Cara Mengobati Turun Berok dengan Jahe

Hernia atau turun berok adalah kondisi organ tubuh menonjol biasanya benjolan ini terdapat pada pinggul hingga selangkangan. Kondisi ini dapat membuat tidak nyaman sehingga perlu diobati. Salah satu cara non medis yang kerap digunakan adalah menggunakan jahe.

Tapi sebenarnya bagaimana sih cara mengobati turun berok dengan jahe? Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya. 

Apakah turun berok bisa sembuh dengan sendirinya? 

penyakit hernia

Perlu diketahui hernia tidak akan bisa hilang dengan sendirinya. Bahkan, jika terus dibiarkan dan tidak diobati, hernia bisa semakin besar, tidak nyaman dan terasa lebih menyakitkan.

Hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah benjolan yang muncul. Biasanya, orang dengan kondisi ini bisa merasakan kapan hernia muncul dan hilang. Umumnya, mereka merasakan hernia ketika berdiri atau membungkuk.

Dalam beberapa kasus, sayangnya orang kerap tidak mengalami gejala apapun sehingga mereka baru menemukan kondisi ini ketika melakukan pemeriksaan rutin. Namun, tidak sedikit orang memilih untuk menunda pengangkatan atau operasi maupun prosedur medis yang disarankan dokter.

Padahal, jika tidak diobati, turun berok atau hernia ini dapat menyebabkan komplikasi serius. Salah satu komplikasi tersebut adalah penyumbatan usus.

Hal ini terjadi ketika usus mengalami hambatan akibat hernia sehingga kotoran tidak bisa dikeluarkan. Alhasil, usus yang tidak bisa berfungsi dengan baik dapat menyebabkan suplai darah ke organ menjadi terputus.

Usus Buntu: Penyebab, Ciri-Ciri, Diagnosis, dan Pengobatannya

Jika mengalami komplikasi ini, artinya kamu perlu mendapatkan penanganan medis segera untuk mengatasi komplikasi dan mencegah berbagai bahaya kesehatan lainnya.

Apa yang harus dilakukan ketika turun berok?

Sebelum mengetahui cara mengobati turun berok dengan jahe, kamu perlu tahu perawatan apa saja yang perlu kamu lakukan secara mandiri setelah mengetahui kamu mengalami turun berok.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengurangi gejala turun berok:

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi seperti buah dan sayur
  2. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat picu refluks asam lambung, misalnya tomat dan makanan pedas.
  3. Olahraga secara tertur untuk menjaga berat badan yang sehat. Namun, hindari untuk melakukan olahraga dengan beban berat. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang sesuai untuk kamu.
  4. Hindari aktivitas berat atau mengangkat beban 
  5. Jangan merokok karena bisa menyebabkan batuk dan membuat turun berok semakin parah. Jika kondisi turun berok tersebut tidak kunjung membaik bahkan menyebabkan berbagai keluhan lain seperti benjolan yang membesar, maka kamu perlu berkonsultasi secepatnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pasalnya, jika terus didiamkan, kondisi ini dapat menyebabkan hernia strangulata. Ini merupakan kondisi hernia berbahaya karena berpotensi sebabkan kerusakan jaringan pada organ yang mengalami turun berok atau hernia tersebut. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui turun berok yang berbahaya. Ini jika kamu merasakan keluhan atau gejala penyerta lainnya seperti kemerahan atau memar pada bagian yang mengalami hernia, nyeri parah, sembelit, kembung, mual, demam, buang air besar berdarah, dan kerap muntah.

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

Minuman jahe untuk penyakit hernia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jahe merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi beberapa gejala turun berok seperti meredakan mual, mengurangi keluhan sakit, mengurangi peradangan hingga gangguan pencernaan.

Apalagi, jahe juga kaya akan kandungan fenolik dan antioksidan yang mampu mengurangi kontraksi pada lambung sehingga menurunkan risiko asam lambung yang kerap terjadi pada hernia hiatus.

Salah satu cara mengobati turun berok dengan jahe adalah dengan menjadikan jahe sebagai minuman yang menyehatkan.

Caranya yakni:

Iris beberapa jahe lalu campurkan pada satu gelas air. Lalu, rebus sampai mendidih dan diamkan sampai cukup hangat untuk bisa diminum.

Cara mengkonsumsi jahe ini juga akan membuat perut terasa lebih hangat dan lebih nyaman. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsi jahe terlalu banyak ya. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi jahe lebih dari 5 gram per hari karena dapat berdampak buruk bagi penderita hernia.

Jadi, itulah cara mengobati turun berok dengan jahe. Ternyata cukup mudah bukan? Namun, pastikan untuk tetap ke dokter, ya karena mengkonsumsi jahe tidak bisa mengobati turun berok sepenuhnya namun hanya mengurangi gejalanya saja.

Share artikel ini
Reference