manfaat tape singkong

Singkong adalah salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan dapat diolah menjadi tape. Tape banyak disukai oleh masyarakat kita karena teksturnya yang lembut dengan cita rasa yang manis dan sedikit asam.

Mungkin kamu pernah atau juga sering mengkonsumsi tape singkong. Namun, tahukah kamu bahwa makanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Apa saja manfaatnya? Yuk baca ulasan berikut ini tentang manfaat tape singkong untuk kesehatan tubuh.

Kandungan dalam tape singkong

kalori dan kandungan tape singkong

Tape singkong berasal dari singkong yang difermentasi menggunakan ragi yang menjadi bahan utama pembuatan tape.

Ragi mengandung mikroorganisme yang dapat mengubah karbohidrat (pati) menjadi gula sederhana (glukosa), yang kemudian diubah menjadi alkohol. Kandungan ragi dalam 100 gram (gr), yaitu:

  • 43 gram protein
  • 3 gram karbohidrat
  • 140 gram kalsium
  • 10 gram air
  • 136 kkal kalori

Sementara itu, setelah difermentasi, tape singkong mengandung:

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Tiamin
  • Vitamin B12
  • Vitamin A
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein

Manfaat tape singkong

manfaat tape singkong

Tape yang berasal dari singkong kuning lebih tinggi vitamin A dibandingkan singkong putih. Biasanya tape singkong dijadikan olahan minuman es, seperti es doger, es campur, dan sejenisnya. Selain rasanya yang nikmat, tape memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, lho.

1. Membantu tubuh lebih berenergi

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Mengonsumsi tape bisa sama dengan mengonsumsi nasi atau jenis karbohidrat lainnya.

Karbohidrat ini akan menjadi sumber energi yang sangat potensial bagi tubuh dan membantu pemecahan protein sehingga tubuh menjadi lebih berenergi dan bugar.

2. Sebagai obat jerawat

Tape ternyata juga bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk jerawat, lho! Tape dapat membantu tubuh menetralisir racun yang menumpuk di permukaan pori-pori kulit.

Pori-pori yang banyak mengandung kotoran dan racun akan meningkatkan potensi timbulnya jerawat. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, kamu bisa mengganti menu jajanan dengan tape.

3. Sumber probiotik

Manfaat tape singkong selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai probiotik. Proses fermentasi yang melibatkan berbagai jenis mikroorganisme sangat baik untuk menghasilkan cairan probiotik.

Kandungan air yang biasa terdapat pada tape singkong bisa menjadi zat yang sangat ampuh untuk melawan bakteri jahat di saluran pencernaan. Selain itu, tape juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah racun.

4. Meningkatkan fungsi sistem saraf dan otot

Saat proses fermentasi tape, berbagai proses kimia akan terjadi dengan cepat. Tanpa disadari, ternyata proses fermentasi juga meningkatkan produksi tiamin yang berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf dan otot.

5. Mencegah anemia

Tape juga sangat berguna untuk mencegah anemia pada wanita. Penyakit ini disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah, yang menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan kurang bertenaga.

Selama proses fermentasi tape, terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang meningkatkan produksi vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk mendukung produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

Berapa kalori keripik singkong? Cek Di Sini Supaya Diet Tetap Aman!

Bolehkah ibu hamil makan tape singkong?

Mengonsumsi tape singkong selama masa kehamilan sebenarnya tidak dilarang. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsi dalam jumlah banyak. Ada baiknya sebelum mengkonsumsi tape, kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, kandungan alkohol dalam tape bisa berbahaya bagi janin dalam kandungan.

Tape hampir sama dengan durian. Keduanya mengandung alkohol yang tinggi, terutama jika difermentasi dalam waktu lama, semakin tinggi alkoholnya.

Tips mengonsumsi tape singkong supaya tidak berbahaya

Untuk bisa mendapatkan manfaat tape singkong dengan maksimal pastikan kamu tidak makan secara berlebihan. Jika kamu terlalu banyak makan tape singkong hal ini malah dapat menyebabkan perut mudah bergas dan kembung.

Akibatnya, perut dapat terasa tidak nyaman. Selain itu, tape singkong juga mengandung alkohol ringan. Meski begitu, jika dikonsumsi terlalu banyak justru akan menurunkan kesehatan tubuh.

Batas paling banyak konsumsi tape singkong dalam sehari adalah 50 gram. Batasan ini memang bisa menimbulkan reaksi yang berbeda bagi setiap orang.Jika perut kamu sudah, sebaiknya berhenti atau mengurangi porsinya saja.

Hal penting yang perlu diingat adalah tape singkong sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak-anak atau remaja yang mengalami gangguan kekebalan tubuh. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi tape singkong.

Share artikel ini
Reference