Manfaat Kacang Panjang untuk Ibu Hamil

Saat hamil memang tidak banyak pilihan makanan untuk ibu hamil. Berbagai pantangan makanan pasti ada, tapi ada pilihan sayur bergizi dan murah yang bisa Moms santap, loh. Yuk, kenalan dengan manfaat kacang panjang untuk ibu hamil berikut ini.

Kacang panjang merupakan sayuran yang sering kamu temui di pasar. Rupanya selain enak disantap, tanaman yang ukurannya panjang ini memang menyimpan segudang gizi.

Manfaat kacang panjang untuk ibu hamil

Kacang panjang merupakan sumber protein nabati yang baik yang dapat membantu meningkatkan peluang pembuahan karena mengandung mengandung vitamin B1, B2, zat besi, dan magnesium. Berikut manfaatnya untuk tubuh!

1. Cegah kanker

Kacang segar mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik. 100 g kacang panjang menyediakan 18,8 mg atau 31% vitamin C.

Nah, vitamin-C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air, dan ketika cukup tersedia dalam makanan, vitamin C membantu membangun kekebalan untuk memerangi infeksi, sekaligus melindungi dari kanker.

2. Buat kulit glowing

Masih berhubungan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin inimengurangi munculnya keriput, kekeringan kulit dan memperlambat proses penuaan.

Vitamin C sangat penting untuk kulit, ligamen, pembuluh darah dan tendon. Konsumsi kacang panjang saat hamil bisa buat wajah glowing.

3. Cegah sembelit saat hamil

Kaya akan serat, kacang panjang dapat membantu mencegah sembelit pada ibu hamil dan menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

4. Cegah anemia

Kacang panjang juga kaya akan zat besi yang dapat membantu mencegah anemia.

5. Bantu tidur nyenyak

Kacang panjang menyediakan jumlah magnesium yang cukup banyak, sehingga mengobati gangguan tidur secara efektif.

Kekurangan magnesium adalah penyebab gangguan tidur seperti hiperaktif, kecemasan dan kegelisahan.

6. Jantung sehat

penyebab detak jantung cepat

Kacang panjang tinggi folat. Mereka yang mengonsumsi folat dalam jumlah tinggi, membantu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular.

Artinya, banyak makan kacang panjang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

7. Cegah cacat lahir

Masih berhubungan dengan kandungan folat yang tinggi dalam kacang panjang. Selama kehamilan, jumlah makanan kaya folat, bisa membantu menurunkan kemungkinan cacat tabung saraf seperti anencephaly dan spina bifida.

Cacat lahir seperti anggota badan dan malformasi jantung adalah akibat dari kekurangan folat. Folat sangat penting untuk replikasi DNA dan pertumbuhan sel janin yang tepat.

8. Tingkatkan imunitas

Kandungan tiamin mengencangkan otot-otot dinding saluran pencernaan. Ini karena, tiamin membantu dalam sekresi asam klorida yang diperlukan untuk pencernaan partikel makanan dan penyerapan nutrisi.

Nah, saluran pencernaan yang kuat membantu asupan makanan tetap lancar, yang pada akhirnya menguatkan imun.

9. Mata sehat selama hamil

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tiamin dapat membantu mempertahankan diri dari masalah penglihatan seperti katarak dan glaukoma.

Ini karena kemampuannya untuk mempengaruhi sinyal saraf dan otot, yang penting dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Semua manfaat kacang panjang tersebut bisa kamu dapatkan dalam kacang panjang yang sudah matang. Hindari mengonsumsi kacang panjang mentah, ya.

Sayuran mentah biasanya masih mengandung pestisida. Pun demikian, sayuran mentah dapat menjadi salah satu pembawa penyakit tertentu seperti infeksi toksoplasma dan infeksi cacing maupun bakteri.

Beberapa pembawa penyakit tersebut tidak dapat hilang kecuali jika sayuran dimasak dengan benar. Jadi, selalu masak sayuran kamu, ya!

Kandungan gizi kacang panjang

Semua manfaat di atas bisa didapatkan hanya dari konsumsi kacang panjang. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kacang panjang bisa sangat bergizi.

Rupanya dalam satu porsi 100 gram kacang panjang terdapat 47 kalori, 4 mg sodium (nilai harian 0%), 8 gram karbohidrat total (nilai harian 2%), dan 3 gram protein (nilai harian 5%).

Kacang panjang juga tanpa lemak total dan tanpa kolesterol. Sudah jelas, kan, mengapa sayuran satu ini sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Resep sehat kacang panjang

Kamu bisa menyajikan kacang panjang dengan banyak cara. Meskipun kacang panjang bisa dimakan mentah, tapi kami menyarankan untuk tetap memasak atau merebusnya.

Kenaikan berat badan ibu hamil

Berikut inspirasi resep kacang panjang yang mudah dibuat:

  • Rebus kacang panjang dengan fish sauce, soy sauce, cabai dan kecap seperti gaya makanan Chinese food.
  • Di India, kacang panjang digunakan dalam berbagai hidangan mulai dari semur, kari, nasi goreng, nasi pilaf dengan sayuran lain seperti bawang merah, bawang putih, kentang, kacang hijau, wortel, kubis.
  • Kamu juga bisa hanya mengukus atau merebus kacang panjang, kemudian memasukannya menjadi bahan salad sayur yang sehat.
Share artikel ini
Reference