tips makan sehat saat lebaran

siapa sih yang tidak ngiler dengan menu khas lebaran yang serba lezat dan menggiurkan? Mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng ati, ketupat dan berbagai hidangan lain tentu akan menggugah selera makan pada saat lebaran.

Tentunya pola makan sehat lebaran memang bisa terancam dengan beragam hidangan penuh lemak dan cenderung bersantan bukan?

Jika tidak menerapkan pola makan yang sehat, ada banyak ancaman penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolestrol, gula darah dan asam urat yang mengintai. 

Simak yuk cara untuk menerapkan pola makan sehat saat lebaran nanti!

Tips makan sehat saat lebaran 

pola makan saat lebaran

Pola makan sehat lebaran memang perlu dipersiapkan karena godaan makan banyak akan datang pada momen hari raya umat muslim ini.

Tidak hanya di keluarga, saudara dan tetangga juga kerap menawarkan hidangan makanan khas lebaran yang tak kalah lezatnya. Makanan ringan tinggi lemak dan karbohidrat memang tak bisa dihindari pada momen ini. 

Lalu bagaimana menerapkan pola makan yang sehat?

1. Batasi konsumsi santan

Makanan yang memiliki kandungan santan memang kerap ditemukan saat lebaran seperti rendang, semur dan tentu saja opor ayam.

Batasi konsumsi makanan yang mengandung serat karena jika berlebihan, keluhan nyeri perut, mual, pusing hingga sakit pada tukak lambung tentu tak bisa dihindari.

Jika terlanjur mengonsumsi berlebihan, pastikan konsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin c agar dapat membantu menetralisir lemak yang masuk.

Hati-hati juga dengan makanan terlalu pedas dan asam yang dapat memicu asam lambung naik pada saat lebaran.

Resep Rendang Daging dan Ayam yang Empuk untuk Lebaran,

2. Pilih daging rendah lemak

Pilihan olahan daging saat lebaran memang membuat dilemma, ya. Akan tetapi untuk menerapkan pola makan yang sehat, coba pilihlah jenis daging yang mempunyai lemak paling rendah. Batasi juga konsumsinya dan jangan kewalahan pada saat lebaran.

3. Konsumsi buah dan sayur

Sediakan selalu buah dan sayur pada saat lebaran. Jangan hanya makan hidangan bersantan dna lemak, namun cukup serat dengan konsumsi buah dan olahan sayur.

Sediakan sayur yang kamu suka dan pilih jenis buah yang tinggi air seperti semangka dan melon.

4. Cukup minum air putih

Banyak pilihan minuman manis seperti es teh manis, sirup dan sop buah yang mengandung banyak gula saat lebaran.

Minum secukupnya dan perbanyak konsumsi air putih agar menjaga kadar gula tetap stabil. Minuman dengan gula tinggi hanya akan membuat kamu tetap haus sehingga tak sadar sudah berapa banyak meminumnya, bukan?

Ide Hiasan Meja Lebaran, Bikin Suasana Lebih Hangat dan Estetik

5. Perbanyak makan serat

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi wajib diterapkan setiap hari, baik saat ramadhan telah berlalu hingga pada momen hari raya lebaran.

Makanan dengan tinggi serat cenderung akan memperlambat proses mencerna makanan sehingga keinginan makan banyak akan tertahan dan perasaan kenyang akan bertahan lebih lama.

Tak mengapa mencicipi kue kering atau makanan lebaran lain, namun tetap penuhi serat dengan makan buah berair seperti semangka, papaya atau melon.

Tips sukses diet saat lebaran

makanan sehat saat lebaran

Jika kamu saat ini sedang menerapkan pola makan sehat dan diet untuk menurunkan berat badan, tentu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga pola makan sehat lebaran tetap dapat terpenuhi. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Perhatikan kalori harian

Ada banyak makanan tinggi kalori pada hari raya. Waspadai dan tetap perhatikan kalori harian agar program diet tetap berjalan lancar.

Batasi asupan kalori dan ganti dengan perbanyak serat seperti makan buah dan sayur tinggi vitamin. 

2. Batasi porsi makan

Membatasi porsi makan lebaran agar diet berjalan lancar sangat perlu dilakukan.

Batasi makanan dengan konsumsi makanan porsi kecil saja dan lengkapi kebutuhan nutrisi harian seperti karbohidrat, protein, mineral dan vitamin sesuai dengan porsinya. Diet akan tetap berjalan lancar meskipun saat lebaran.

3. Perbanyak jalan kaki

Jenis makanan dan minuman yang manis saat lebaran terkadang membuat tubuh malas untuk berolahraga.

Jangan lewatkan olahraga ringan selama ramadhan dan lebaran seperti berjalan kaki. Olahraga ini ringan namun efeknya sangat besar untuk kesehatan.

Manfaatnya seperti memperlancar sistem pencernaan serta tubuh tetap fit saat diet pada hari lebaran.

4. Makan teratur

Meskipun lebaran terkadang menjadi hari yang sibuk berkunjung ke saudara atau tetangga, tetap lakukan pola makan sehat dengan makan teratur sesuai jamnya.

Makan 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam dengan porsi yang dibatasi. Jangan melewatkan makan karena hal ini hanya akan memberikan peluang kamu untuk makan berlebihan pada jam yang tidak ditentukan.

5. Konsisten dengan aturan diet

Diet pada saat lebaran memang suatu hal yang cukup sulit dilakukan. Godaan untuk makan hidangan bersantan, lemak dan cemilan manis terlalu menggoda untuk ditolak.

Kamu perlu konsisten dengan aturan makan saat diet demi menjaga berat badan tetap stabil dan kesehatan tetap terjaga. Patuhi aturan dan batasi makanan yang masuk ke dalam tubuh secara konsisten dan tegas.

Resep Kue Kering untuk Lebaran, Enak dan Gak Sulit!

Pola makan sehat lebaran memang perlu dilakukan untuk menghindari keluhan penyakit datang tiba-tiba.

Selama Ramadan pola makan sehat yang telah ditetapkan tidak boleh goyah karena 1 atau 2 hari hidangan lebaran yang menggiurkan ya, yoonies!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference