kalori ceker ayam

Ceker ayam merupakan salah satu hidangan yang digemari oleh banyak negara Asia, termasuk Indonesia. Makanan ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang gurih dan pedas. 

Namun, apakah kamu tahu berapa banyak kalori ceker dan apakah makanan ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

Apakah ceker ayam cocok untuk diet?

Ceker ayam kerap dijadikan sebagai menu diet yang dipilih oleh banyak orang. Pasalnya, ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak memiliki banyak bagian untuk dimakan kerap dikira memiliki jumlah kalori yang sedikit sehingga cocok untuk diet. 

Namun, apakah benar begitu? Ceker ayam memang disinyalir dapat menjadi menu yang cocok untuk dikonsumsi ketika diet. Ini karena kandungan kolagen yang ada pada ceker. Kolagen sendiri merupakan protein alami yang bebas dari kandungan karbohidrat. Sehingga, dinilai menjadi makanan yang sehat dan cocok untuk diet. 

Bukan hanya itu, makanan ini juga mengandung asam amino yang dapat membantu menekan nafsu makan. Sehingga, tubuh menjadi tidak mudah lapar dan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh juga akan lebih sedikit. 

Bahkan, dibandingkan dengan protein lain, kandungan protein pada ceker ayam dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Dengan berbagai kandungan tersebut, kamu bisa menjadikan ceker ayam sebagai salah satu menu diet. Namun, hindari mengkonsumsi ceker ayam dengan cara digoreng. 

Kalori ceker ayam dan kandungan nutrisinya

nutrisi ceker ayam

Dalam setiap 100 gram ceker ayam matang memiliki kandungan sekitar 215 kalori. Bukan hanya itu, ceker ayam juga diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi lainnya. Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram ceker ayam matang:

  • 19,5 gram protein
  • 90 miligram kalsium
  • 14,5 gram lemak
  • 0,9 miligram zat besi
  • 85 mikrogram folat atau vitamin B9
  • 30 mikrogram vitamin A (setara 100 IU)

Selain beberapa kandungan diatas, ceker ayam juga diperkaya dengan nutrisi selenium, fosfor, vitamin B kompleks, kolin, vitamin K, dan juga sumber kolagen serta gelatin yang baik. 

Manfaat ceker ayam untuk kesehatan 

Dilihat dari kandungan nutrisi dan kalori ceker ayam, ternyata makanan yang satu ini bukan hanya dapat dikonsumsi untuk diet, tapi juga memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat ceker ayam:

1. Mendukung kesehatan dan kekuatan sendi

Kandungan kolagen yang ada dalam ceker ayam memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan serta kekuatan sendi tubuh. Misalnya, sendi kaki, lutut, pinggul, dan juga tangan.

Bukan hanya itu, dengan mencukupi kebutuhan kolagen, ini akan membantu mengurangi gejala osteoarthritis dan nyeri sendi terutama pada lansia. 

2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan kolagen pada ceker ayam juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Bahkan, sekitar 70 persen kandungan protein yang ada pada ceker merupakan kolagen. Ini adalah nutrisi yang sangat diperlukan oleh kulit. Kolagen sendiri juga berguna untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. 

Bukan hanya itu, kandungan yang satu ini juga berperan dalam mencegah kerusakan kulit. Bahkan, kolagen dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka serta menghilangkan selulit yang mengganggu pada kulit kamu. 

3. Mencegah pengeroposan tulang

Ceker ayam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk kalsium, protein, dan juga kolagen. Ketiga kandungan tersebut berperan penting dalam kesehatan tulang. Asupan nutrisi ini juga dapat menurunkan risiko pengeroposan tulang dan mendukung pembentukan serta kekuatan tulang tubuh.

4. Mencegah anemia

Ceker ayam juga mengandung vitamin B12, folat dan zat besi. Dengan berbagai kandungan tersebut, menjadikan ceker ayam memiliki manfaat untuk mencegah kurang darah atau anemia. 

Namun, untuk memperoleh manfaat yang satu ini, perlu diimbangi dengan mengkonsumsi makanan lain dengan kandungan zat besi yang tinggi, seperti ikan, kacang-kacangan, hati ayam, dan daging sapi. 

5. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Manfaat ceker ayam selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin. Ini berkat kandungan folat yang ada di dalamnya. Asupan folat di masa kehamilan sangat penting untuk mencegah bayi mengalami cacat bawaan lahir. 

Selain itu, ceker ayam juga mengandung kolin yang dapat menambah berat badan ibu hamil dan janin. Kolin juga berguna untuk mendukung perkembangan bayi selama dalam kandungan.

Share artikel ini
Reference