Bulus diklaim memiliki banyak efek positif bagi kulit dan wajah. Maka, tidak heran jika banyak orang telah mengolahnya menjadi cairan oral, kapsul padat, atau produk topikal. Minyak bulus mengandung banyak asam lemak jenuh dan tak jenuh.

Minyak bulus sudah lama digunakan untuk kecantikan dan perawatan kulit. Kandungannya sangat bermanfaat untuk pria dan wanita. Namun, untuk menghasilkan minyak ini, ternyata diperlukan waktu yang lama. Lantas, apa saja manfaat minyak bulus untuk kulit dan wajah?

Apa itu minyak bulus?

Minyak bulus adalah minyak hewani yang diekstraksi dengan cara dipanaskan di bawah sinar matahari selama 30 hari, kemudian dimurnikan serta distabilkan agar baunya tidak menjadi tengik.

Kebanyakan minyak bulus berwarna gelap dan memiliki bau yang cukup kuat. Sebagian besar minyak ini bermanfaat untuk kulit dan wajah. Minyak bulus dapat ditemukan dalam bentuk kapsul padat atau cair.

Ada juga yang tersedia dalam produk topikal. Minyak yang asli tanpa campuran biasanya gampang menggumpal jika didiamkan selama lebih dari satu minggu.

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak bulus untuk wajah dan kulit

Ada beberapa manfaat minyak bulus untuk wajah dan kulit. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Melindungi dari sinar ultraviolet

tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Manfaat minyak bulus yang pertama adalah melindungi dari sinar ultraviolet. Minyak bulus memiliki sifat anti inflamasi dan analgesik. Minyak bulus bisa digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi matahari. 

Mengatasi luka

Dari percobaan yang dilakukan pada sampel berupa tikus, minyak bulus memiliki efek anti inflamasi yang bisa bertahan lebih dari 5 jam.

Efek ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai reaksi inflamasi pada kulit, termasuk luka. Penggunaan minyak bulus bisa mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi pembentukan bekas luka. 

Mengatasi bisul

Bisul pada bagian tubuh tertentu mungkin dapat sangat mengganggu. Nah, salah satu manfaat minyak bulus lainnya adalah untuk mengatasi bisul. Minyak bulus ini memiliki kekuatan analgesik yang dapat digunakan untuk mengatasi bisul.

Mencerahkan kulit wajah dan tubuh

Puasa skincare

Ingin kulit wajah lebih cerah? Minyak bulus bisa jadi solusinya. Minyak bulus juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah maupun tubuh, mengencangkan kulit dan menjadikannya lebih awet muda.

Mengobati jerawat

Kamu bisa mengoleskan minyak ini pada area kulit yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud. Minyak ini diklaim mampu mengobati jerawat dan gatal pada kulit. Pakailah setiap malam sampai kulit wajah kembali bersih.

Baca juga: 5 Face Oil untuk Kulit Berminyak, Jangan Salah Pilih! 

Menghilangkan sel kulit mati

Sabun yang terbuat dari minyak bulus dipercaya mampu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Dengan begitu, kulit akan tampak segar.

Melembapkan kulit

Minyak bulus merupakan minyak pelembap kulit yang efektif. Minyak ini mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan dan melindungi kulit dari polutan.

Memudarkan bekas luka

Manfaat minyak bulus lainnya yaitu untuk mengatasi kerusakan pada kulit agar kembali normal. Jika minyak ini diaplikasikan pada kulit secara rutin, bekas luka akan cepat memudar.

Baca juga: 5+ Manfaat Minyak Cendana, Efektif Atasi Cemas

Berapa lama pemakaian minyak bulus untuk wanita?

Sebelum memakai minyak ini, cuci kulit atau wajah dengan air bersih. Kemudian, keringkan dengan handuk, baru oleskan minyaknya. Tunggu sampai 10 menit lalu bilas sampai bersih.

Penggunaan minyak bulus ini cukup lama karena hasilnya lebih lama terlihat dibandingkan obat kimia lainnya. Sebab, minyak ini terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan kimia.

Berbeda dengan produk yang mengandung bahan kimia, biasanya hasilnya dapat terlihat dengan cepat namun hanya dalam jangka pendek.

Cara membuat minyak bulus

Minyak bulus disiapkan dengan cara merebus lemak dari organ dalam bulus dengan suhu 110 sampai 115 derajat celcius di bawah tekanan normal sampai meleleh.

Kemudian, dilakukan penyaringan untuk menghilangkan residu minyaknya. Selain itu, minyak bulus akan dihilangkan baunya di bawah vakum selama 60 menit.

Efek samping dari minyak bulus untuk wanita

Seseorang mungkin akan mengalami reaksi alergi terhadap minyak bulus, baik yang digunakan secara oral maupun eksternal. Berdasarkan situs Healthfully, tanda-tanda reaksi alergi yang serius bisa mencakup kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah dan tenggorokan, gatal-gatal, dan ruam kulit. Jika kamu merasakan adanya reaksi alergi terhadap minyak bulus, segera cari bantuan medis.

Itulah pembahasan mengenai minyak bulus. Minyak ini memiliki banyak manfaat bagi wajah dan kulit. Mulai dari mengatasi jerawat hingga mengencangkan kulit. Namun, minyak ini perlu digunakan secara rutin karena efeknya tidak dapat diperoleh secara instan. 

Share artikel ini
Reference