cara mengatasi benjolan di leher dengan daun sirih

Munculnya benjolan di leher memang kerap mengkhawatirkan, apalagi jika ukurannya besar dan adanya nyeri saat disentuh.

Pada banyak kasus, benjolan di leher bersifat jinak (bukan kanker) sehingga tidak berbahaya. Namun, ada juga kasus benjolan di leher yang disebabkan oleh infeksi atau kanker. Sehingga, tentu saja hal ini perlu ditangani dengan cepat.

Nah, untuk membantu kamu memahami kondisi ini, yuk kita lihat dulu berbagai penyebab pembengkakan leher dan cara mengobatinya dengan daun sirih!

Penyebab benjolan di leher

penyebab benjolan di leher

Ada banyak penyebab munculnya benjolan di leher. Yuk, kita bahas beberapa di antaranya!

1. Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid dalam tubuh berfungsi untuk mengatur metabolisme. Kelenjar ini terletak di bagian depan leher.

Kelenjar ini bisa mengalami pembengkakan yang ditandai dengan munculnya benjolan yang tidak nyeri di leher.

Meski bukan tumor atau kanker, pembengkakan yang terlalu besar bisa membuat penderitanya kesulitan bernapas atau menelan.

Kondisi ini dapat terjadi karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid) atau kurang aktif (hipotiroid) dalam memproduksi hormon tiroid.

Kanker Tiroid: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

2. Penebalan kulit

Benjolan di leher bagian belakang bisa disebabkan oleh penebalan kulit. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian bawah atau bagian atas jaringan kulit.

Sebagian besar benjolan ini tidak bersifat kanker dan tidak menimbulkan gejala khusus. Namun, kondisi ini terkadang bisa berubah menjadi kanker.

Ada beberapa gejala yang harus diwaspadai, seperti perubahan ukuran benjolan, warna, adanya perdarahan, dan sebagainya.

Benjolan di Mulut Rahim, Berbahaya atau Tidak?

3. Kelenjar ludah membesar

Kelenjar ludah menghasilkan air liur yang membantu dalam pencernaan makanan sehingga mudah masuk ke dalam saluran pencernaan.

Terkadang kelenjar ludah bisa membengkak karena berbagai sebab, mulai dari infeksi, tumor, atau kondisi medis lainnya.

Kelenjar ludah yang membesar dapat menyebabkan benjolan di leher kanan atau kiri. Temui dokter untuk diagnosis dan pengobatan lebih lanjut.

4. Gondongan

Gondongan atau parotitis disebabkan oleh infeksi virus yang menyebar ke kelenjar ludah parotis.

Pembengkakan leher akibat gondongan akan muncul di bagian kiri atau kanan leher. Benjolan ini biasanya hangat dan bahkan nyeri saat disentuh.

Gondongan juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti demam, lemas, sakit telinga, sakit kepala, yang semakin parah saat penderitanya mengunyah atau berbicara.

Pengobatan untuk infeksi ini dilakukan hanya untuk membantu meringankan gejalanya saja. Infeksi biasanya hilang dan gejalanya mereda setelah 5 sampai 7 hari.

Moms, Ini 5 Cara Pengobatan Gondongan pada Anak

5. Kanker getah bening

Benjolan di leher juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker. Kondisi ini juga dikenal sebagai limfoma.

Limfoma secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin, masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri.

Namun, selain kanker getah bening, ada jenis kanker lain yang juga dapat menyebabkan benjolan di leher, seperti kanker orofaringeal, kanker tiroid, dan kanker kelenjar ludah.

6. Bisul

Tidak semua penyebab benjolan di leher disebabkan oleh kondisi medis yang serius. Penyebabnya mungkin bisul yang terjadi ketika folikel rambut atau kelenjar minyak terinfeksi.

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh bakteri stafilokokus, ditandai dengan benjolan kecil bertekstur lembut dan kemerahan pada kulit di sekitarnya.

Namun, tidak seperti kebanyakan infeksi lainnya, antibiotik saja tidak cukup untuk menyembuhkan bisul. Bisul biasanya perlu dibuka dan dikeringkan hingga pecah sendirinya.

Cara Mengobati Bisul Dengan Bawang Putih Yang Benar

7. HIV

HIV juga menjadi penyebab benjolan di leher yang perlu mendapat perhatian. Benjolan disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain di leher, pembengkakan kelenjar getah bening bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak dan selangkangan.

Pembengkakan ini mungkin muncul beberapa hari setelah terinfeksi HIV. Namun, orang yang terinfeksi virus HIV mungkin tidak mengalami gejala selama bertahun-tahun. 

8. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel dan jaringan sehat saat melawan bakteri, virus, dan parasit penyebab infeksi dan sel kanker.

Faktanya, ada beberapa penyakit autoimun yang menyebabkan benjolan di leher, seperti rheumatoid arthritis dan lupus. Silakan konsultasikan penyakit ini ke dokter ya!

Kaheksia: Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Apakah daun sirih dapat mengobati benjolan di leher?

Manfaat Daun Sirih bagi Wanita

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa daun sirih, baik direbus atau dijadikan ramuan, dapat membantu mengobati benjolan di leher. Beberapa temuan menunjukkan hal ini terbukti ampuh untuk beberapa penyebab.

Namun, sebelum mengonsumsi air rebusan daun sirih, kamu disarankan untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter bedah untuk mengetahui penyebab benjolan di leher.

Daun sirih memang merupakan salah satu obat herbal yang digunakan untuk berbagai penyakit. Dalam setiap 100 gram daun sirih mengandung vitamin B1 (13 –70 mcg/100 g), vitamin B2 dalam jumlah sedang (1,9-30 mcg/100 g), dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/100 g).

Selain itu, daun sirih juga mengandung chavicol, beterphenol, eugenol, terpene dan camphenes.

Kandungan kimia ini memiliki khasiat obat dan dapat membantu mengobati berbagai penyakit dan gangguan, seperti benjolan di leher, kolesterol, dan sebagainya.

Cara Membersihkan Daerah Kewanitaan dengan Daun Sirih Yang Aman

Cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih 

Salah satu cara mengonsumsi daun sirih adalah dengan merebusnya dalam air hingga mendidih. Jumlah daun sirih yang direbus adalah 3-4 lembar.

Saat air rebusan daun sirih sudah mendidih, rebusan tersebut disaring terlebih dahulu dan dituang ke dalam gelas. Untuk hasil yang maksimal, ulangi proses perawatan ini dua kali sehari.

Nah, itu dia beberapa fakta tentang penyebab benjolan di leher dan cara mengobatinya dengan daun sirih. Kira-kira kamu mau mencobanya jika mengalami gangguan ini?

Share artikel ini
Reference