Apa itu Ngidam Saat Kehamilan?
Kehamilan Persiapan Kehamilan

Apa Itu Ngidam Selama Kehamilan dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

Putri Aprillia | Februari 24, 2022
Share

Saat hamil, perempuan terkadang menginginkan makanan atau minuman tertentu yang bahkan tidak disukai sebelumnya. Keinginan ini sering disebut dengan ngidam. Apa itu ngidam dan kapan biasanya hal ini terjadi?

Selama kehamilan terkadang ada keinginan atau hal-hal yang tidak biasa dilakukan oleh ibu hamil. Nah, apakah ngidam bisa dibenarkan dan terus dipenuhi? Yuk coba simak disini!

Apa itu ngidam?

Ngidam adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan keinginan seseorang baik itu berupa makanan, kegiatan, benda atau hal lain. Terkadang ngidam yang diinginkan juga bukan suatu hal yang secara normal disukai oleh orang tersebut. Namun, lebih banyak keinginannya adalah mendambakan makanan manis atau buah berasa asam dan lain sebagainya.

Terkadang ada rasa ingin makan atau minum sesuatu dengan kombinasi yang aneh karena penasaran dengan rasa kombinasi tersebut. Banyak mitos yang juga tidak terbukti tentang ngidam yang harus selalu dituruti.

Ciri ciri ngidam?

Apa itu ngidam dan bagaimana jenisnya terkadang sangat dimaklumi oleh orang-orang di sekitarnya. Jika keinginannya masih bisa terpenuhi dan wajar, hal itu mungkin bisa dilakukan. Umumnya, ciri ciri dari ngidam saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Ibu memiliki preferensi yang berbeda dari kesukaannya.
  • Menginginkan makanan atau minuman tertentu baik yang wajar atau tidak biasa.
  • Sering memaksa pasangan untuk memenuhi keinginannya.
  • Terkadang keinginan muncul di tempat dan waktu yang tidak tepat.

Namun jangan khawatir karena ngidam pada umumnya lebih banyak menginginkan hal yang mudah dilakukan atau makanan yang mudah didapat.

Umur berapa ibu hamil mulai ngidam?

Menurut Intermountain Healthcare, biasanya ibu hamil akan merasakan ngidam makan atau minum yang tidak biasa dimakan sejak trimester pertama. Fantasi terhadap makanan tertentu bisa sangat besar saat hamil muda. Biasanya kondisi ini semakin lama akan berkurang sejalan dengan perkembangan kehamilan yang semakin tua.

Apa itu ngidam dan apakah jenis keinginan ini harus selalu dipenuhi? Ibu hamil memang membutuhkan nutrisi yang tinggi dan harus selalu sehat baik itu dari segi fisik atau mentalnya. Jika memang keinginannya masih bisa dipenuhi dan tidak membahayakan ibu dan janinnya, maka hal itu bisa saja dilakukan.

Penuhi ngidam ibu hamil jika makanan atau minuman yang diinginkan dapat membawa dampak baik bagi ibu dan kandungan. Namun sebaliknya, untuk ibu hamil yang ngidam makanan atau minuman yang tidak wajar, harus diberikan pengertian dengan baik agar dapat mengalihkan keinginan.

Tips dan trik menghadapi ngidam

Bagi suami, penting untuk dapat mengetahui tips dan trik menghadapi ngidam yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Ketahui apa yang diinginkan dan lakukan analisis apakah harus dipenuhi atau tidak. Berikut tipsnya:

Perhatikan jenis makanan yang diinginkan

Perhatikan apa yang menjadi keinginan ibu hamil dan apakah itu sudah sesuai dengan jenis makanan dan minuman sehat yang dianjurkan. Perhatikan juga waktu serta porsi makan agar tetap menjalani pola yang sehat bagi kehamilan.

Hindari belanja saat lapar

Saat lapar, keinginan menjadi lebih besar untuk mengambil makanan apa saja, apalagi di waktu belanja. Disarankan ibu hamil untuk makan secukupnya sebelum berbelanja sehingga tidak sembarangan membeli makanan atau menyetok makanan rendah nutrisi.

Sediakan camilan sehat dan penuh nutrisi

Selama hamil, ibu hamil memang membutuhkan nutrisi lebih banyak karena berguna untuk mendukung kehamilan. Sediakan makanan dan camilan sehat di rumah agar keinginan makan makanan yang tak wajar bisa dihindari.

Berikan makanan dengan indeks glikemik rendah

Ngidam terkadang bisa diminimalisir dengan jenis makanan yang ibu hamil ingin makan. Makanan dengan indeks glikemik rendah bisa membuat sang ibu kenyang lebih lama. Jenis makanan ini antara lain kacang panggang, roti gandum, buah, sayur dan makanan sehat lainya.

Pola makan teratur

Buat pola dan rencana makan setiap hari sehingga tidak ada keinginan lapar atau makan makanan di luar jam lapar. Makan dengan porsi kecil namun sering bisa menjadi alternatif yang tepat untuk ibu hamil mencegah ngidam.

Alihkan perhatian

Alihkan keinginan ngidam dengan melakukan aktivitas lain seperti melakukan hobi, yoga ibu hamil, senam hamil atau olahraga kecil untuk membantu kebugaran tubuh dan pikiran.

Apa yang biasanya diinginkan saat ngidam?

Apa itu ngidam dan jenisnya yang biasanya diinginkan ibu hamil? Ngidam memang sifatnya pribadi, terkadang aneh dan bahkan lucu. Tentunya ada beberapa jenis yang paling banyak diinginkan ibu hamil, antara lain:

  • Produk makanan atau minuman manis seperti permen, olahan susu, keju dan krim asam
  • Karbohidrat bertepung
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Cemilan manis seperti coklat, manisan
  • Kombinasi jenis makanan tertentu

Jika beberapa jenis ternyata bisa menjadi berbahaya dan itu pertanda jika kamu harus segera berkonsultasi ke dokter. Jenis ngidam yang perlu bantuan adalah jika ada keinginan makan makanan tidak wajar atau bahkan membahayakan, segera konsultasi dengan dokter dan lakukan beberapa rekomendasi agar bisa dialihkan.

Ibu hamil yang mengalami ngidam di awal kehamilan memang wajar. Jika keinginannya masih bisa dipenuhi dan bisa mendukung kehamilan maka hal itu bisa dilakukan. Ketahui apa yang diinginkan ibu hamil dan pilah apakah perlu dipenuhi agar ibu dan bayi bisa tetap sehat tanpa harus terkena efek buruk.

Reference
Share