Manfaat bersyukur untuk kesehatan

Tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat bersyukur yang didapatkan? Tidak dapat disangkal bahwa sejak kita lahir, Tuhan telah memberi kita banyak kebahagiaan, seperti keluarga yang baik, makanan yang kita makan setiap hari, dan tempat tinggal yang nyaman. Hal ini tentu layak kita syukuri.

Namun, mungkin sulit untuk bersyukur saat kamu menghadapi masalah. Padahal bersyukur sangat penting untuk menenangkan jiwa lho! Oleh karena itu, bersyukur secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Selain ucapan terima kasih kepada Tuhan, bersyukur dapat diartikan sebagai cara sederhana untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental kita. Yuk, pelajari lebih lengkap tentang manfaat bersyukur!

7 manfaat bersyukur untuk kesehatan mental dan fisik?

Seperti yang disebutkan di atas, bersyukur dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita, baik secara mental maupun fisik. Apa saja sih manfaat bersyukur yang perlu kamu ketahui?

1. Meningkatkan kualitas kesehatan mental

Salah satu manfaat bersyukur adalah meningkatkan kualitas kesehatan mental. Menurut sebuah survei oleh American Psychological Association, remaja yang bersyukur jauh lebih bahagia dibanding remaja yang kurang bersyukur.

Mereka juga memiliki pandangan hidup yang lebih positif sehingga memberi pengaruh yang lebih positif terhadap orang-orang di sekitar.

Baca juga: Apa itu Kesehatan Mental? Ketahui Gejala dan Cara Menjaganya!

2. Hidup lebih tentram

Seseorang yang hidupnya tentram biasanya mereka yang ketika mendapatkan sesuatu, selalu menghargainya dan tidak membandingkannya dengan orang lain. Ketika kamu  bersyukur, tubuhmu akan penuh dengan perasaan positif. Hal ini membuat hidupmu lebih tenang dan menyenangkan.

3. Terhindar dari dendam

Manfaat bersyukur selanjutnya adalah terhindar dari dendam. Ketika disakiti oleh orang lain, banyak orang biasanya sedih dan menyimpan dendam. Padahal tidak ada salahnya kamu bersyukur, lho! Setidaknya kamu bisa dijauhkan dari orang-orang toxic. Tidak perlu menyimpan dendam.

4. Lebih mudah berteman

Berdasarkan penelitian, manfaat bersyukur adalah dapat memiliki kepribadian yang lebih baik. Hal ini membantu mereka lebih mudah untuk mendapatkan teman dan bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Masalah tidur adalah masalah yang dihadapi banyak orang, yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan mereka. Mereka yang selalu bersyukur cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini karena bersyukur membuat pikiran lebih positif dan rileks. Hasilnya, kamu bisa tidur lebih nyaman.

Baca juga: White Noice, Efek Suara yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

6. Menyehatkan jantung

Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor kesehatan jantung berkaitan dengan emosi positif yang salah satunya didapat dari manfaat bersyukur. Nah, jika kamu ingin mendapatkan jantung yang lebih sehat, jangan lupa bersyukur yaa!

7. Meningkatkan sistem imun

Rasa syukur kerap dikaitkan dengan sikap optimis. Sikap optimis ini sendiri dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.  Sebagai contoh, sebuah studi dari University of Utah menemukan bahwa mahasiswa hukum yang optimis memiliki lebih banyak sel darah putih yang meningkatkan kekebalan tubuhnya dibanding dengan mahasiswa yang bersikap pesimis.

Bagaimana cara bersyukur yang bisa kamu lakukan?

Apa pun yang tengah kita hadapi di dalam hidup, baik susah maupun senang, kita wajib mengucapkan syukur kepada Tuhan. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada banyak manfaat bersyukur untuk diri kita. Yuk, lakukan 4 cara sederhana ini untuk menunjukkan rasa syukur.

1. Berdoa saat bangun tidur

Hal pertama yang harus kita syukuri setiap hari adalah kita masih bisa bernafas di pagi hari. Setiap bangun tidur, ucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan Tuhan pada dirimu sehingga kamu bisa bangun dengan sehat.

Ingatlah bahwa banyak orang di luar sana mengalami kesulitan menjalani hidup sehat seperti yang kamu rasakan saat ini.

2. Ungkapkan rasa sayang kepada orang terdekat

Kapan terakhir kali kamu mengatakan bahwa kamu mencintai orang tua, saudara, atau teman-temanmu? Mengekspresikan cinta untuk mereka merupakan salah satu bentuk kebahagiaan bahwa kamu bersyukur memiliki mereka dalam hidupmu.

3. Menulis jurnal positif

Jika kamu suka menulis, cobalah menulis buku harian tentang apa yang kamu syukuri dalam hidupmu. Di jurnal ini, kamu bisa menulis hal-hal kecil yang kamu syukuri setiap hari setelah selesai melakukan berbagai aktivitas.

Buku harian ini juga dapat mengingatkan kamu bahwa ketika kamu mengalami masa-masa sulit, kamu menemukan bahwa ada banyak hal lain dalam hidupmu yang sangat pantas untuk kamu syukuri.

4. Berbagi dengan sesama

Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang berlomba-lomba untuk berbagi dengan sesama. Hal ini tentu sangat baik. Tapi kebaikannya jangan berhenti sampai di sana ya.

Apa pun keadaannya, selagi kamu mampu membantu sesama, bantulah mereka dengan tulus. Ini merupakan wujud rasa syukur karena kamu bisa memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh banyak orang di luar sana.

Nah, sekarang kamu tidak perlu bertanya-tanya lagi soal apa manfaat bersyukur. Sekarang kamu sudah tahu kan? Jangan lupa untuk terus bersyukur yaa!

Share artikel ini
Reference