Mindful eating melibatkan perhatian dan kesadaran kita terhadap makanan yang akan disantap. Meskipun terdengar sepele dan membosankan, konsep ini ternyata memiliki dampak luar biasa!

Selain membantu kita belajar membedakan antara rasa lapar fisik dan emosional, mindful eating juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kok bisa? Ini penjelasannya!

Apa itu mindful eating?

makanan diet untuk puasa

Mindful eating adalah teknik yang membantu kita mengatur kebiasaan makan dengan lebih baik. Teknik ini telah terbukti membantu menurunkan berat badan, mengurangi kebiasaan makan berlebih, dan membantu kamu merasa lebih baik dalam segala hal. Konsep ini didasarkan pada mindfulness atau perhatian penuh, yang merupakan konsep Buddha.

Mindfulness adalah bentuk meditasi yang membantu kamu mengenali dan mengatasi emosi dan sensasi fisik. Mindful eating digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk eating disorder, depresi, kecemasan, dan berbagai perilaku yang berhubungan dengan makanan.

Apa Itu Bulimia Nervosa? Ini Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya!

Bagi yang masih sering makan sambil main handphone, nonton video, atau bahkan sambil ngobrol, kamu mungkin bisa memulai kebiasaan mindful eating ini untuk mengubah dirimu jadi lebih sehat.

Terutama jika kamu merasakan adanya gangguan nafsu makan, teknik makan ini akan menolongmu dari segi mental dan fisik.

Tips mindful eating dengan budget terbatas

makanan sehat untuk hipertiroid

Mindful eating sebaiknya dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, apalagi jika kamu sedang diet. Namun, makanan sehat mungkin tidak selalu tersedia setiap saat dan membutuhkan budget lebih banyak.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus menyerah untuk hidup sehat. Berikut adalah tips mindful eating dengan budget terbatas:

1. Kendalikan porsi makan

Cara terbaik untuk berhemat adalah dengan mengendalikan porsi makan. Hidari membeli makanan terlalu banyak dan membuangnya karena terlanjur basi.

Tidak sedikit orang yang melakukan kebiasaan ini, kamu bisa memulainya dengan mengurangi porsi makan atau berbelanja bahan makanan lebih sedikit dari biasanya.

2. Pilih buah dan sayuran beku di supermarket

Buah dan sayuran segar tentu menjadi komponen penting untuk makan sehat. Tapi, tahukah kamu bahwa buah dan sayuran beku juga sama sehatnya dengan yang segar?

Meskipun akan kehilangan mineral, vitamin, dan teksturnya seiring berjalannya waktu, makanan ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menghemat budget.

Apakah Kalori Rujak Buah Tinggi? Yuk, Cek Manfaat dan Resepnya!

3. Hindari berbelanja saat lapar

Kamu mungkin sudah pernah dengar tentang aturan dasar ini, jangan pernah belanja ke supermarket saat sedang lapar! Semua makanan akan terlihat menarik karena perutmu menginginkan segalanya.

Tindakan ini hanya akan membuat budget menjadi lebih boros, apalagi jika kamu mulai membeli makanan tidak sehat dan lupa dengan tujuan utama.

4. Bawa bekal makan siang

Makan siang menjadi waktu yang krusial, kamu akan tergoda oleh banyaknya jenis makanan lezat dan mulai boros. Tapi semua itu bisa dicegah dengan membawa bekal makan siang.

Mungkin kamu akan sedikit kerepotan untuk menyiapkannya, tapi kamu jadi punya lebih banyak waktu makan dan menerapkan konsep mindful eating dengan sempurna.

Contoh menu mindful eating

Beberapa jenis makanan bisa membantumu menerapkan teknik mindful eating degan lebih mudah, seperti buah delima, edamame, kelapa, jeruk, dan lain-lain. Tidak hanya buah, kamu juga bisa mengonsumsi daging, sayur, saus, dan makanan sehat lainnya. Makanan dengan tekstur dan rasa yang unik akan membuatmu memberikan perhatian lebih. 

Jika kamu masih bingung dengan menu makanannya, berikut adalah contoh menu mindful eating yaitu pancake pisang labu biji-bijian. Pancake gandum utuh yang lembut, dikemas dengan gandum dan quinoa yang lezat, serta ditaburi pisang, sirup maple, dan kenari panggang.

Bahan-bahan:

  • 2 ½ cangkir air
  • 1 ½ cangkir campuran panekuk susu mentega
  • 1/3 cangkir tepung gandum utuh
  • 1/3 cangkir labu kalengan
  • 1/3 cangkir quinoa yang sudah dimasak
  • 1/3 cangkir gandum
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1/2 sendok teh jahe bubuk
  • 1 buah pisang besar, kupas dan iris
  • 1 sendok makan dan 1 sendok teh sirup maple murni
  • 1 sendok makan dan 1 sendok teh potongan kenari panggang

Cara memasak:

  • Tuang air, campuran pancake, dan tepung ke dalam mangkuk. Kocok hingga adonan tercampur rata dan halus. Jangan mengaduk terlalu banyak.
  • Masukkan labu, quinoa yang sudah dimasak, gandum, kayu manis, pala, dan jahe hingga tercampur rata.
  • Olesi wajan anti lengket besar atau wajan dengan minyak dan panaskan dengan api sedang-kecil. Tambahkan 1/2 cangkir adonan dan masak selama 2 ½ menit atau sampai berbuih di bagian atas dan berwarna keemasan di bagian bawah. Balik dan masak selama 2 menit lagi atau sampai berwarna keemasan di bagian bawah.
  • Letakkan 2 pancake di setiap piring saji. Taburi dengan irisan pisang, 1 sendok teh sirup maple, dan 1 sendok teh kacang kenari.

Selamat menikmati!

_____________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference