ini bisa didapatkan dari berbagai sumber atau benda seperti suara kipas, suara hujan, pendingin udara dan sejenisnya. Intinya jenis suara ini merupakan jenis suara yang terdengar konsisten, menenangkan dan dapat menjadi latar suara pada saat kamu tidur.

Banyak white noise yang bisa kamu temukan dengan mudah melalui internet atau memakai alat khusus untuk menghasilkan latar suara tidur. Tentunya memang benar bahwa jenis suara ini dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga tidak terbangun sewaktu-waktu karena suara yang terlalu keras masuk ke dalam telinga.

Kenapa white noise bisa memperbaiki kualitas tidur?

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari seluruh frekuensi yang dapat didengar oleh manusia. Kombinasi ini akan menciptakan suara yang stabil dan konsisten, white noise mampu meredam suara bising yang ada di sekitar dan dapat merangsang otak saat tidur.

Dengan mendengarkan jenis suara ini, tidur akan lebih mudah lelap dan tidak akan mudah terbangun sehingga dalam jangka waktu tertentu akan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Jenis suara ini bisa menjadi rekomendasi atau metode untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia.

Jenis suara ini juga bisa memanfaatkan benda di sekitar atau memilih mesin khusus white noise. Selain itu mencari frekuensi khusus dan stabil juga dapat dilakukan dari internet atau mencari dari platform musik online.

Cara memilih white noise yang tepat

Memilih white noise yang tepat akan membantu kualitas tidur meningkat. Beberapa cara memilihnya antara lain:

Pilih suara yang tepat

Memilih white noise yang tepat bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Pilih suara yang sesuai dengan selera dan bisa membuat tidur lebih nyenyak seperti kipas angin dengan suara yang teratur. Suara-suara ini sebetulnya bisa didapat dari lingkungan sekitar, namun jika tidak menemukan, perlu bantuan alat khusus yang dapat mengatur suara yang tepat untuk kamu.

Music yang menenangkan

Music yang menenangkan bisa menjadi pilihan yang mudah ditemukan. Pilih music seperti instrument atau music klasik. Music dengan lirik bisa merangsang aktivitas otak sehingga terkadang tidur malah akan lebih sulit. Mendengar music juga dapat menunjang ingatan dan kemampuan otak. Dengan begitu kesehatan otak dan kualitas tidur akan sama-sama kamu dapatkan ya, ladies.

Atur volume

Atur volume sesuai dengan kebutuhan kamu. Volume terbaik untuk mengatasi sulit tidur adalah volume yang kecil hingga sedang. Hindari penggunaan earphone karena cara ini diketahui dapat memperburuk kondisi insomnia.

Pengatur waktu tidur

Ada beberapa mesin white noise yang dilengkapi dengan pengatur waktu tidur. Sehingga mesin akan berhenti bekerja jika waktunya telah habis sesuai dengan yang di setting dalam mesin tersebut. Hal ini tentu akan bermanfaat dengan mengatur berapa lama mesin akan bekerja sampai kamu terlelap tidur.

Tips tidur lebih nyenyak dengan white noise

Jenis suara ini bisa menjadi salah satu cara tepat untuk kamu yang bermasalah dengan kualitas tidur ada beberapa tips meningkatkan kualitas tidur dengan memakai jenis suara seperti berikut ini:

  • Pertimbangkan white noise untuk menjadi bagian rutinitas dari waktu tidur yang sehat, termasuk sebelum tidur karena dapat memberikan efek kesehatan yang positif.
  • Tidur di waktu yang sama setiap malam sehingga dapat mempertahankan waktu tidur konsisten. Hal ini tentu harus dilakukan meskipun pada akhir pekan atau hari libur.
  • Mandi dengan air hangat dan bersihkan tubuh sebelum tidur agar meningkatkan kualitas tidur.
  • Redupkan lampu, atur bantal dan atur alarm untuk bangun keesokan harinya.

White noise adalah latar suara dengan frekuensi khusus yang akan membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Pilih jenis suara yang menenangkan dan sesuai dengan selera sehingga kualitas tidur akan meningkat dengan sendirinya.

Reference
Share