Siapa sangka, buah delima yang unik dan cukup sulit ditemukan ini ternyata mampu meningkatkan kesuburan. Tumbuh di Mediterania selama ribuan tahun, delima adalah salah satu buah tertua di dunia yang dikenal dan dihormati sebagai simbol kesehatan dan terutama kesuburan. 

Yuk, simak apa saja manfaat buah delima untuk promil.

Manfaat buah delima untuk promil

asam folat untuk promil

Buah delima mendukung kesuburan pada reproduksi wanita dan pria. Pada pria, delima meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan kualitas dan mobilitas sperma, serta disfungsi ereksi (Journal of Urology 2005). 

Hal ini dipicu oleh efek delima pada oksida nitrat, zat yang memungkinkan otot polos di dinding pembuluh darah (seperti pada penis) untuk rileks, melebarkan dan meningkatkan aliran darah. Sedangkan pada wanita, delima bekerja sebagai berikut:

1. Meningkatkan kesuburan

Buah delima kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi stres oksidatif, yang pada gilirannya membuat buah ini berpotensi membantu kesuburan. Jus delima secara khusus telah terbukti membantu menghilangkan stres oksidatif pada plasenta.

Stres oksidatif dapat merusak oosit dan mengganggu kapasitas pembuahan. Stres oksidatif juga dapat menyebabkan fragmentasi embrio dan pembentukan berbagai kelainan perkembangan, dan dianggap sebagai salah satu alasan terpenting dalam kasus keguguran berulang.

2. Meningkatkan gairah seks

Bukan rahasia lagi bahwa bagi banyak orang, seiring bertambahnya usia, gairah seks juga ikut menurun. Kondisi ini adalah salah satu hal alami yang terjadi pada banyak orang. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus delima membantu meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Hormon ini secara langsung mempengaruhi rangsangan gairah seks pada pria dan wanita.

Bisa Buat Subur, Ini Manfaat Kurma Untuk Promil dan Kesehatan Lainnya

Waktu terbaik konsumsi delima untuk promil

Mengonsumsi buah delima utuh mungkin akan sedikit merepotkan, karena kamu harus mengunyah bijinya. Membuat jus delima menjadi alternatif yang paling tepat, buatlah jus delima murni tanpa tambahan gula dan susu. 

Waktu yang tepat untuk minum jus delima yaitu sebelum ovulasi. Pada wanita, jus delima meningkatkan aliran darah ke rahim dan meningkatkan lapisan rahim yang sehat. Pada pria, minum jus delima dapat meningkatkan konsentrasi dan motilitas sperma.

8 Manfaat Kecambah Untuk Promil, Benarkah Ampuh?

Mitos seputar nutrisi promil

Banyak sekali mitos dan informasi yang salah seputar kesuburan dan nutrisi program hamil. Agar pemahaman yang kamu dapat tidak salah, yuk ketahui beberapa mitos dan fakta nutrisi promil berikut:

1. Nanas dan kehamilan

Mitos: Makan inti nanas akan membantu proses implantasi

Fakta: Kamu mungkin pernah mendengar bahwa memakan inti nanas segera setelah ovulasi dapat membantu implantasi. Inti nanas mengandung bromelain, sekelompok enzim yang berfungsi sebagai pengencer darah dan telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa bromelain dalam inti nanas membantu implantasi. 

2. Delima dan kesuburan

Mitos: Buah delima mendukung kesehatan kesuburan

Fakta: Buah delima dipercaya bermanfaat bagi kesuburan pria dan wanita, hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak bukti untuk lebih memahami bagaimana antioksidan berdampak pada kesuburan. Ada beberapa penelitian terhadap hewan, yang menjanjikan tentang efek jus delima terhadap kualitas sperma.

3. Kayu manis dan kesuburan

Mitos: Kayu manis dapat memerangi PCOS

Fakta: Rempah-rempah ini dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah, meningkatkan produksi dan kualitas sperma pada pria, dan dapat membantu melancarkan aliran darah ke organ-organ tubuh (terutama jika dicampur dengan madu). 

Data awal menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu wanita dengan PCOS, yaitu penyebab umum ketidaksuburan. Menurut sebuah studi dalam Biologi Reproduksi dan Endokrinologi, penelitian kayu manis pada hewan telah terbukti meningkatkan resistensi insulin, sehingga dapat menjadi terapeutik yang memungkinkan untuk mengobati PCOS.

4. Ubi dan kesuburan

Mitos: Jika kamu menginginkan anak kembar, makanlah ubi

Fakta: Meskipun tidak ada salahnya mengonsumsi ubi, yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Pada kenyataannya, hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa hal itu akan berkorelasi langsung dengan kehamilan anak kembar.

Manfaat buah delima tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa menjadikannya sebagai makanan pendamping saat menjalani program hamil. 

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference