Close-up, big appetizing strawberries in the hands of a young woman on a blurred background.

Penderita darah tinggi atau hipertensi disarankan untuk mengonsumsi buah penurun darah tinggi. Setidaknya kamu harus makan 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Cara ini dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral, yang membantu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah adalah ukuran kekuatan darah yang mendorong dinding pembuluh darah. Atau banyaknya volume darah yang dipompa oleh jantung dan resistensi aliran darah di pembuluh darah/arteri. Jantung memompa darah ke pembuluh darah, yang membawa darah ke seluruh tubuh.

Kenali kondisi darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, berarti kekuatan jantung untuk memompa darah menjadi lebih tinggi dan kuat. Kondisi ini sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Penyakit hipertensi dapat menimbulkan pengerasan arteri atau aterosklerosis, stroke, penyakit ginjal, dan gagal jantung.

Berikut adalah tekanan darah yang normal, rendah, dan tinggi:

Normal: Kurang dari 120 di atas 80 (120/80)
Rendah: 120-129/kurang dari 80
Tahap 1 tekanan darah tinggi: 130-139/80-89
Tekanan darah tinggi stadium 2: 140 ke atas/90 ke atas
Krisis hipertensi: lebih tinggi dari 180/lebih tinggi dari 120

Penyebab darah tinggi

Penyebab tekanan darah tinggi umumnya tidak diketahui secara pasti. Tapi beberapa hal sangat mempengaruhi kinerja jantung sehingga berpotensi menjadi tekanan darah tinggi. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Merokok
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Terlalu banyak garam dalam makanan
  • Terlalu banyak konsumsi alkohol (lebih dari 1 hingga 2 minuman per hari)
  • Stres
  • Faktor usia
  • Genetik
  • Penyakit ginjal kronis
  • Gangguan adrenal dan tiroid
  • Sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur

Buah penurun darah tinggi

Semua buah memiliki banyak manfaat kesehatan dan membantu mengelola tekanan darah. Namun, ada beberapa buah terbaik untuk perawatan penyakit hipertensi. Buah-buah tersebut adalah:

  1. Buah jeruk, kaya akan antioksidan termasuk vitamin C dan flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah ini juga kaya serat dan potassium, juga rendah sodium. Semua kualitas ini membuat jeruk sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.
  2. Berries, semua berry terutama blueberry, sarat dengan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.
  3. Pisang, buah super ini sangat kaya akan nutrisi, seperti potassium, serat, magnesium, dan antioksidan yang membantu mengelola tekanan darah tinggi.
  4. Delima, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, meningkatkan aliran darah yang sehat, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Plum, buah ini kaya potasium dan rendah sodium, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah.
  6. Melon, buah ini menyediakan sejumlah besar vitamin C, potassium, folat, dan serat, yang membantu mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Apa benar buah naga bisa menurunkan darah tinggi?

Banyak orang percaya bahwa buah naga menjadi buah yang ampuh menurunkan darah tinggi. Anggapan ini tentu tidak salah, karena buah naga mengandung banyak nutrisi yang mampu mengendalikan darah tinggi.

Kandungan buah naga terdiri dari protein, karbohidrat, tinggi vitamin C, vitamin B1, dan riboflavin. Tidak hanya itu, kandungan mineral seperti kalsium, besi, dan fosfor dalam buah naga pun tidak kalah tinggi. Semua kandungan tersebut mampu menjaga kelenturan pembuluh darah dan mencegah kerusakannya.

Cara kerja buah menurunkan darah tinggi

Beberapa kandungan buah seperti kalium, magnesium, kalsium, folat, dan potassium akan langsung bekerja menyeimbangkan tekanan darah. Penderita hipertensi sangat memerlukan berbagai nutrisi buah-buahan untuk menormalkan kembali tekanan darahnya.

Semakin rajin kamu mengonsumsi buah-buahan, maka kondisi jantung dan tekanan darah akan semakin membaik. Bila perlu, lakukan cek tekanan darah setelah satu minggu dan lihat apakah tekanan darahmu. Akan lebih baik lagi jika kamu mengimbanginya dengan diet dan olahraga rutin.

Kandungan-kandungan sehat dalam buah penurun darah tinggi

Buah yang sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi, yaitu buah yang tinggi akan kandungan kalsium, magnesium, dan kalium. Beruntungnya, sangat mudah menemukan berbagai macam buah dengan harga terjangkau di negara kita yang tropis ini.

Beberapa kandungan lain dalam buah seperti vitamin C, serat, dan antioksidan juga berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan darah. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengonsumsi buah yang bervariasi agar mendapat lebih banyak manfaat.

Tips mengonsumsi buah penurun darah tinggi setiap hari

Agar program penurunan tekanan darah tinggi berjalan dengan maksimal, kamu harus mengikuti beberapa tips konsumsi buah berikut ini. Kamu bisa memilih konsumsi buah dengan cara berikut:

  • Satu buah utuh berukuran sedang, seperti plum, apel, atau jeruk
  • Setengah cangkir buah segar, beku, atau kaleng yang dipotong dadu
  • Seperempat cangkir buah kering
  • Seperempat cangkir jus buah

Meskipun satu porsi jus dapat menggantikan salah satu porsi buah, tetap saja makan buah langsung akan lebih baik. Hal ini karena makan seluruh buah memberikan serat yang berharga untuk tubuh.

Share artikel ini
Reference