manfaat air jahe untuk haid

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan jahe, bukan? Jahe memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk meredakan nyeri haid. Apakah kamu tertarik untuk membuat jahe untuk mengatasi haid? Yuk, cek cara membuat air jahe untuk haid di artikel ini!

Manfaat jahe secara umum 

Sejak dahulu, para leluhur kita sudah menggunakan jahe untuk bumbu masakan maupun ramuan obat. Hal ini dibuktikan dari tulisan-tulisan kuno dari Roma, Yunani, Cina, dan negara-negara Arab yang memuat tentang penggunaan jahe.

Lalu, apa saja manfaat jahe untuk kesehataan yang telah digunakan sejak dahulu? Berikut detailnya:

1. Dapat mengurangi rasa nyeri

Kamu mungkin sudah sering mendengar manfaat jahe yang satu ini. Senyawa gingerol yang terkandung dalam jahe dapat mengurangi peradangan dan nyeri, lho. 

2. Dapat menyembuhkan kulit yang iritasi

Jahe juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, nih. Sifat antiinflamasi dalam jahe dapat membantu menenangkan kulit yang merah dan iritasi. 

3. Dapat mencegah kanker

Rempah yang satu ini mengandung antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari kanker.

4. Membuat lebih awet muda

Selain dapat mencegah kanker, kandungan antioksidan pada jahe juga dapat membuat kamu tampak lebih awet muda, lho. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang mempercepat pemecahan kolagen dan merusak kulit. 

Nah, kandungan antioksidan jahe dapat membantu menjaga produksi kolagen kulit yang meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit sehingga membuat kamu tampak awet muda.

5. Mengurangi rasa mual

Ingin meredakan mual secara alami? Kamu bisa memanfaatkan jahe. Yup, kandungan gingerol pada jahe juga berperan untuk meredakan mual.

6. Menurunkan kolesterol jahat 

Jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ciri-Ciri Masa Subur untuk Haid Tidak Teratur dan Cara Menghitungnya, Yuk Coba!

Manfaat jahe untuk haid 

manfaat dan cara membuat air jahe untuk haid

Setelah mengetahui manfaat jahe untuk kesehatan, kamu mungkin penasaran dengan apa manfaat jahe untuk haid? Berikut manfaat jahe untuk wanita yang perlu kamu ketahui!

1. Sebagai pereda kram menstruasi

Sifat antiiflamasi pada jahe dapat berperan sebagai pereda nyeri sehingga bermanfaat untuk meredakan kram menstruasi.

Selain itu, jahe juga mengandung zingibain, enzim yang melindungi tubuh dari peradangan dan menghambat produksi prostaglandin. Tingkat prostaglandin yang lebih tinggi menyebabkan kontraksi pada rahim yang lebih parah sehingga menyebabkan kram.

2. Mengatasi sakit kepala dan mual

Beberapa wanita pada fase luteal atau menstruasi sering mengalami gejala, seperti sakit kepala. Studi yang diterbitkan International Scholarly Research Notices menunjukkan bahwa sakit kepala berkurang setelah mengonsumsi air rebusan jahe.

Selain itu, jahe bisa membantu mengatasi mual dan sakit perut. Dalam studi yang sama, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi jahe lebih sedikit mengalami gangguan pencernaan dan mual.

3. Mengontrol aliran darah

Jika kamu adalah seseorang yang mengalami aliran menstruasi yang deras dan cenderung tidak terkontrol, jahe dapat mengurangi aliran darah tersebut.

Studi yang diterbitkan oleh Phytotherapy Research menunjukkan bahwa konsumsi air rebusan jahe secara teratur selama 3 bulan dapat mengurangi aliran darah yang deras selama haid.

Kamu Sering Diare saat Haid? Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara membuat air jahe untuk haid 

Seiring perkembangan zaman, banyak produk minuman instan yang mengandung jahe atau rasa jahe buatan. Namun, air jahe yang asli dan dibuat sendiri memiliki manfaat maksimal untuk kesehatan.

Untuk membuat air jahe, kamu harus merebus jahe dalam air seperti saat kamu membuat teh. Jangan lupa cuci bersih jahe, kemudian kupas terlebih dahulu kulitnya untuk menghindari kontaminasi kuman dan bakteri. 

Berikut cara membuat air jahe untuk haid yang bisa kamu lakukan di rumah!

  1. Ambil jahe segar secukupnya
  2. Cuci jahe hingga bersih
  3. Parut jahe dan rebus air
  4. Masukkan parutan jahe setelah air mendidih
  5. Angkat air rebusan jahe dari kompor dan biarkan jahe terendam di dalam air selama 10 menit
  6. Saring potongan jahe dari air
  7. Minum air jahe selagi atau dinginkan sesuai selera
  8. Tambahkan madu jika kamu ingin rasanya lebih manis

Mitos atau Fakta, Makan Nanas saat Haid Bikin Aliran Darah Makin Deras?

Itulah manfaat jahe untuk haid dan kesehatan beserta cara membuat air jahe untuk haid. Apakah kamu tertarik mencobanya, Yoonies? Selamat mencoba!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference