manfaat jahe merah untuk kesehatan

Siapa yang tidak kenal jahe? Jahe adalah bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Selain itu, jahe juga dipercaya sebagai bahan obat tradisional. Jahe sendiri ada 2 macam, jahe merah dan putih. Tidak kalah dengan jahe putih, ternyata ada banyak manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Lewat artikel kali ini, Yoona ingin mengajak kamu untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat jahe merah untuk kesehatan. Cek juga perbedaan jahe merah dan jahe biasa di artikel ini.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan

Manfaat jahe merah untuk kesehatan tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, gingerol, antibakteri, dan antiradang. Berikut berbagai macam manfaat jahe merah untuk kesehatan yang wajib diketahui:

1. Mengurangi nyeri sendi dan otot

Penelitian yang diterbitkan dalam East Asian Journal of Multidisciplinary Research (2022) menyebutkan, jahe merah mengurangi rasa nyeri pada sendi dan otot. Cukup dengan kompres hangat jahe merah pada bagian tubuh yang terasa nyeri. 

Kandungan gingerol dalam jahe merah mampu mengurangi nyeri otot dan juga sendi. Jika gingerol berada kondisi suhu yang tinggi, zat ini dapat memberikan efek menghangatkan yang dapat mengurangi rasa nyeri.

2. Menyehatkan pencernaan

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang selanjutnya, yaitu menyehatkan pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pencernaan. Jahe merah mempunyai senyawa antibakteri yang dapat membantu tubuh melawan bakteri Staphylococcus aureus, Salmonella enteritidis, dan Escherichia coli

3. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan gingerol pada jahe merah dapat membantu meningkatkan produksi insulin sehingga kadar gula darah pada tubuh bisa lebih terkontrol. Ketika kadar gula darah normal, maka risiko penyakit diabetes bisa berkurang.

4. Meningkatkan kesuburan pria

Jahe merah adalah salah satu bahan yang bisa dijadikan minyak atsiri. Efek afrodisiak pada minyak ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Peningkatan aliran darah di sekitar alat kelamin pria karena minyak ini mampu merangsang daya seksual pria.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berkaitan dengan sifat antiinflamasi dan antioksidatif yang dimilikinya. Sifat-sifat ini mampu mencegah efek buruk dari paparan radikal bebas yang dapat membuat kulit kusam dan telihat tua.

6. Menurunkan asam urat

manfaat jahe merah untuk kesehatan apa bedanya dengan jahe putih

Selain mengurangi peradangan pada sendi, jahe merah ternyata bisa menurunkan asam urat. Jahe merah mampu membuang tumpukan asam urat dan melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, jahe ini juga menurunkan kadar prostaglandin dan leukotrien yang memicu pembengkakan dan nyeri.

Cara Mengobati Sakit Lutut dengan Jahe, Ternyata Mudah!

7. Mencegah infeksi yang disebabkan bakteri dan virus

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Kandungan gingerolnya dipercaya mampu menangkal serangan bakteri Escherichia coli dan Shigella.

8. Membantu memperkuat imun tubuh

Jahe merah mempunyai kandungan gingerol, shogaol, dan zat antioksidan yang dapat membantu memperkuat imum tubuh. Konsumsi jahe ini dengan teratur akan memberikan efek yang baik untuk kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin A, E, C, selenium, zat besi, dan zinc di dalamnya.

9. Meredakan nyeri saat haid

Nah, buat Yoonies yang sering merasakan nyeri saat haid atau menstruasi, kamu bisa mencoba menggunakan jahe merah untuk meredakannya. Sifat antiradang pada jahe ini dapat menghambat produksi prostaglandin sehingga rasa nyeri yang diakibatkan oleh kontraksi otot rahim saat menstruasi bisa berkurang.

Begini Cara Membuat Air Jahe untuk Haid, Dijamin Nyeri Hilang!

10. Membantu meredakan morning sickness

Morning sickness merupakan keluhan rasa mual dan muntah yang sering dirasakan oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan. Nah, kandungan zingiberene, kurkumin, dan gingerol pada jahe merah dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah tersebut. Namun, sebelum mengonsumsinya, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi dulu dengan dokter.

Perbedaan jahe merah dan jahe biasa (jahe putih)

Setelah mengetahui manfaat jahe merah untuk kesehatan, sekarang saatnya mencari tahu perbedaan jahe merah dan jahe biasa atau putih. Ada 2 hal pembeda yang bisa dijadikan acuan selain dari warnanya, yaitu bentuk dan rasa.

Jika dilihat dari bentuk dan ukuran, jahe merah lebih pendek, kecil, bentuk ruasnya rata, dan tidak terlalu mengembang. Jahe putih bentuknya cenderung lebih panjang dan lebih mengembang. Untuk rasanya, jahe merah lebih pahit dan pedas daripada jahe putih.

Cara mengolah jahe merah untuk dikonsumsi

Ada beberapa cara mengolah jahe merah untuk mendapatkan manfaatnya. Cara paling umum pertama, yaitu dengan merebus jahe merah kemudian dikonsumsi. Cara yang kedua menggunakan air rebusannya sebagai kompres hangat. Jahe merah juga sudah banyak dijual dalam bentuk suplemen sehingga bisa langsung dibeli.

Catat! Ini Cara Mengobati Turun Berok dengan Jahe

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan, perbedaannya dengan jahe putih, dan cara mengolahnya. Jika kamu mempunyai riwayat penyakit tertentu, ada baiknya kamu berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum menggunakan jahe merah sebagai obat. Semoga bermanfaat ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference