cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2

cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2

Saat hamil di trimester awal, ada berbagai gejala yang cukup wajar dialami oleh sang ibu, salah satunya yaitu sesak napas. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan selama kehamilan, produksi hormon progesteron meningkat secara signifikan.

Nah, hormon ini memiliki efek relaksasi pada otot polos di seluruh tubuh, termasuk di saluran pernapasan. Akibatnya, akan ada perluasan saluran pernapasan dan membuat kamu jadi sesak napas.

Selain itu, sesak napas pada ibu hamil trimester 2 juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan rahim. Rahim yang membesar selama kehamilan dapat menekan diafragma atau otot pernapasan utama dan mengurangi kapasitas paru-paru. Jadi, pernapasan akan terasa lebih dangkal dan menyebabkan sesak napas.

Nah, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa penyebab sesak nafas lainnya pada ibu hamil trimester 2, seperti penjelasan berikut ini.

  1. Olahraga selama masa kehamilan secara berlebihan bisa menyebabkan nyeri, pusing, dan sesak nafas. Jadi, pastikan kamu berolahraga secukupnya dan sering beristirahat serta tetap minum air putih agar tubuh terhidrasi.
  2. Kehamilan kembar karena membutuhkan lebih banyak ruang di perut.
  3. Obesitas atau kenaikan berat badan secara berlebihan.

Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2

cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester dua
cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester dua

Apakah kamu pernah mengalaminya? Bila ya, ikuti langkah berikut ini sebagai cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2. Yuk, simak!

  • Perbaiki postur tubuh

Kamu bisa coba memperbaiki postur tubuh agar rahim bisa menjauh dari diafragma. Caranya yaitu dengan duduk pada posisi tegak dan bahu yang rileks. Hindari membungkuk atau melengkungkan punggung. 

  • Tidur pakai bantal

Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2 juga bisa dengan menggunakan bantal saat tidur. Sebelumnya, pilih posisi tidur yang nyaman dan mendukung pernapasan, seperti tidur miring dengan menggunakan bantal di antara kaki dan bawah perut untuk menjaga stabilitas tubuh.

  • Latihan pernapasan

Kamu juga bisa mencoba latihan pernapasan dalam yang teratur dan terkendali agar dapat membantu mengoptimalkan kapasitas paru-paru dan mengatasi sesak napas. Untuk selengkapnya, kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter agar dijelaskan teknik pernapasan yang tepat.

  • Istirahat dengan tepat

Selama hamil, kamu juga tidak disarankan untuk banyak bergerak karena tubuh yang lelah bisa mengarah pada sesak napas. Jika merasa lesu setelah beraktivitas, sebaiknya istirahatkan tubuh dahulu sampai rasa sesak hilang sepenuhnya.

Jika ingin berolahraga selama hamil, kamu bisa melakukan peregangan ringan pada otot dada dan punggung untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi tekanan pada saluran pernapasan.

Lantas, kapan harus ke dokter?

Meski kondisi ini cukup banyak dialami oleh wanita hamil, tetapi kamu tetap harus waspada karena ada beberapa kondisi di mana harus dilakukan pengecekan langsung kepada dokter. Jika kamu mengalami gejala berikut, segeralah periksakan diri ke dokter.

  • Bibir, jari tangan, atau kaki biru
  • Jantung berdebar atau detak jantung yang sangat cepat
  • Nyeri saat bernapas
  • Sesak napas berat yang tak kunjung membaik
  • Mengi

Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil trimester 2. Jika sesak napas tetap berlanjut atau semakin parah meskipun telah melakukan berbagai cara di atas, sebaiknya kamu langsung konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference