berapa kalori sayur bayam

Sayuran yang warnanya hijau gelap, seperti sayur bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, tulang, dan kulit. Selain itu, sayur bayam juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti protein, vitamin, mineral, dan zat besi. 

Dari banyaknya jenis sayuran hijau, sayur bayam menjadi salah satu sayuran yang sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Sayur ini bisa ditambahkan ke dalam smoothie, dijadikan salad, bahkan bisa dikukus atau ditumis. 

Jika kamu suka makan sayuran hijau seperti sayur bayam, kamu pasti bertanya-tanya berapa jumlah kalori yang terdapat di dalamnya. Maka, artikel ini akan membahas kandungan nutrisi yang terkandung dan jumlah kalori bayam. Jadi, simak sampai selesai, ya!

Kandungan nutrisi bayam

Manfaat daun bayam untuk kesehatan

Berdasarkan HealthLine, kandungan nutrisi pada bayam meliputi:

  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Potasium
  • Vitamin E
  • Magnesium
  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Folat
  • Vitamin K
  • Serat
  • Fosfor

Berapa kalori sayur bayam?

Sebagian besar kalori yang terdapat pada sayur bayam berasal dari protein dan karbohidrat. Dalam 100 gram sayur bayam bening terdapat sebanyak 36 kalori, 0,37 gram lemak, 7,64 gram karbohidrat, dan protein 1,79 gram.

Sedangkan sayur bayam yang digoreng menjadi 100 gram keripik bayam mengandung 537 kalori, 36,48 gram lemak, 49,22 gram karbohidrat, dan 3,06 gram protein.

Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat sayur bayam untuk kesehatan

kalori sayur bayam
bayam

Kalori sayur bayam mengandung banyak mineral, vitamin, dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi sayur bayam.

Mencegah penyakit kanker

Sayuran hijau seperti sayur bayam mengandung klorofil yang memiliki sifat antikanker. Jadi, orang yang mengonsumsi sayuran hijau kemungkinan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit kanker.

Menurunkan tekanan darah

Karena mengandung potasium yang cukup tinggi, sayur bayam bisa membantu menurunkan tekanan darah. Nitrat yang terkandung dalam sayur bayam juga dapat meningkatkan aliran darah.

Menjaga kesehatan tulang

Asupan vitamin K yang rendah berkaitan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Mengonsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kalori sayur bayam mengandung banyak serat dan air yang bisa mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Sayur bayam mengandung vitamin C yang penting untuk memelihara kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu, sayur bayam juga mengandung zat besi yang bisa mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Kalori sayur bayam merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin ini dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Mendukung kesehatan otak

Mengonsumsi sayur bayam dapat melindungi kesehatan otak. Orang yang makan satu hingga dua porsi sayur bayam setiap hari ditemukan memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan mereka yang usianya 7,5 tahun lebih muda.

12 Vitamin Ibu Hamil, Dari Sumber hingga Manfaatnya

Tips masak sayur bayam yang sehat

Kamu bisa mengikuti beberapa tips masak sayur bayam yang sehat berikut ini.

  • Bilas sayur bayam sampai bersih. Lakukan proses pembilasan beberapa kali dengan air dingin supaya benar-benar bersih. Jangan lupa keringkan terlebih dahulu sayur bayamnya sebelum dimasak.
  • Sebelum dimasak, jangan lupa membuang bagian batangnya. Batang sayur bayam cenderung keras untuk dikunyah dan rasanya pahit. Tapi, jika kamu menggunakan bayam muda, biasanya bagian batangnya tidak perlu dibuang.
  • Pakailah daun bayam yang lebar dan berwarna hijau tua. Hindari daun bayam yang warnanya tampak kekuningan atau hijau pucat. Hindari pula yang daun bayamnya lunak, basah, atau berbintik-bintik.
  • Jika kamu ingin memasaknya dengan cara menumis, gunakan sedikit minyak saja sekitar satu sampai dua sendok. Hal ini dapat mencegah bayam menempel pada wajan sekaligus menjaganya tetap sehat dan rendah lemak.
  • Jangan memasak sayur bayam terlalu lama. Cukup masak sayur bayam yang segar sampai mulai layu.

Itulah pembahasan mengenai kandungan nutrisi, jumlah kalori sayur bayam, dan tips memasaknya yang sehat. Sayur bayam memang mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk makan sayur setiap hari, ya.

Share artikel ini
Reference