manfaat vitamin c untuk promil

Terkenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, ternyata ada juga manfaat vitamin C untuk promil. Jika kamu baru saja menikah dan ingin segera memiliki anak, kamu bisa berusaha dengan rutin mengonsumsi vitamin C.

Selain mengenali manfaatnya, kamu juga perlu cek beberapa efek samping vitamin C jika dikonsumsi berlebihan. Apa sajakah itu? Yuk, cek selengkapnya di artikel ini!

Manfaat vitamin C untuk promil

Siapa yang tidak tahu vitamin C? Selain memberikan manfaat untuk memperkuat imun tubuh, ternyata ada manfaat vitamin C untuk promil.

Sebenarnya ada banyak faktor yang memengaruhi cepat atau tidaknya terjadi pembuahan di tubuh wanita, mulai dari siklus menstruasi, gaya hidup, dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Studi Harvard yang dilakukan pada 17.544 wanita menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi lebih sedikit lemak trans dan gula, mengonsumsi lebih banyak protein nabati daripada protein hewani dan susu tinggi lemak, makan lebih banyak serat dan zat besi, mengonsumsi lebih banyak multivitamin, dan rutin berolahraga mengalami risiko infertilitas 80% lebih rendah.

Studi tersebut menunjukkan bahwa konsumsi multivitamin dapat menurunkan risiko ketidaksuburan dalam tubuh sehingga memberikan peluang besar untuk kehamilan.

Beberapa vitamin seperti vitamin D, E, B6, B12, dan C berperan besar untuk kesuburan dan mempercepat pembuahan. Lalu, bagaimana cara kerja vitamin C untuk kesuburan dan pembuahan?

Menurut studi pada 2003, vitamin C dapat meningkatkan kadar hormon dan kesuburan pada wanita. Vitamin ini juga dapat menurunkan kemungkinan cacat lahir berdasarkan studi retrospektif yang diterbitkan dalam British Medical Journal.

Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan kualitas sperma serta melindungi sperma dari kerusakan DNA, sehingga menurunkan risiko keguguran.

Vitamin C dapat menjaga sperma agar tidak menggumpal, memberikannya kemampuan bergerak dengan cepat untuk mencapai sel telur dalam rahim.

Ketika sperma mampu bergerak cepat dan gesit, proses pembuahan untuk kehamilan pun akan cepat terjadi. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini dengan mengonsumsi paprika merah, brokoli, cranberry, kol, kentang, tomat, dan buah jeruk.

5 Manfaat Natur E 300 untuk Promil yang Cukup Ampuh

Manfaat vitamin C untuk kesehatan

manfaat vitamin c untuk promil dan kesehatan

Bukan hanya manfaat vitamin C untuk promil, ada banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi risiko penyakit kronis

Kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat memperkuat sistem imun tubuh kamu secara alami. Antioksidan juga berperang penting dalam membantu tubuh melawan peradangan. Ketika imun tubuh kuat, kamu tidak akan mudah terserang penyakit kronis. 

2. Membantu mengontrol tekanan darah tinggi

Selain manfaat vitamin C untuk promil, vitamin yang satu ini juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan tekanan darah diastolik rata-rata sebesar 1,7 mmHg.

3. Mencegah asam urat

Penelitian yang melibatkan 1.387 pria menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi paling banyak vitamin C memiliki kadar asam urat darah yang jauh lebih rendah. Studi lain menyebutkan bahwa 46.994 pria sehat yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin C selama 20 tahun memiliki risiko asam urat 44% lebih rendah.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ternyata vitamin C juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada tubuh. Analisis terhadap 9 studi dengan gabungan 293.172 peserta menemukan bahwa setelah 10 tahun, orang yang mengonsumsi setidaknya 700 mg vitamin C setiap hari memiliki risiko penyakit jantung 25% lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

5. Mencegah kekurangan zat besi

Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kamu bisa mencukupi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi vitamin C.

Suplemen vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin ini membantu mengubah zat besi yang sulit diserap menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat vitamin C untuk tubuh yang satu ini pasti sudah kamu ketahui. Vitamin C dapat membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yaitu sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.

7. Membantu meningkatkan daya ingat

Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko penyakit demensia. Asupan vitamin C dari makanan telah terbukti memiliki efek perlindungan pada ingatan seiring bertambahnya usia.

Terkadang mengonsumsi makanan saja tidak cukup untuk melawan kondisi seperti demensia, maka diperlukan suplemen vitamin C tambahan.

Kekurangan Vitamin C? Penuhi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C!

Efek samping vitamin C

Semua vitamin memang memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, tapi bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Vitamin C pun termasuk ke dalam salah satu jenis vitamin yang perlu dikonsumsi sesuai dosis harian.

Jika tidak dikonsumsi dengan benar atau pun berlebihan, kamu akan mengalami beberapa efek samping vitamin C, seperti:

  1. Mag
  2. Mual
  3. Sakit kepala
  4. Kram perut
  5. Diare
  6. Penyakit batu ginjal

Sekarang kamu sudah tahu manfaat vitamin C untuk promil dan kesehatan tubuh, bukan? Semua vitamin memang dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh, tetapi perlu perhatikan untuk tetap mengonsumsi vitamin sesuai dengan dosisnya dan tidak berlebihan.



Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference