escargot adalah

Dunia makanan benar-benar berwarna karena setiap negara dan daerah memiliki ciri khas makanan yang unik. Kali ini Yoona akan mengajak kamu mengenal escargot. Escargot adalah makanan populer dari Prancis, kira-kira terbuat dari apa, ya?

Salah satu hidangan yang sering dibicarakan adalah menu Eropa yang cukup terkenal karena bahan utama yang menjadi fokus hidangannya. Apa lagi kalau bukan escargot? Di Indonesia kata ini memang punya konotasi yang cukup melenceng, tapi baiknya kita fokus dulu pada escargot sebagai makanan, ya.

Tapi apa sebenarnya escargot itu, enakkah, berapa besar kalori makanan ini? Nah, kami di sini untuk menjawab pertanyaan tersebut!

Escargot adalah

Nama escargot berasal dari kata Perancis untuk siput, yang merupakan bahan dasar dari masakan tersebut. Ya, kamu tidak salah baca, escargot terkenal di seluruh dunia karena hidangannya hampir seluruhnya terbuat dari siput.

Dianggap sebagai main course yang populer dalam masakan Prancis, escargot juga dianggap sebagai makanan lezat di negara-negara Mediterania seperti Spanyol dan Portugal. 

Mengapa makanan ini bisa terbuat dari siput? Kamu perlu melihat dulu sejarahnya.

Dahulu, sekitar abad VI sebelum masehi, banyak suku pemburu-pengumpul yang tinggal di tempat yang akan menjadi Prancis, tetapi hari pertama kejayaan dan ketenaran siput terjadi ketika diplomat Prancis, Charles-Maurice de Talleyrand-Périgord pada tahun 1814 ingin mengesankan Tzar Alexander selama kunjungannya di Paris.

Koki Talleyrand diminta untuk menyiapkan hidangan yang belum pernah dicoba Tzar sebelumnya, saat itulah dia memutuskan untuk memilih bahan siput lokal, dengan bawang putih, peterseli, dan mentega.

Tzar sangat terkesan sehingga sejak hari itu dia terus meminta “Escargots de Bourgogne” secara teratur, selama kunjungan.

Khasiat konsumsi escargot

Khasiat escargot
Khasiat escargot

Kamu mungkin merasa memakan siput mungkin tampak sedikit aneh, dan bahkan sedikit menjijikkan, tetapi tahukah kamu bahwa siput sebenarnya dianggap sebagai bahan makanan yang cukup bergizi?

Ini karena siput, seperti kebanyakan serangga dan serangga, mengandung protein yang sangat tinggi tetapi juga diketahui mengandung jumlah lemak yang sangat rendah.

Namun, meskipun escargot dapat dibuat dari siput, ini tidak berarti bahwa semua spesies siput dapat dimakan, karena hanya sedikit pilihan yang dapat digunakan untuk membuat hidangan tersebut.

Spesies siput yang paling umum digunakan untuk membuat escargot adalah bekicot helix, yaitu jenis siput darat yang dikenal sangat beraroma saat dimasak.

Saat menyiapkan hidangan, siput biasanya dimasak di dalam cangkangnya, sebelum disajikan di piring dengan tumpukan mentega bawang putih dan peterseli.

Manfaat escargot untuk kesehatan

Tak hanya penuh nutrisi, ada beberapa manfaat escargot untuk kesehatan seperti berikut ini:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi tahun 2005 dalam “The American Journal of Clinical Nutrition” melaporkan bahwa orang yang memperoleh sekitar 30 persen kalori harian mereka dari sumber rendah lemak dan kaya protein makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan, merasa lebih kenyang dan berhasil menurunkan berat badan. 

Nah, escargot tinggi protein dengan porsi 3 ons yang mengandung hampir 14 gram protein, atau 25 persen dari kebutuhan protein harian pria dan 30 persen kebutuhan protein wanita.

Dengan makan escargot, kamu akan mendapatkan protein ini dengan sedikit lemak: hanya 1,2 gram lemak total per porsi 3 ons, bersama dengan hanya 0,3 gram lemak jenuh.

2. Buat mata sehat

Orang dewasa membutuhkan 15 miligram vitamin E setiap hari. Satu porsi 3 ons escargot mengandung 4,2 miligram vitamin E, memasok 28 persen dari asupan yang direkomendasikan. 

Pada tahun 2007, sebuah penelitian dalam “Archives of Ophthalmology” melaporkan bahwa asupan tinggi vitamin E bersama dengan vitamin C, vitamin A dan karotenoid dalam jumlah tinggi seperti beta-karoten dapat membantu menghindari gangguan mata seperti makula yang terkait usia. 

Nah, makan makanan seperti escargot yang tinggi vitamin E juga dapat membantu meningkatkan penglihatan pada orang yang menderita radang uvea, salah satu lapisan di mata kamu, loh.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh

Escargot kaya akan selenium, menyediakan 23,3 mikrogram mineral dalam setiap porsi 3 ons, yang merupakan 42 persen dari tunjangan harian selenium yang direkomendasikan untuk orang dewasa. 

Selenium membantu dalam sintesis sel darah putih dan dapat membantu Anda menangkis infeksi. Escargot juga merupakan sumber vitamin B-12, dengan hampir 18 persen dari asupan harian untuk orang dewasa. 

Vitamin B-12 penting bagi tubuh untuk membuat S-adenosylmethionine, senyawa agar sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

4. Memperkuat kardiovaskular

Satu porsi 3 ons escargot mengandung 212 miligram magnesium. Jumlah ini adalah 53 persen dari kebutuhan mineral harian pria dan 68 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan untuk wanita. 

Diet yang mengandung asupan magnesium yang tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kata University of Maryland Medical Center. Mendapatkan banyak magnesium secara teratur juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap rendah, yang selanjutnya menurunkan kemungkinan masalah kardiovaskular.

Resep escargot yang lezat 

Tertarik membuat escargot yang lezat? Meskipun terbuat dari siput kamu tak bisa asal mengambil siput di halaman belakang rumah lalu memasaknya, loh. Sebaiknya membeli bahan dasar dari supermarket atau pemasok terpercaya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkan escargot yang lezat, seperti dikutip dari foreignfork.

Bahan:

  • Siput
  • Mentega
  • Remah roti
  • Anggur Putih
  • Bawang Merah, peterseli, bawang putih

Cara membuat:

  1. Keluarkan siput dari cangkangnya dan cangkangnya dibersihkan dan dipasteurisasi dalam air mendidih.
  2. Potong bagian usus siput lalu rebus dengan air mendidih.
  3. Dalam food processor atau blender, tambahkan 5 sdm mentega, bawang putih, peterseli, dan anggur putih. Gabungkan semuanya untuk membuat garlic butter.
  4. Taruh 1 siput dan tutup dengan sekitar sdt atau lebih campuran mentega bawang putih dalam tatakan pemanggang. Kemudian, taburi setiap siput dengan sedikit remah roti.
  5. Panggang pada suhu 375 derajat selama 10-15 menit sampai berwarna kecokelatan.
  6. Saat siput keluar dari oven, sisihkan.
  7. Kamu bisa menyantapnya dengan roti Baguette untuk mendapatkan rasa otentik Prancis.
Share artikel ini
Reference