manfaat buah naga

Ada banyak manfaat buah naga untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Selain rasanya yang manis dan segar, buah ini dapat membantu memelihara kesehatan tubuh secara efektif.

Buah ini memiliki bentuk yang unik, daging buahnya bisa berwarna merah muda atau putih.

Buah naga merupakan buah tropis yang dikenal karena kulitnya yang merah cerah dan daging buahnya yang manis berbintik-bintik. Sejak tahun 2000 an, buah ini semakin populer di kalangan pecinta kuliner dan penggiat kesehatan.

Kandungan buah naga

Buah naga memiliki kandungan rendah kalori serta kaya akan vitamin dan mineral penting. Kandungan seratnya pun tidak kalah banyak. Berikut adalah ikhtisar nutrisi utama dalam satu porsi buah naga (227 gram):

  • Kalori: 136
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% 
  • Magnesium: 18% 
  • Vitamin C: 9% 
  • Vitamin E: 4% 

Selain nutrisi penting, buah naga juga mengandung senyawa yang bermanfaat seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

Apa manfaat buah naga untuk kesehatan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Mengonsumsi buah naga dalam jumlah yang cukup, dapat membantu kamu menjaga kesehatan dan terhindar dari beberapa penyakit berat seperti kanker. Berikut adalah manfaat buah naga untuk kesehatan:

1. Terhindar dari kanker dan penuaan dini

Kandungan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin dalam buah naga, dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas atau molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

2. Mengenyangkan perut lebih lama

Buah naga adalah buah yang bebas lemak dan tinggi serat. Sehingga menjadi camilan yang cocok untuk diet karena membantu kamu kenyang lebih lama.

3. Menurunkan gula darah

Para peneliti mengatakan buah unik ini menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang memproduksi insulin, yaitu hormon yang membantu tubuh memecah gula. Tapi penelitian itu dilakukan pada tikus, bukan manusia. Tidak jelas berapa banyak buah naga yang harus dimakan untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Menjaga kesehatan usus

Memiliki lebih banyak prebiotik dalam tubuh dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Pada usus, bakteri tersebut dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan dengan baik.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan, sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Kamu akan terhindar dari flu saat cuaca buruk, atau kebal terhadap penularan penyakit.

6. Meningkatkan kadar zat besi 

Zat besi penting untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan memberi energi. Beruntungnya, buah naga mengandung zat besi yang kaya. Tidak hanya itu, vitamin C dalam buah naga membantu tubuh penyerapan zat besi.

Efek samping dari buah naga

cara agar tidak mudah jatuh cinta

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk mengonsumsi buah naga berlebih. ada beberapa efek samping buah naga yang mungkin bisa menyerang tubuhmu. Berikut beberapa efek samping tersebut:

1. Terlalu banyak serat tidak baik untuk perut

Meskipun serat makanan sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, namun kelebihan asupan serat ternyata berdampak buruk bagi perut. Hal ini dapat menimbulkan masalah seperti penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gas usus, penyumbatan usus, sakit perut, dan perut kembung, dll.

2. Terlalu banyak antioksidan itu kurang baik

Antioksidan akan menargetkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada tubuh. Namun, ketika antioksidan dalam jumlah berlebihan dan tidak ada cukup radikal bebas, maka mereka juga mulai menyerang sel-sel sehat sehingga dapat menimbulkan masalah baru bagi tubuh.

3. Mengembangkan reaksi alergi pada beberapa orang

Tidak semua dari kita dapat menikmati manfaat buah naga. Beberapa individu mungkin alergi terhadap buah naga dan mereka harus menghindarinya. Reaksi alergi yang ditimbulkan biasanya seperti bibir dan lidah bengkak, tenggorokan gatal, rasa terbakar di tenggorokan, dan lainnya.

Meski terdapat beberapa efek samping yang menyebabkan masalah kesehatan, buah naga tetap menjadi buah yang kaya akan manfaat. Untuk menghindari masalah tersebut, kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Share artikel ini
Reference