cara menghilangkan freckles

Meski tidak bisa hilang dengan mudah, kamu bisa melakukan cara menghilangkan freckles dengan beberapa perawatan kulit

Saat ini sudah banyak yang penggiat kecantikan yang menormalisasi freckles, tapi mungkin kamu merasa tidak percaya diri dan ingin menghilangkannya.

Freckles adalah

Freckles adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang warnanya bervariasi dari merah hingga coklat. Mereka biasanya terlihat di area yang terkena sinar matahari seperti wajah, leher, punggung, dada bagian atas, tangan dan lengan. 

Freckles sangat beresiko muncul saat musim panas karena terik matahari yang menyengat. Siapapun dapat terkena freckles baik itu orang dengan kulit terang maupun gelap.  

Jenis freckles

Meskipun sekilas terlihat sama saja, ternyata freckles memiliki jenis tertentu. Ada dua jenis freckles, yaitu:

Ada dua jenis freckles: ephelides dan solar lentigines.

1. Ephelides

Ephelides adalah freckles yang umum dialami orang-orang, biasanya berwarna merah atau kecoklatan. Orang dengan warna rambut dan warna kulit yang lebih terang lebih rentan terhadap ephelides. 

Ephelides cenderung pertama kali muncul pada anak kecil yang terkena sinar matahari. Freckles ini terus berkembang menjadi dewasa muda dan cenderung memudar seiring bertambahnya usia.

2. Solar lentigines

Jenis freckles ini berwarna kuning, merah, coklat, hingga bercak gelap pada kulit. Mereka juga disebut actinic lentigines, bintik-bintik hati, atau bintik-bintik penuaan, karena biasanya berkembang pada orang dewasa di atas usia 40 tahun. 

Tanda-tanda dan gejala freckles

Freckles dapat terlihat sama seperti bercak atau bintik lain yang muncul pada kulit, misalnya tanda lahir, bercak penuaan, atau bercak karena tanda dari penyakit tertentu. Agar kamu tidak bingung membedakannya, berikut tanda-tanda freckles yang bisa kamu amati:

  • Bintik datar dan dapat muncul di area yang luas dalam jumlah banyak
  • Disebabkan oleh gen dan paparan sinar matahari
  • Dapat muncul pertama kali pada usia 2-3 tahun
  • Muncul di area kulit yang terpapar sinar matahari; wajah, leher, dada, lengan, punggung
  • Bentuknya tidak beraturan dengan tepi yang jelas
  • Berwarna coklat atau merah
  • Berukuran 1-2 mm atau lebih besar
  • Dapat memudar saat musim panas selesai

Cara menghilangkan freckles

Tidak perlu panik jika tiba-tiba kamu memiliki freckles di kulit, karena freckles masih bisa dihilangkan meskipun tidak mudah. Berikut beberapa cara menghilangkan freckles yang bisa kamu lakukan.

1. Perawatan laser

Perawatan laser menggunakan cahaya yang terfokus dan intens untuk menargetkan area kulit yang rusak. Hasil studi menunjukkan perawatan dengan laser ini meringankan lebih dari 50 persen bintik-bintik pada 62% orang dengan freckles.

2. Krim pemudar topikal

Krim pemudar juga disebut krim pemutih, kamu bisa mendapatkannya dengan resep dokter atau membeli di toko kecantikan. Banyak krim pemudar yang mengandung hydroquinone, yaitu bahan yang dianggap dapat menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

3. Krim retinoid topikal

Krim retinoid adalah senyawa vitamin A, digunakan untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari dan memudarkan freckles. Perawatan ini juga dapat membantu mencegah pembentukan freckles yang baru.

4. Chemical Peeling

Chemical Peeling atau Pengelupasan kimia, merupakan proses pengelupasan kulit yang rusak menggunakan bahan kimia seperti krim atau serum. Kimia yang digunakan biasanya asam glikolat atau asam trikloroasetat, yang dapat menembus lapisan tengah kulit. Setelah kulit yang rusak terkelupas, kulit baru akan terbentuk.

Menurut American Society for Dermatologic Surgery, pengelupasan kulit sedang membutuhkan waktu hingga dua minggu untuk sembuh. Kamu harus menghidrasi kulit setiap hari dan mengoleskan salep topikal. 

5. Obat alami

Ada beberapa solusi alami yang digunakan orang untuk menghilangkan freckles, namun belum terbukti secara ilmiah. Meski begitu, cara ini tidak mungkin menyebabkan kerusakan bila digunakan dalam jumlah wajar.

Obat alami tersebut yaitu:

  • Jus lemon: Oleskan jus lemon langsung ke kulit dengan bola kapas, lalu bilas. 
  • Madu: Campurkan madu dengan garam atau gula untuk membuat scrub. Madu dapat membantu meringankan pigmentasi.
  • Buttermilk: Oleskan buttermilk langsung ke kulit dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Buttermilk memiliki asam laktat, yang berpotensi membantu meringankan bintik-bintik Anda.
  • Yogurt: Oleskan yogurt langsung ke kulit dan biarkan selama beberapa menit. Yogurt juga mengandung asam laktat.

Faktor dan risiko freckles

Faktor dan risiko yang menyebabkan freckles yaitu genetik dan paparan sinar matahari. Berikut penjelasannya:

  • Genetik

Genetika memainkan peran utama dalam menentukan siapa yang lebih mungkin terkena freckles berdasarkan jenis melanin yang diproduksi tubuh mereka. Tubuh dapat memproduksi dua jenis melanin yaitu pheomelanin dan eumelanin. Eumelanin melindungi kulit dari sinar UV, tetapi pheomelanin tidak.

  • Paparan sinar matahari

Sel-sel kulit seseorang menghasilkan melanin ekstra untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Inilah sebabnya mengapa bintik-bintik cenderung muncul setelah paparan sinar matahari.

Freckles muncul sebagai bentuk dari perlindungan kulit. Kamu bisa mencegah freckles muncul lebih banyak dengan menggunakan krim tabir surya atau sunscreen. Hati-hati saat melakukan perawatan kulit penghilang freckles, karena bisa saja kamu terkena efek samping yang buruk.

Share artikel ini
Reference