Manfaat kluwek untuk kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan kluwek? Biji tanaman ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat rawon dengan kuahnya yang unik berwarna hitam atau cokelat. Tidak hanya lezat dijadikan bumbu masakan, ternyata kluwek juga menyimpan berbagai rahasia manfaat kesehatan.

Manfaat kluwek atau yang juga dikenal dengan nama kepayang, picung dan pucung ini menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan yang tidak disadari banyak orang. Apa saja manfaatnya? Yuk simak!

Apa itu kluwek?

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kluwek adalah jenis biji tanaman asli dari Indonesia. Pohonya disebut sebagai salah satu pohon serba guna karena semua bagiannya dapat dimanfaatkan mulai dari buah, biji, daun, hingga kulit pohonnya.

Kluwek juga sering disebut sebagai kepayang karena baunya yang sangat menyengat sehingga dapat membuat mabuk kepayang. Biji tanaman ini mempunyai nama latin pangium edule. Biji tanaman ini sangat khas dengan biji berwarna cokelat hingga hitam. 

Makanan yang dicampur dengan kluwek juga akan memiliki cita rasa dan warna yang khas coklat gelap hingga hitam. Makanan yang sering menggunakan kluwek sebagai bumbu dasarnya adalah rawon dan sop konro. Sudah terbayang kan ya bagaimana lezatnya? 

Apa saja kandungan dalam kluwek sehingga disebut sebagai salah satu biji tanaman yang baik untuk kesehatan?

Kandungan kluwek

Manfaat kluwek ternyata tidak terlepas dari kandungannya yang sangat tinggi nutrisi, vitamin dan mineral. Dalam 228 gram kluwek terdapat:

  • 2417mg tembaga
  • 58,8mg vitamin c
  • 5,02mg besi
  • 54,49g karbohidrat
  • 14,1g serat total makanan
  • 73mg magnesium
  • 119 mg fosfor
  • 0,353mg mangan
  • 4,56g lemak 

Selain itu terdapat juga kalium atau potassium, vitamin A dan C yang baik untuk kebugaran serta kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kluwek yang dapat dirasakan untuk kesehatan?

Manfaat kluwek untuk kesehatan yang jarang diketahui

Manfaat kluwek juga tidak lepas dari senyawa bioaktif seperti tanin dan flavonoid dalam bijinya. Berikut manfaat kluwek untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker

Sifat antioksidan dalam kluwek dapat berguna sebagai antikanker dan melawan penyakit seperti penyakit parkinson, radang sendi sehingga penyakit jantung.

2. Jaga daya tahan tubuh

Kluwek dapat melawan radikal bebas sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Sifat antioksidan dalam kluwek membantu sistem imun dalam melawan penyakit dan mencegah imun melemah karena penyakit.

3. Kontrol tekanan darah

Kandungan mineral dalam kluwek dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi yang menyebabkan hipertensi. Kluwek merupakan sumber potasium atau kalium yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Atasi infeksi jamur dan bakteri

Sebagai antijamur dan antimikroba, kluwek dapat melawan bakteri dan jamur seperti listeria monocytogenes, aspergillus flavus dan salmonella typhimurium. Makanan dengan campuran kluwek dapat melawan infeksi jamur dan bakteri yang berdampak buruk untuk tubuh.

5. Obat cacingan dan luka bakar

Kluwek diketahui mengandung tanin yang berguna sebagai antiseptic dan desinfektan yang ampuh untuk dapat mengobati luka bakar dan sakit cacingan. Antimikroba pada kluwek dapat mengatasi cacing yang bersarang dan terdapat di saluran pencernaan.

6. Menjaga saluran pencernaan

Serat dalam kluwek cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Pergerakan usus menjadi lancar dan membantu mencegah sembelit, konstipasi hingga melunakkan tinja.

7. Cegah penyakit kardiovaskular

Kluwek memiliki potensi untuk mencegah penyakit kardiovaskular karena mengandung mineral dan magnesium. Magnesium dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner, jantung hingga aritmia.

8. Cegah anemia

Kluwek mengandung zat besi yang cukup tinggi dan setara dengan kebutuhan harian sehingga sangat baik untuk mencegah anemia. Zat besi akan membentuk hemoglobin dalam sel darah dan penting untuk didisstriukan ke seluruh jaringan tubuh.

9. Mengurangi kelemahan otot

Bagi kamu yang sering merasa lelah dan lemah di otot, konsumsi kluwek dapat membantu mengurangi mati rasa hingga kelemahan otot karena kandungan mineral fosfor yang penting di dalamnya. Kandungan ini juga akan membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar.

10. Turunkan risiko asam urat atau gout

Kandungan dalam kluwek dapat menurunkan risiko radang sendi dan asam urat. Vitamin c dalam kluwek setara dengan konsumsi harian sehingga baik untuk kesehatan.

11. Meredakan gejala penyakit kulit

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Kehutanan Manado, kluwek bisa digunakan sebagai terapi atau pengobatan untuk penyakit kulit seperti kusta dan beberapa penyakit lainnya. Biji kluwek mengandung asam lemak siklik (khaulmograt dan hidnokapat) yang dapat mengatasi penyakit kulit karena infeksi.

Selain untuk kebutuhan kesehatan, kluwek juga dikenal sebagai pengawet alami karena mengandung asam sianida sehingga kerap digunakan sebagai pengawet untuk ikan dan daging. Asam sianida akan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga mereka akan bertahan hingga enak hari tanpa pengawet buatan.

Selain manfaatnya, adakah efek samping dalam mengonsumsi kluwek secara berlebihan?

Efek samping jika makan kluwek berlebihan

Di samping manfaat kluwek yang luar biasa, tentunya konsumsi kluwek secara berlebihan dan kurang tepat juga dapat menyebabkan efek samping buruk, ya. Biji tanaman ini harus diproses dengan khusus seperti di rebus, rendam dan bahkan harus dikubur dan dibungkus dengan daun pisang dalam tahan selama beberapa minggu.

Biji kluwek yang langsung dikonsumsi dapat menimbulkan pusing, lemas, mengantuk, keracunan hingga dapat menyebabkan kematian pada kasus ekstrim. Hal ini karena kluwek mengandung hidrogen sianida atau asam sianida yang dalam konsentrasi tinggi akan menyebabkan efek samping yang kurang baik.

Manfaat kluwek tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan, namun juga dapat berguna untuk kesehatan, namun tetap batasi konsumsi kluwek agar tetap aman dan terhindar dari keracunan, ya!

Share artikel ini
Reference