manfaat strawberry untuk promil

Di balik kelezatannya, ternyata strawberry merupakan salah satu buah yang kerap dikonsumsi untuk program hamil, lho. Lantas, apa manfaat strawberry untuk promil? Yuk, simak fakta selengkapnya!

Tak sedikit pasangan yang baru menikah atau bahkan telah lama menikah, tetapi tak kunjung dikarunia buah hati. Kendati demikian, hal itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Hal ini karena kemajuan teknologi berhasil mendukung berbagai industri, termasuk di bidang kesehatan. Salah satu kemajuan teknologi di bidang kesehatan yang gencar digunakan, yaitu program bayi tabung.

Namun, di samping itu, tak sedikit pula pasangan yang memilih untuk melakukan program hamil secara alami atau tradisional, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Faktanya, tidak ada makanan atau diet khusus yang secara instan akan meningkatkan peluang pembuahan. Kecuali, kamu melakukan diet bergizi dan seimbang yang tentunya dapat membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi, baik pada pria maupun wanita.

Selain menjalani gaya hidup sehat, kamu dan pasangan juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang dipercaya mampu mendukung kesehatan reproduksi sehingga nantinya akan membantu kamu yang sedang menjalani program hamil (promil). 

Kandungan strawberry

Sebelum mengetahui manfaat strawberry untuk promil, kamu tentu penasaran bukan dengan kandungannya? Strawberry atau dalam bahasa Latin Fragaria ananassa merupakan salah satu buah yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin.

Selain itu, buah berwarna merah dengan ciri khas rasa asam ini juga rendah kalori. Dalam setengah cangkir stroberi atau setara dengan 100 gram, hanya mengandung sekitar 32-35 kalori. Dari total tersebut, kamu bisa mendapatkan nutrisi:

  1. Lemak total: 0,22 gram
  2. Protein: 0,64 gram
  3. Karbohidrat: 7,63 gram
  4. Serat makanan: 1,8 gram
  5. Gula: 5,34 gram
  6. Kalsium: 12 miligram 
  7. Besi: 0,28 miligram
  8. Magnesium: 11,8 miligram
  9. Kalium: 89 mg
  10. Vitamin A: 1 mikrogram 
  11. Vitamin C: 56 miligram
  12. Vitamin K: 2,1 mikrogram

Tak hanya itu, stroberi juga mengandung senyawa tanaman bermanfaat dan antioksidan dalam jumlah tinggi, seperti pelargonidin, asam ellagic, ellagitannins, dan procyanidins.

Manfaat Buah Delima Untuk Promil: Tingkatkan Kesuburan Pria Dan Wanita!

Manfaat strawberry untuk promil

Strawberry mengandung antioksidan tinggi yang mana kandungan ini dipercaya efektif dalam menjaga kesehatan sperma dan menangkal radikal bebas penyebab kerusakan.

Mungkin kamu bertanya, bagaimana manfaat strawberry untuk promil? Nah, perlu diketahui bahwa strawberry memiliki beberapa manfaat untuk promil, seperti:

1. Menjaga berat badan

Berat badan merupakan salah satu faktor yang dapat membantu wanita agar cepat hamil. Pasalnya, berat badan ideal lebih disarankan ketika kamu sedang melakukan program hamil.

Nah, stroberi merupakan buah yang rendah kalori sehingga cocok untukmu yang sedang menjaga berat badan dan menjalani program hamil.

2. Mengatasi masalah ovulasi

Salah satu kunci kesuksesan program hamil, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan folat. Nutrisi seperti folat bisa kamu temukan dalam stroberi.

Pada wanita hamil, folat bermanfaat untuk pembelahan sel dan perkembangan embrio yang nantinya membantu mengurangi cacat lahir dan juga membantu promil untuk mengatasi masalah ovulasi.

Tak hanya itu, folat juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi serta mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang penting untuk pria dan wanita yang sedang melakukan promil.

3. Menjaga kesehatan reproduksi

Stroberi termasuk buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini tak hanya berfungsi dalam pembentukan jaringan dan sistem pertahanan tubuh, tetapi juga membantu menjaga sel telur pada wanita dengan bertanggung jawab dalam produksi hormon.

Apabila kamu mengonsumsi buah ini setiap hari, maka kesehatan sel telur pun akan terus terjaga. Namun, jangan lupa untuk dibarengi dengan pola hidup sehat, ya!

Fakta Manfaat Kelapa Bakar Untuk Promil, Apakah Manjur?

Manfaat stroberi untuk kesehatan

Selain manfaat kesehatan reproduksi yang telah disebutkan, makan stroberi dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit kronis, lho. Berikut beberapa manfaat stroberi untuk kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Tahukah kamu bahwa jantung adalah penyebab kematian paling umum di seluruh dunia? Kendati demikian, tak perlu khawatir, kamu bisa mencegahnya dengan terus menjaga kesehatan jantung.

Penelitian menemukan adanya hubungan antara mengonsumsi beragam berry, termasuk strawberry dengan adanya peningkatan kesehatan jantung. 

Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa ribuan orang telah diobservasi dan ditemukan bahwa konsumsi stroberi terbukti mengurangi dengan risiko kematian terkait jantung.

Pasalnya, buah ini dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik), tekanan darah, dan fungsi trombosit darah yang masih memiliki kaitannya dengan jantung.

2. Membantu melawan kanker

Stroberi adalah sumber vitamin C dan serat yang sangat baik yang dapat melindungi dari kanker kerongkongan dan usus besar. Menurut American Institute for Cancer Research, sifat antikanker pada stroberi dapat mencegah kanker kulit, paru-paru, kandung kemih, dan payudara.

3. Mengontrol tekanan darah

Anthocyanin yang terkandung dalam stroberi adalah antioksidan yang berperan mengendurkan lapisan pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat menurun. Di samping itu, kandungan potasiumnya juga membantu mengontrol tekanan darah.

Bisa Buat Subur, Ini Manfaat Kurma Untuk Promil dan Kesehatan Lainnya

Itulah beberapa manfaat strawberry untuk promil dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat dan rutin lakukan konsultasi untuk mendapatkan program hamil yang tepat.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference