cara mengecilkan perut buncit pada wanita

cara mengecilkan perut buncit pada wanita

Wanita mana yang tidak sebal jika memiliki perut buncit, bukan? Tentu, celana dan baju yang kita gunakan pun jadi terlihat berbeda jika perut kita pun buncit. 

Jika kamu mengalami hal tersebut, tenang saja, ada berbagai cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang bisa dicoba.

Secara umum, cara mengecilkannya bergantung pada gaya hidup yang kamu jalani. Soalnya, perut buncit bisa kembali seperti semula jika kamu menerapkan pola hidup sehat. 

Lalu, pola hidup sehat seperti apa yang dimaksud? Yuk, bahas di artikel ini!

Apa saja penyebab perut buncit?

Sebelum membahas cara mengecilkan perut buncit pada wanita, kamu sebaiknya mengetahui berbagai penyebab atau kemungkinannya dahulu supaya bisa menghindari komplikasi lanjut di kemudian hari.

Umumnya, perut buncit disebabkan oleh:

  • Genetik 
  • Gaya hidup
  • Pola makan yang buruk seperti mengonsumsi makanan yang melebihi batas jumlah kebutuhan kalori harian
  • Jarang berolahraga

Perut buncit akibat timbunan lemak berlebihan akan memicu masalah kesehatan yang serius seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan jantung. 

Nah, batas lingkar perut yang aman pada pria adalah 90 cm, sedangkan pada wanita adalah 80 cm. Lalu, bagaimana jika lingkar perut ini melebihi batas yang dianjurkan?

Tips mengecilkan perut buncit dengan mudah

Untuk kamu yang memiliki perut buncit, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena bisa kita atasi dengan mudah. Dengan catatan, kamu perlu konsisten menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Tidak hanya dari berolahraga saja, pemilihan jenis makanan pun berperan penting untuk membuat perut kamu jadi tampak buncit.

Yuk, kecilkan perut buncit dengan mengikuti cara di bawah ini.

1. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut bisa menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan tubuh. Selain itu, serat ini bisa menurunkan berat badan dengan membantu kamu untuk tetap merasa kenyang sehingga porsi makan pun akan berkurang. 

Dengan mengonsumsinya, kamu juga dapat mengurangi jumlah kalori yang diserap tubuh dari makanan dan membantu melawan lemak perut. 

Nah, beberapa jenis makanan yang mengandung serat larut dan bisa kamu konsumsi adalah flax seed, mie shirataki, alpukat, kacang-kacangan dan blackberry.

2. Hindari makanan berlemak trans

Lemak trans dianggap sebagai jenis lemak terburuk untuk dimakan. Tidak seperti lemak makanan lainnya, lemak trans malah bisa meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. 

Bahkan, lemak trans sering kali dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak di bagian perut menurut berbagai penelitian. 

Oleh karena itu, jika kamu menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, perut buncit pun bisa berkurang. 

Biasanya, jenis makanan yang mengandung lemak trans berupa: 

  • Makanan yang dipanggang, seperti biskuit, pie, kue dan produk pre-mixed seperti pancake
  • Minyak yang terhidrogenasi sebagian (PHO) seperti margarin,vegetable shortening, gorengan, donat

3. Kurangi minum alkohol

Jika kamu mengonsumsi alkohol terlalu banyak, tidak menutup kemungkinan bahwa perut akan membuncit. 

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat membuat tubuh jadi bertambah gemuk.

Selain itu, konsumsi alkohol secara berat juga memiliki peningkatan risiko yang signifikan untuk mengembangkan obesitas sentral atau penyimpanan lemak berlebih di sekitar pinggang. Sedangkan jika kamu mengurangi alkohol, maka kamu bisa mengurangi lemak yang ada di bagian pinggang.

4. Konsumsi makanan yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein, seperti daging tanpa lemak, telur rebus, biji dan kacang-kacangan, hingga ikan mampu meningkatkan pelepasan hormon yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Bahkan, protein juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan membantu kita untuk mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

5. Kelola stres

Stres bisa membuat kita bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol yang dikenal juga sebagai hormon stres. 

Sebab, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi bisa meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak di perut.

Untuk membantu mengurangi lemak perut, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan yang mampu menghilangkan stres, seperti berlatih yoga atau meditasi.

6. Kurangi gula

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi gula berlebih, terutama fruktosa akan menyebabkan timbunan lemak pada perut dan organ hati. Timbunan lemak lama-kelamaan akan menimbulkan resistensi insulin dan penyakit metabolik lainnya.  

Jadi, hindarilah makanan dan minuman tinggi pemanis buatan dan gula seperti kue, permen, soda, serta karbohidrat olahan. 

Tak lupa juga, perhatikan juga label kandungan gula dan catatlah asupan kalori harian untuk memantau makanan yang telah dikonsumsi.

7. Olahraga

Olahraga menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan, membakar kalori, dan membakar lemak yang ada di perut.

Namun, hasilnya beragam tergantung jenis olahraga yang dilakukan, apakah intensitasnya sedang atau tinggi.

Salah satu jenis olahraga yang bisa kamu pilih yani latihan aerobik selama 300 menit per minggu untuk mengecilkan perut yang buncit.

8. Tidur cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup berperan penting untuk kesehatan tubuh kita. Soalnya, seseorang yang kurang tidur cenderung lebih mudah untuk menaikkan berat badannya, termasuk menambahkan lemak di bagian perut.

Oleh sebab itu, kamu perlu tidur setidaknya 8 jam sehari dengan kualitas tidur yang cukup.

9. Kurangi jus buah dengan pemanis buatan

Memang, jus buah terkenal lebih sehat karena mengandung serat alami dari buah. Namun, kandungan gula di dalamnya sama tingginya dengan soda dan minuman manis lain. 

Apalagi, jika kamu meminumnya dalam jumlah besar, hal tersebut bisa meningkatkan risiko untuk penambahan lemak di perut.

Untuk membantu mengurangi kelebihan lemak di perut, kamu bisa mengganti konsumsi jus buah dengan air, es teh tanpa pemanis, hingga air soda dengan irisan lemon atau jeruk nipis.

10. Minum teh hijau

Salah satu minuman yang sehat dan bisa mengurangi lemak di perut adalah teh hijau. Soalnya, teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). 

Keduanya bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi adanya lemak di perut. Apalagi jika kamu mengombinasikannya dengan olahraga, hasil yang didapat pun bisa lebih cepat dan maksimal.

Dengan menerapkan sepuluh tips di atas, kamu bisa mengatasi perut yang buncit. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan kebutuhan cairan, ya.

Memang, ada banyak proses yang perlu kamu lakukan. Namun, konsistensi terhadap seluruh prosesnya bisa membuahkan hal baik untuk tubuhmu ke depannya.

Share artikel ini
Reference