manfaat daun sirih cina untuk wajah

Apakah kamu pernah mendapati tanaman sirih cina tumbuh liar di sekitar rumah? Tanaman ini memang sering disebut dengan tanaman liar serta dipandang sebelah mata, padahal ada banyak manfaatnya, termasuk manfaat daun sirih cina untuk wajah. 

Manfaat daun sirih cina untuk wajah bahkan dapat hampir sama seperti amanat skincare wajah yang berharga mahal asalkan dapat digunakan sesuai dengan dosis dan penggunaanya dengan benar.

Ingin tau seperti apa kandungan dalam sirih cina dan seberapa besar manfaatnya? Yuk simak di ulasan kali ini!

Kandungnan daun sirih cina

Manfaat daun sirih cina untuk wajah rupanya cukup besar seperti kandungan bermanfaat yang ada di dalam daun berbentuk unik ini.

Sirih cina sering disebut dengan daun ketumpang dan mempunya nama ilmiah peperomia pellucida. Sirih cina merupakan jenis tanaman liar yang tumbuh dengan tinggi mencapai 15-45 cm. 

Sirih cina jika di perhatikan lebih teliti lagi ternyata mirip dengan sayur bayam, dengan daun mengkilap bersih dan berbentuk hati. Sirih cina dikelilingi dengan biji kecil dan punya kandungan bermanfaat dalam setiap 100 gramnya berapa:

  • 277 mg kalium
  • 0,5 gr protein
  • 1,1 gr karbohidrat
  • 0,5 gr lemak
  • 13 mg fosfor
  • 94 mg kalsium
  • 4,3 zat besi
  • 1250 mg beta karoten
  • 2 mg asam karbonat

Dengan kandungan dan nutrisi yang cukup banyak, sirih cina memang kerap dimanfaatkan sebagai sumber pangan makanan seperti sayuran berkuah hingga tumisan.

Beberapa manfaat aktif dalam sirih cina dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan jika dimanfaatkan sebagai obat. Penasaran apa saja?

5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita yang Bisa Kamu Coba

Manfaat daun sirih cina untuk wajah

Manfaat khusus yang bisa didapatkan dari sirih cina adalah sebagai obat herbal untuk diabetes, gangguan pada sistem kemih, sistem pencernaan, anti peradangan, pengobatan kanker dan masih banyak lagi.

Selain itu ada manfaat daun sirih cina untuk wajah, yaitu:

1. Menghaluskan kulit

Daun sirih cina yang dimanfaat untuk kesehatan kulit nyatanya dapat membantu kulit wajah menjadi lebih halus. Kulit yang kasar dan kering dapat dihilangkan dengan memanfaatkan masker sirih cina secara rutin.

2. Menghilangkan jerawat

Bagi kamu yang sering bermasalah dengan jerawat, masker sirih cina dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan menghambat pertumbuhan jerawat yang sering timbul pada wajah.

Kotoran dan sel kulit mati akan terangkat dengan penggunaan masker wajah berupa tumbukan halus sirih cina secara rutin.

3. Mengecilkan pori-pori

Manfaat daun sirih cina untuk wajah selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Pori-pori besar seringkali menjadi penyebab kan kotoran menumpuk dan juga minyak berlebihan.

Hal tersebut dapat menyebabkan jerawat tumbuh semakin banyak dan wajah menjadi lebih kusam. Kelenjar minyak dapat dikecilkan dengan masker sirih cina yang dipakai secara rutin dan teratur.

4. Memudarkan bintik hitam

Wajah yang sering terkena paparan sinar matahari, gen atau produk skincare yang kurang tepat akan menyebabkan bintik atau flek hitam muncul pada wajah.

Hal ini tentu dapat membuat penampilan tak sempurna. Gunakan masker sirih cina yang dihasilkan dan aplikasikan pada wajah selama 10 menit secara rutin.

Manfaat Daun Jati Cina untuk Diet, Yuk Simak dan Hindari Efek Sampingnya!

5. Menghilangkan komedo

Rebusan daun sirih cina ternyata dapat membantu menghilangkan komedo jika dilakukan secara rutin untuk membasuh wajah. Komedo seringkali mengganggu dan menyebabkan wajah menjadi kurang cerah dan sehat.

6. Mencerahkan wajah

Manfaat daun sirih cina juga mampu mencerahkan wajah. Wajah yang kusam didapat dari kulit yang kusam kering hingga gelap. Kepercayaan diri bisa menurun dari wajah yang kurang cerah ini.

Rebusan sirih cina diketahui dapat mencerahkan wajah jika dipakai untuk membersihkan wajah secara rutin.

7. Menghilangkan mata panda

Area di bawah mata yang kerap sangat mengganggu penampilan akibat kurang tidur atau stress. Sirih cina yang ditempelkan pada area bawah mata diketahui dapat membantu menghilangkan lingkaran pada bawah mata yang cenderung gelap dan dapat mencerahkannya dengan segera.

8. Mengatasi bisul pada wajah

Bisul pada wajah kerap muncul saat ada peradangan pada folikel rambut yang dipicu oleh infeksi bakteri. Bisul wajah terkadang menyebabkan rasa nyeri hingga tak nyaman.

Untuk mengatasinya, sirih cina dengan manfaat anti inflamasi dapat bermanfaat sebagai anti bakteri dan mengempiskan bisul pada wajah.

Cukup rebus sirih cina dan gunakan air rebusan untuk dioleskan pada area wajah yang ditumbuhi bisul. Bisul pada wajah akan mengempes dengan sendirinya.

Cara Mengobati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih, Terbukti Ampuh!

Cara menggunakan daun sirih cina untuk wajah

Manfaat Daun Sirih bagi Wanita

Selain itu, ternyata manfaat sirih cina juga tak kalah untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri, bersifat sebagai antidepresan, meredakan berbagai gejala arthritis, membantu asam urat lebih stabil, menjaga kesehatan pencernaan khususnya usus, mempunyai sifat antijamur, mencegah sel kanker menyebar hingga menurunkan kolesterol.

Penyajian dari sirih cina sendiri dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dengan cara:

  • Meminum ekstrak sirih cina yang banyak dijual dalam bentuk bubuk atau kering
  • Mengolah sirih cina sebagai lauk untuk makanan.
  • Menyeduh teh sirih cina untuk dijadikan teh herbal

Disamping berbagai manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan, sirih cina ini masih dalam penelitian lebih lanjut sehingga kamu perlu waspada dan berhati-hati jika mengolahkan tanaman herbal ini sendiri.

Jika ada reaksi alergi atau efek samping dari sirih cina, jangan segan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan penanganan yang tepat, ya!

Share artikel ini
Reference