makanan untuk penderita pengapuran tulang

Penderita pengapuran tulang perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang baik untuk tulang. Pilihlah makanan dengan kandungan nutrisi yang dapat membantu mengatasi peradangan pada tulah. 

Berikut beberapa makanan untuk penderita pengapuran tulang yang bisa kamu konsumsi.

Jenis makanan untuk penderita pengapuran tulang 

makanan untuk penderita kolesterol

Berbagai jenis makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk penderita pengapuran tulang. Berikut daftar makannya.

1. Ikan

Ikan dengan kandungan omega 3 seperti sarden, salmon, tuna hingga makarel sangat baik untuk mengatasi keluhan pada penderita osteoarthritis. Pasalnya, omega-3 memiliki elemen anti peradangan di dalamnya. Kamu bisa konsumsi ikan ini seminggu sekali, ya.

2. Produk susu

Berbagai produk susu seperti susu segar, keju, dan yoghurt memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, produk susu juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan bagus untuk menjaga kekuatan otot. Otot yang kuat dapat mengurangi beban pada tulang.

3. Sayuran berdaun hijau tua

Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin D hingga fitokimia. Vitamin D sendiri penting dalam penyerapan kalsium dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Beberapa jenis sayuran berdaun hijau tua ini adalah bayam dan kale yang terkenal baik untuk penderita pengapuran tulang.

Sayuran Mentah Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah?

4. Brokoli

Kandungan sulforaphane pada brokoli disinyalir dapat memperlambat perkembangan osteoarthritis. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C, K, dan kalsium yang baik untuk tulang.. 

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan zinc, kalsium, vitamin E hingga magnesium yang dapat meningkatkan sistem imun yang baik untuk penderita pengapuran tulang.

6. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat diallyl disulfide yang dapat melawan enzim yang merusak tulang rawan. 

Susu untuk pengapuran tulang

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Tidak diragukan lagi, susu memang komponen penting yang perlu kamu konsumsi ketika menderita pengapuran tulang. Susu sendiri kaya akan protein, vitamin, mineral, dan yang paling penting, kalsium. Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan dan struktur tulang sehingga tulang tetap kuat. 

Kalsium sendiri adalah mineral paling melimpah di tubuh  dan lebih dari 98% kalsium disimpan di tulang. Ini sebabnya mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kalsium seperti susu sangat disarankan. 

Susu sapi memiliki kandungan protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, susu ini juga mengandung nutrisi lain seperti:

  • Kalsium
  • Vitamin A dan D
  • Fosfor
  • Riboflavin
  • Kalium
  • Magnesium
  • Niasin
  • Seng

Mineral dan protein campuran berkualitas tinggi tersebut dapat meningkatkan pembentukan tulang dan meningkatkan fungsi enzim dalam tubuh. Ini sebabnya penderita pengapuran tulang disarankan untuk mengkonsumsi susu dan produk olahan dari susu.

Berapa Kalori Susu Kedelai? Ini Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan!

Obat pengapuran tulang

Selain mengkonsumsi makanan untuk penderita pengapuran tulang, kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengobati pengapuran tulang tersebut.  Berikut beberapa cara mengatasi pengapuran tulang yang dapat kamu coba.

1. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan dapat berpengaruh pada kesehatan sendi. Ini karena sendi haus menopang bobot tubuh yang lebih berat. Alhasil, kelebihan berat badan ini akan memperburuk pengapuran tulang. Ini sebabnya penurunan berat badan sangat direkomendasikan.

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga dapat memperkuat otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Ini akan membantu sendi lebih stabil dan mencegah keparahan. Namun, jangan lakukan olahraga berlebih, ya. Kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk menemukan olahraga yang paling tepat dengan kondisi kamu.

3. Konsumsi obat-obatan

Kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri sesuai dengan resep dokter. Pasalnya, pengapuran tulang dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri yang mengganggu.

4. Fisioterapi

Terapi fisik atau fisioterapi berguna untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kemampuan gerak. Bukan hanya itu, fisioterapi juga dapat memperkuat otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran.

5. Terapi okupasi

Terapi ini ini akan melatih penderita supaya dapat melakukan berbagai aktivitas secara mandiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Pasalnya, beberapa penderita pengapuran tulang memang sulit untuk melakukan beberapa aktivitas tertentu.

Ahli terapi nantinya akan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan aktivitas tanpa menyebabkan rasa sakit berlebih.

— 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference