kelapa muda bakar

Kelapa muda merupakan salah satu minuman segar yang banyak menjadi favorit masyarakat. Memang ada kalanya seseorang ingin mencoba varian lain dari kelapa muda seperti degan atau kelapa muda bakar.

Beberapa iming-iming para penjual yang mengatakan bahkan ada manfaat kelapa bakar untuk promil atau untuk kesehatan. Namun apakah hal ini benar adanya? Yuk simak fakta manfaat kelapa bakar untuk kesehatan dalam ulasan kali ini.

Apakah kelapa bakar bisa untuk promil?

Buah kelapa dikenal memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak heran mengapa buah kelapa banyak diburu pembeli karena kandungan dalam buah ini memang beragam. 

Menurut Pusat Data Nutrisi, dalam setiap cangkir buah kelapa muda mempunyai kandungan berikut ini:

  • 46 kalori
  • 9 gram karbohidrat
  • 3 gram serat 
  • 2 gram protein
  • 10% dari asupan kebutuhan harian vitamin c
  • 15% dari asupan kebutuhan harian magnesium 
  • 17% dari asupan kebutuhan harian mangan
  • 11% dari asupan kebutuhan harian natrium 

Minum Kelapa Muda Saat Haid? Ternyata Ini 5 Manfaatnya

Berbagai kebutuhan akan kesehatan dapat dibantu dengan konsumsi air kelapa muda secara rutin. Bahkan ada yang mengatakan terdapat manfaat kelapa bakar untuk promil? Bagaimana faktanya?

Faktanya adalah bahwa buah kelapa muda segar memang mengandung banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Ada banyak riset yang membuktikan bahwa buah kelapa muda segar sangat bermanfaat sehingga tidak perlu dibakar untuk memperoleh khasiatnya untuk tubuh.

Sedangkan untuk program hamil sendiri, buah kelapa muda atau kelapa bakar belum mempunyai penelitian yang jelas dan berkelanjutan sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita dan pria sehingga mudah untuk memperoleh keturunan seperti kesehatan organ vital, status nutrisi, hubungan seksual pada masa subur dan masih banyak lagi faktor lain yang dapat mempengaruhi kelancaran dalam melakukan promil.

Adapun konsumsi kelapa muda memang dapat menjadi asupan mineral dan vitamin yang dapat membantu tubuh tetap bugar dan fit yang sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan.

Meningkatkan konsumsi makanan bergizi, cukup istirahat, olahraga dan menjaga kesehatan organ seksual menjadi beberapa hal yang dapat diusahakan pada saat promil.

Adapun manfaat dari buah kelapa untuk kesehatan memang beragam, yuk simak apa saja manfaatnya!

Manfaat kelapa bakar untuk kesehatan

manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil
manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil

Buah kelapa sejatinya memiliki banyak manfaat meskipun tanpa dibakar. Membakar kelapa sendiri memang menjadi salah satu varian dalam menikmati buah kelapa. Akan tetapi konsumsi kelapa bakar ini memerlukan kontrol karena khasiatnya tentu tidak sama dengan konsumsi kelapa segar. 

Campuran berbagai pemanis atau topping lain pada kelapa bakar dapat meningkatkan resiko gula darah sehingga perlu dibatasi. Nutrisi yang terdapat pada kelapa segar juga mungkin dapat hilang dengan proses pemanasan yang dilakukan. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi buah kelapa muda segar yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat.

Apa saja manfaat degan atau kelapa muda?

1. Ganti cairan tubuh

Air kelapa muda sejak dulu sering dimanfaatkan sebagai pengganti cairan yang hilang. Konsumsi air ini dapat meredakan dehidrasi dan menjadi cairan isotonic alami. Air kelapa ini dapat membantu cairan tubuh yang cepat hilang setelah kamu berolahraga atau diare yang mengalami kehilangan banyak cairan.

2. Menyempurnakan fungsi organ

Mengandung asam amino yang tinggi, air kelapa muda diketahui dapat menyempurnakan fungsi organ, mengatasi stress dan membantu pembentukan protein. Selain itu air kelapa juga bermanfaat untuk regenerasi sel organ tubuh sehingga berfungsi dengan maksimal.

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

3. Melancarkan pencernaan

Enzim yang terdapat pada air kelapa dapat membantu penyembuhan diare dengan lebih cepat. Gangguan pencernaan ini tentu dapat mengacaukan metabolisme tubuh sehingga air kelapa merupakan pilihan yang baik saat terjadi gangguan pencernaan.

4. Turunkan tekanan darah

Manfaat besar dari air kelapa muda adalah dapat mencegah penyakit kanker dan stroke. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan natrium rendah dan kalium yang tinggi pada kelapa dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah. Peredaran darah juga menjadi jauh lebih lancar.

5. Cegah penuaan dini

Para wanita tentu akan senang mengonsumsi air kelapa karena jenis air ini dapat membantu perawatan kulit menjadi lebih baik. Air kelapa dapat membantu keseimangan ph tubuh, membantu kulit terasa segar dan kenyal serta mencegah penuaan dini. Kandungan sitokinin nya dapat mengatur perkembangan kulit menjadi lebih baik.

6. Cegah kanker

Manfaat kelapa bakar selanjutnya selain untuk promil adalah mampu mencegah kanker. Kandungan antioksidan tinggi pada buah ini dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit.

Bolehkah Minum Es Kelapa Saat Haid? Yuk Cek Faktanya

7. Atasi diabetes

Buah kelapa dapat membantu penyerapan gula darah dengan sangat baik di dalam tubuh. Membantu meningkatkan kolesterol baik dan mengatasi diabetes.

8. Bantu berat badan stabil

Ekstrak minyak kelapa ternyata dapat menekan nafsu makan berlebih dan membantu lemak perut terbakar dengan lebih cepat. Alternatif untuk minyak diet ini bisa didapat dari kelapa untuk mendukung berat badan tetap stabil dan ideal.

9. Obat kumur alami

Sebagai antiseptik alami, air kelapa dikenal dapat menjadi obat kumur alami sehingga peradangan yang sering menyerang area mulut dapat diatasi dengan baik. Gunakan air kelapa sebagai obat kumur alami secara rutin setiap hari.

10. Cegah batu ginjal

Air yang terdapat pada kelapa muda diketahui dapat melarutkan batu ginjal dan kristal yang terbentuk pada pasien batu ginjal. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan. Konsumsi rutin dan sesuai aturan agar batu ginjal segera dapat disembuhkan.

Memang belum ada penelitian lebih lanjut akan manfaat kelapa bakar untuk promil, namun degan atau kelapa muda ini mempunyai banyak khasiat yang dapat membantu kesehatan lebih baik, jadi jangan ragu untuk mengonsumsi buah bermanfaat yang satu ini ya!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference