makanan yang menaikkan trombosit

Pernahkah kamu mengalami memar tanpa sebab, gusi yang mengalami pendarahan hingga tubuh lelah tanpa alasan? Bisa jadi trombosit kamu sedang turun, lho.

Trombositopenia (orang yang mengalami trombosit rendah) merupakan kondisi saat seseorang mengalami penurunan trombosit.

Untuk menaikkan kembali jumlah trombosit, terdapat beberapa makanan yang menaikkan trombosit sehingga jumlahnya dapat stabil. Dengan makanan, kamu akan cenderung lebih aman karena dapat menaikkan dengan cara alami dan aman. Apa saja jenis makanannya?

Kenali apa itu trombosit?

Trombosit adalah sel darah yang mempunyai fungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Trombosit merupakan salah satu unsur darah dalam sistem peredaran darah manusia.

Menjaga kadar trombosit normal berarti dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan dan risiko terhadap penyakit. Jumlah trombosit juga dapat menjadi deteksi dini jika terdapat penyakit  penggumpalan darah sehingga penting untuk menjaga kestabilan jumlah trombosit.

Dalam darah manusia terdapat 2 unsur, yaitu:

  • Plasma darah/cairan darah
  • Sel darah, yang berupa eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih) dan trombosit (keping darah)

Darah akan berfungsi untuk menyatukan zat dan oksigen ke jaringan tubuh, membawa hasil metabolisme dan menjadi sistem pertahanan tubuh dalam melawan bakteri dna virus berbahaya. 

Peran trombosit dalam sel darah yaitu membantu pembekuan darah normal atau koagulasi. Proses ini akan membantu pembekuan darah, membentuk gumpalan atau bekuan darah dan menutup.

memulihkan luka hingga dapat menghentikan pendarahan jika terjadi luka di tubuh. Jika jumlahnya berkurang, maka penyembuhan luka menjadi kurang optimal dan mengalami gangguan.

Baca juga: Waspada Virus Zika! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya!

Tanda trombosit dalam tubuh rendah

Tanda saat tubuh mengalami trombosit rendah antara lain:

  • Gusi berdarah
  • Mimisan
  • Perdarahan sulit berhenti
  • Perdarahan pada bagian rektum
  • Memar pada kulit dan terdapat kemerahan, coklat dan ungu.
  • Muncul ruam dengan titik kecil berwarna ungu atau merah, umumnya muncul di kaki bawah
  • Pembengkakan limpa
  • Kulit dan mata kuning (jaundice)

Penyebab trombosit dapat menurun

Kondisi yang dapat menyebabkan trombosit rendah antara lain:

  • Penyalahgunaan alkohol
  • Infeksi
  • Leukemia
  • Pembesaran limpa
  • Penyakit limpa
  • Penyakit autoimun
  • Obat-obatan tertentu
  • Perawatan kanker
  • Gangguan hati

Normalnya manusia memiliki trombosit 150.000-450.000 per mikroliter. Pemeriksaan trombosit rendah dapat dilakukan dengan tes di rumah sakit.

Jika menunjukan trombosit rendah yaitu di bawah 150.000 trombosit per mikroliter maka diperlukan perawatan medis agar dapat menghindari komplikasi penyakit atau kondisi lainnya. 

Kamu juga akan mendapat rekomendasi makanan yang menaikkan trombosit sehingga keping darah ini dapat meningkatkan dengan cara alami. Apa saja jenis makanan yang direkomendasikan untuk menaikan keping darah!

13 makanan yang menaikkan trombosit

Melansir dari Healthline, makanan yang menaikkan trombosit merupakan makanan yang mempunyai kandungan vitamin b12, folat, zat besi, vitamin c dan vitamin k, seperti 13 makanan rekomendasi berikut ini:

1. Sayuran hijau

Manfaat sayuran hijau sangat besar karena sumber vitamin k tinggi terdapat dalam berbagai sayuran ini. Berbagai jenis sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, selada dan kubis baik untuk menaikkan trombosit darah hingga normal kembali. Sayuran hijau dapat memisahkan sel trombosit yang menempel, meningkatkan dan menguatkan keping darah.

2. Kurma

manfaat kurma
Female hands hold bowl of dried dates on yellow background

Kurma umum dikonsumsi saat berbuka puasa, namun ternyata makanan ini juga sangat baik sebagai penambah asupan untuk menaikkan trombosit dalam darah. Kurma mengandung vitamin, mineral dan fitonutrien yang baik untuk menaikkan keping darah.

3. Makanan laut

Makanan laut diketahui sebagai sumber vitamin b12 yang sangat baik untuk menaikkan trombosit rendah. Jika kekurangan vitamin ini, maka tubuh akan lemas dan trombosit cenderung rendah.

Makanan laut seperti tuna, kerang tahu dan ikan trout salmon bisa menjadi menu sehari-hari untuk meningkatkan kembali keping darah.

4. Buah delima

Buah delima mempunyai rasa yang segar, terkadang manis asam. Delima diketahui mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu menjadi makanan yang menaikkan trombosit dengan cepat.

Delima juga diketahui mengandung vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

5. Buah kiwi

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil
manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Buah kiwi akan kaya vitamin yang sangat efisien untuk menaikkan jumlah trombosit dalam tubuh. Berbagai penelitian bahwa telah menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah trombosit ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi vitamin c. Makanan segar ini dapat dikonsumsi dalam kondisi dingin agar tidak rusak vitamin c-nya.

6. Jambu biji

Zat aktif dalam jambu biji bernama trombino sangat baik untuk dapat meningkatkan se darah merah. Jenis makanan ini juga merasang torombopoietin lebih aktif sehingga keping darah yang dihasilkan akan lebih banyak.

7. Buah jeruk

kalori jeruk

Buah jeruk tinggi vitamin b9 dan folat yang baik untuk penderita trombosit rendah. Makanan ini juga mudah didapat, diolah dan dikonsumsi langsung sehingga menaikkan trombosit dengan cepat.

8. Labu kuning

Labu kuning dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin k. Vitamin ini dapat berperan sebagai pembeku darah yang ampuh. Vitamin k akan menjaga pertumbuhan sel dara secara lebih optimal dan menaikkan trombosit secara signifikan.

9. Telur 

Telur mengandung tinggi vitamin b12 dan sebagai sumber protein hewani yang baik. Telur cenderung banyak disukai, mudah didapat dan diolah serta dapat dimanfaatkan sebagai penambah trombosit yang cukup cepat efeknya.

10. Daging dan hati sapi

Makanan yang tinggi vitamin b12 sangat diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah dan jumlah trombosit dalam darah.

Kurang vitamin b12 dapat menurunkan jumlah trombosit darah sehingga memicu berbagai gejala dan kondisi penyakit. Daging dan hati sapi sangat kaya akan vitamin b12 sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi.

11. Kacang-kacangan

Kalori Kacang Mete, manfaat kacang-kacangan untuk menaikkan trombosit

Kacang-kacangan mempunyai kandungan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk menaikkan kadar trombosit dalam darah. Kekurangan trombosit yang disebabkan karena leukimia, demam berdarah, penyakit autoimun dan jenis penyakit lainnya bisa coba mengkonsumsi kacang-kacangan.

Sehingga, diharapkan trombosit dalam darah dapat naik ke normal kembali. Kacang-kacangan dapat diminum dengan campuran smoothies, susu, dan lainnya.

12. Daun pepaya

Daun pepaya sering digunakan sebagai makanan yang direkomendasi untuk pasien demam berdarah karena dapat menaikkan trombosit dengan cepat.

Ekstrak daun pepaya bisa didapat dari merebus 10-15 menit daun pepaya dan mendapatkan air rebusannya. Air rebusan ini kemudian diminum secara rutin 2x sehari.

13. Buah beri

Buah beri dikenal sebagai makanan yang dapat menetralkan radikal bebas karena kandungan antioksidannya. Makanan ini juga dapat digunakan sebagai penambah trombosit yang tidak banyak diketahui orang. 

Jenis buah beri juga banyak pilihannya seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry. Buah beri kaya akan vitamin yang dapat membantu peningkatan trombosit darah dengan mudah.

Baca juga: 15+ Makanan Penambah Darat, Atasi Anemia!

Manfaat menaikkan trombosit 

Makanan yang menaikkan trombosit dapat dikonsumsi agar trombosit tetap stabil. Jumlah trombosit yang stabil mempunyai banyak manfaat seperti:

  • Proses pembekuan darah normal dan cepat
  • Menutup dan memulihkan luka
  • Membentuk bekuan darah yang memperlambat dan menghentikan pendarahan
  • Pembuhan luka
  • Menghindari gangguan proses pembekuan darah, jika terganggu maka dapat memicu pendarahan berlebih.

Makanan yang menaikkan trombosit dapat dikonsumsi secara langsung dan efektif untuk mengatasi permasalah trombosit. Jika trombosit masih rendah, jangan ragu untuk segera datang ke rumah sakit dan mendapatkan penanganan terbaik untuk trombositopenia.

Share artikel ini
Reference