kalori wortel

Kalori wortel utuh tentunya tidak terlalu besar, sayuran ini banyak digunakan dalam menu diet sehat. Kamu bisa mengolahnya menjadi sup, jus, atau bahkan langsung mengunyahnya sebagai cemilan sehari-hari. Hal ini tentu menjadi pilihan menu terbaik untuk program diet kamu.

Jumlah kalori yang terkandung dalam satu buah wortel sebenarnya bervariasi, tergantung pada ukurannya. Di Indonesia sendiri wortel memiliki ukuran yang cenderung kecil dibandingkan dengan wortel luar negeri. Sehingga jumlah kalorinya pun bisa jadi lebih kecil.

Berapa kalori sebuah wortel

Dalam wortel ukuran sedang (46 gram), terdapat kalori sekitar 16 kkal. Untuk wortel berukuran sedang, kalorinya menjadi sekitar 25 kkal. Sedangkan untuk wortel mentah ukuran besar, kalorinya yang dimilikinya bisa mencapai 52 kkal. 

Angka ini tentunya masih cenderung kecil, kamu bisa membakar kalori wortel dengan cepat hanya melalui olahraga ringan. 

15 Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

Fakta nutrisi wortel

fakta nutrisi wortel

Meskipun kalorinya sedikit, wortel tetap memilih kandungan vitamin dan mineral yang kaya untuk tubuh. Wortel adalah sumber vitamin K, serat, dan vitamin A yang sangat baik. Informasi nutrisi berikut disediakan oleh USDA:

  • Kalori: 25
  • Lemak: 0g
  • Natrium: 42mg
  • Karbohidrat: 6g
  • Serat: 1.5g
  • Gula: 2.9g
  • Protein: 0,5g
  • Vitamin A: 509 mcg
  • Vitamin K: 8 mcg
  • Kalium: 195.2mg
  • Beta karoten: 5053,8 mcg

7 manfaat makan wortel tiap hari

Wortel adalah sayuran umbi-umbian yang paling populer di dunia, tumbuhan ini bisa tumbuh hampir di seluruh belahan dunia dengan ukuran bervariasi. Mengonsumsi wortel secara teratur tentu akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Kekurangan vitamin A menyebabkan mata kering dan dapat mempengaruhi penglihatan normal, bahkan bisa menyebabkan rabun senja. Antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam wortel dapat meningkatkan kesehatan mata. Kedua senyawa alami ini melindungi retina dan lensa. 

The American Journal of Ophthalmology menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari dua porsi wortel seminggu memiliki risiko glaukoma 64% lebih rendah daripada wanita yang tidak makan satu porsi wortel.

2. Membantu menurunkan berat badan

Wortel adalah camilan paling sehat! Satu cangkir wortel memberikan jumlah kalori yang sangat sedikit dengan nutrisi yang penuh. Nutrisi wortel benar-benar dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, berusahalah untuk mengonsumsi beberapa wortel sebagai cemilan.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Wortel dipercaya dapat mengobati jerawat, dermatitis, jerawat, ruam, dan penyakit kulit lainnya. Selain kandungan antioksidan, wortel juga mengandung karoten yang baik untuk kulit. Makan lebih banyak wortel untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang lengkap!

4. Membantu meningkatkan imunitas

Vitamin C dalam wortel berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A juga memainkan peran penting dalam pembentukan dan perlindungan selaput lendir, yang bertindak sebagai penghalang untuk menjauhkan kuman dari tubuh.

9 Makanan Yang Mengandung Serat Baik Untuk Diet

5. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian telah membuktikan bahwa menu sayuran berwarna seperti wortel dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung koroner. Sebuah penelitian di Belanda menegaskan bahwa mengkonsumsi buah jeruk dapat menyebabkan penurunan 32% kemungkinan penyakit jantung. 

Wortel juga membantu dalam mengatur tekanan darah. Mineral kalium dalam wortel, mampu menyeimbangkan tingkat natrium tidak sehat dan mengeluarkannya dari tubuh.

6. Kesehatan Pencernaan

Wortel kaya akan serat dan karotenoid, yang keduanya penting untuk kesehatan pencernaan jangka pendek dan jangka panjang. Karotenoid menurunkan resiko kanker usus besar, menjadikannya salah satu manfaat kesehatan jangka panjang dari wortel. Wortel mengandung antara 5% -7% dari kebutuhan serat harian, sehingga bisa menjadi menu diet tinggi serat.

7. Menurunkan resiko diabetes

Wortel memiliki jumlah gula alami yang rendah, wortel memberikan indeks glikemik rendah. Makanan rendah glikemik cenderung tidak memicu lonjakan gula darah, semakin rendah semakin baik untuk pasien diabetes. 

Dalam kebanyakan kasus, wortel aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sambil memberikan rasa manis alami yang enak untuk penderita diabetes. Makanan rendah gula dan berserat tinggi seperti wortel dapat membantu dalam pencegahan diabetes tipe II. Bagi yang sudah mengidap penyakit diabetes, manfaat wortel dapat membantu dalam pengelolaan gula darah.

Fakta Seputar Nasi Kuning, Benarkah Baik Untuk Diabetes?

Kamu bisa mulai mengonsumsi wortel mulai sekarang untuk mencegah berbagai penyakit. Bonusnya, kamu bisa mendapat mata sehat dan kulit yang bagus. Cobalah wortel mentah sebagai cemilan!

Share artikel ini
Reference