kalori udang

Siapa nih yang menjadikan udang sebagai makanan favoritnya? Selain enak, udang juga kaya nutrisi yang baik untuk tubuh. Apalagi, udang juga mudah diolah menjadi berbagai makanan lezat. Tapi, berapa ya kalori udang? Yuk, ketahui jawabannya pada ulasan berikut ini. 

Berapa kalori udang?

Kalori udang dalam setiap 3 ons (85 gram) udang adalah 84,2 kalori. Selain mengandung kalori, udang juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti:

  • Protein: 20,4 g
  • Besi: 0,433 mg
  • Fosfor: 201 mg
  • Kalium: 220 mg
  • Seng: 1,39 mg
  • Magnesium: 33,2 mg
  • Natrium: 94,4 mg

Selain itu, udang juga mengandung yodium terbaik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan yodium tubuh, terutama pada orang dengan kondisi kekurangan yodium.

Ini Kalori Dada Ayam Goreng Dan Manfaatnya Untuk Diet!

Manfaat makan udang

Selain mengetahui kalori udang, kamu juga perlu mengetahui sejumlah manfaat mengkonsumsi udang. Berikut sejumlah manfaatnya:

Manfaat diet protein
Manfaat diet protein

1. Sumber protein yang baik

Dalam setiap 3 ons udang memiliki 20 gram protein. Protein dalam udang tersebut dapat membantu membuat perut kenyang lebih lama sehingga baik untuk kamu yang sedang menurunkan atau menjaga mengatur berat badan.

2. Sumber mineral yang bermanfaat

Udang memiliki kandungan yodium, seng, fosfor, dan magnesium yang penting untuk kesehatan. Kandungan seng dalam udang sendiri dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Sedangkan, kandungan magnesium berguna untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan tulang.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Udang memiliki  asam eicosapentaenoic (EPA) anti-inflamasi dan asam docosahexaenoic (DHA), keduanya merupakan asam lemak omega-3. Kandungan yang satu ini diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

4. Dapat meningkatkan kesehatan kognitif

Udang mengandung astaxanthin yakni antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan tersebut juga berpotensi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

5. Bermanfaat untuk kehamilan

Mengkonsumsi udang atau makanan laut selama masa kehamilan baik untuk janin. Makanan laut seperti udang dapat membantu perkembangan neurokognitif bayi. 

Udang sendiri termasuk dalam makanan laut yang baik untuk ibu yang promil, sedang hamil hingga untuk ibu menyusui. 

Deretan Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil Trimester Pertama

6. Baik untuk penyakit tiroid

Satu lagi manfaat mengkonsumsi udang yang bisa diperoleh tubuh. Pasalnya, udang menjadi makanan sehat yang mengandung yodium dan selenium. Kedua mineral tersebut baik untuk orang dengan penyakit tiroid. Pasalnya, keduanya dapat membantu fungsi tiroid agar bekerja dengan normal. 

Efek samping makan udang

makanan untuk penderita radang tenggorokan

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, namun mengkonsumsi udang juga tidak boleh berlebihan. Mengkonsumsi udang berlebih dapat menimbulkan sejumlah efek samping seperti:

1. Menaikkan kadar kolesterol tubuh

Udang memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Bahkan mengkonsumsi udang sekitar 99 gram dapat memasok sekitar 200 miligram total kolesterol dalam tubuh. 

Padahal, U.S Department of Agriculture telah menyarankan untuk mendapatkan kolestrol tidak lebih dari 300 mg total kolesterol per hari bagi orang dalam kondisi sehat.

Perlu diketahui kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah yang lebih tinggi. Ini sebabnya mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh menjadi hal yang penting.

2. Meningkatkan risiko kanker payudara

Udang yang kamu konsumsi bisa jadi adalah produk ekspor yang harus melalui proses pengiriman. Udang seperti ini biasanya menggunakan bahan pengawet tertentu seperti 4-heksilresorsinol. Ini merupakan zat yang umumnya digunakan untuk mencegah perubahan warna udang. Mengkonsumsi pengawet seperti ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan risiko kanker payudara.

14 Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Payudara, Waspadai Gejalanya Ladies!

3. Memicu tekanan darah tinggi

Udang memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Bahkan, dalam setiap 100 gram udang memiliki kandungan natrium hingga 180-200 miligram. 

Jumlah kandungan natrium akan semakin tinggi jika kamu mengolah udang dengan tambahan garam. Terlalu banyak mengkonsumsi natrium dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk darah tinggi, penyakit jantung, hingga osteoporosis.

Itulah sejumlah ulasan mengenai kalori udang, manfaat hingga efek samping mengkonsumsi udang berlebihan. Untuk hindari berbagai efek tersebut, pastikan mengkonsumsi udang secukupnya. Selain itu, beberapa orang memiliki alergi udang sehingga perlu menghindari mengkonsumsi makanan ini supaya alergi tidak kambuh. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference