Sejak dahulu kurma diketahui sangat baik untuk wanita, terutama untuk kesuburan dan kehamilan. Sebuah penelitian tahun 2021, menunjukan bahwa manfaat kurma untuk promil terlihat dalam peningkatan kualitas sperma pada tingkat genetik. 

Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi kamu yang berencana menjalani program hamil (promil). Kurma memang mengandung banyak nutrisi esensial yang bermanfaat bagi tubuh. Yuk pahami kandungan dan manfaat lainnya!

Manfaat kurma untuk promil

Kurma Muda untuk Promil

Ternyata, kurma muda bisa membantu meningkatkan kesuburan karena mengandung zat besi, serat, dan antioksidan yang bagus untuk tubuh. Bukan hanya untuk perempuan, laki-laki juga bisa mengonsumsi kurma untuk meningkatkan kualitas sperma karena kandungan estradiol dan flavonoidnya. Berikut beberapa manfaat lainnya:

  • Kurma muda bisa meningkatkan energi terutama bagi ibu hamil yang mudah lemas dan kehilangan banyak tenaga dari aktivitas sehari-hari. Konsumsi beberapa butir kurma muda mampu meningkatkan gula darah di dalam tubuh tanpa menyebabkan lonjakan berlebihan.
  • Tak hanya itu, kurma muda juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk mencegah risiko bayi lahir cacat. Asam folat berguna untuk pertumbuhan otak, sedangkan zat besi berguna untuk pembentukan sel dan tulang bayi. Oleh karena itu, ibu hamil yang kekurangan zat besi sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma muda.
  • Kurma muda juga bagus untuk pencernaan karena kaya akan serat yang membantu mencegah sembelit. Kandungan kalium dalam kurma muda juga bermanfaat untuk mengatasi diare dan membantu bakteri baik di usus. Selain itu, kurma muda juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan menjaga kekuatan tulang karena kandungan mineral yang tinggi.
  • Tak perlu khawatir soal gula dan kalori, karena kurma muda rendah kalori dan gula. Oleh karena itu, kurma muda bisa menjadi alternatif cemilan yang baik bagi ibu hamil yang memerlukan asupan gula dan kalori yang terkontrol. Selain itu, kurma muda juga memiliki lebih banyak air sehingga membantu menjaga hidrasi tubuh.

Namun, ingatlah bahwa selama masa promil dan kehamilan, sangat penting untuk mengonsumsi makanan suplemen yang sehat untuk menjaga kesehatan serta menunjang pertumbuhan janin dengan gizi yang tepat. Jadi, yuk jaga kesehatan kita dan calon bayi dengan baik!

15 Manfaat Clover Honey, Pasangan Promil Wajib Tahu!

Berapa banyak kurma untuk kesuburan

Kurma memang sangat baik untuk kesehatan, tapi terlalu banyak makan kurma juga bisa menyebabkan efek samping loh. Jika tubuh kamu sudah punya serat yang cukup, mengonsumsi kurma hanya akan membuat tubuh kelebihan serat dan mengalami masalah perut, seperti sembelit dan kembung.

Asam Folat Untuk Promil: Manfaat, Tips, dan Waktu Konsumsi

Umumnya, 2-4 kurma direkomendasikan untuk konsumsi harian tergantung pada parameter latihan harian kamu. Jumlah ini juga termasuk untuk program kehamilan, kamu bisa konsultasi ke bidan atau dokter jika ingin meningkatkan jumlahnya. Sedangkan jumlah yang direkomendasikan untuk ibu hamil, yaitu sekitar 6 buah kurma di minggu terakhir kehamilan.

Manfaat kurma lainnya

cara menjaga kesehatan payudara

Tidak hanya bermanfaat bagi kesuburan, segudang nutrisi dari buah kurma juga bisa memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti:

1. Menjaga kesehatan sel

Kurma mengandung polifenol yang mirip dengan antioksidan yang membantu fungsi otak, pencernaan, dan membuat kita merasa lebih bahagia. Kurma juga mengandung banyak nutrisi, seperti Vitamin A & K, serat, magnesium, dan kalsium. Jadi, dengan makan kurma, kita bisa memberikan energi pada sel kita untuk melindungi diri dari kerusakan.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Asam fenolat adalah jenis antioksidan yang bisa melawan kanker dan penyakit jantung. Kurma mengandung banyak asam fenolat (selain antioksidan lainnya). Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya kamu mengonsumsi kurma segar daripada yang sudah dikeringkan.

3. Membantu menjaga kesehatan kulit

Vitamin K, A, C, dan D yang terkandung dalam kurma sangat baik untuk kesehatan kulit. Meskipun kita bisa membeli produk perawatan kulit yang mengandung vitamin-vitamin tersebut, tetapi mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut lebih baik dan alami.

4. Membantu menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan penyakit yang menakutkan bagi semua orang. Untuk mencegahnya, kita bisa menjaga diri dengan hidup sehat, seperti mengurangi stres, rajin berolahraga, tidak merokok, dan memilih makanan yang sehat. Kamu bisa memanfaatkan nutrisi dari kurma untuk memperkuat sel, meningkatkan imun, dan menjaga tubuh agar sehat selalu.

_________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference