es untuk buka puasa
Hidup Sehat Nutrisi

Tips Menikmati Es Untuk Buka Puasa Tanpa Berlebihan Dan Bikin Sakit

Imelda Rahmawati | April 13, 2022
Share

Sudah menjadi rahasia umum kalau es untuk buka puasa menjadi minuman pelepas dahaga ternikmat. Pada saat bulan Ramadhan es khususnya es teh manis menjadi salah satu minuman favorit, yang digunakan sebagai penghilang dahaga setelah 13 jam berpuasa.

Minuman yang dingin seringkali lebih dicari banyak orang. Namun, jika dilihat dari sisi kesehatan apakah aman jika minum minuman dingin ketika perut masih kosong dan belum terisi makanan apapun? Yuk, cari tahu penjelasannya!

Apakah minum es untuk buka puasa sehat?

Minuman dingin sebetulnya tidak boleh diminum dalam beberapa kondisi tertentu. Pertama, ketika udara atau hawa panas, kedua yaitu setelah melakukan olahraga yang cukup berat. Dalam sebuah penelitian, para ahli merekomendasikan suhu air terendah dan tetap aman sekitar 16 derajat celsius.

Selain itu, pada penelitian tahun 2001 juga menyebutkan bahwa minum minuman dingin bisa membuat kepala sakit pada beberapa orang. Apalagi orang yang sering mengalami migrain, minuman dingin bisa membuatnya menjadi lebih sakit lagi.

Untuk kamu yang juga punya penyakit mag, minum air dingin ketika berbuka puasa sebaiknya dihindari. Mengingat kondisi perut yang sensitif akan memicu adanya kontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum air dingin dalam keadaan perut kosong juga berisiko menurunkan daya tahan tubuh. Padahal daya tahan tubuh ini seharusnya berfungsi melawan berbagai paparan virus dan bakteri. Untuk itu, hindari minum dingin ketika buka puasa.

Efek minum es untuk buka puasa

Beberapa ahli menyarankan ketika bulan puasa sebaiknya minum yang banyak untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang ketika berpuasa. Terlebih ketika cuaca panas.

Salah satu efek fatal minum air dingin yaitu bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah kapiler. Apalagi jika kamu minum minuman dingin berkarbonasi, perut akan menjadi kembung dan mudah kenyang. Akibatnya, makanan bernutrisi yang seharusnya kamu santap malah tidak termakan.

Efek lainnya yang akan dirasakan, yaitu kerja lambung akan menjadi lambat karena suhu air yang masuk tidak sesuai dengan suhu tubuh. Hal ini membuat lambung menjadi kaget dan mudah kembung.

Tubuh pun ikut bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu air yang diminum oleh tubuh. Karena tubuh akan selalu menyamakan suhu makanan dan minuman yang masuk agar lebih mudah dicerna.

Pilihan es untuk buka puasa yang sehat

Meredakan rasa haus dengan minum minuman dingin saat buka puasa sudah menjadi rutinitas hampir semua orang. Namun kamu juga perlu menghindari bahaya minum es saat buka puasa. Ada beberapa tips yang dilansir dari foodnerd, untuk membuat minuman segar agar buka puasa tetap nikmat dan sehat. Berikut tips membuat minuman segar dan sehat:

Pulpy Mangga Booster

Pulpy mango booster adalah minuman bergizi yang direkomendasikan untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan kelelahan setelah menjalankan aktivitas. Minuman ini bisa menjaga kesehatan dan menghindari tubuh dari kekurangan gizi.

Kamu bisa membuatnya dengan mudah dan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Cukup kupas buah mangga segar, kemudian ekstrak buahnya dan campurkan dengan air es, minuman pulpy mango booster siap disajikan.

Watermelon Cooler Punch

Untuk membuat watermelon cooler punch kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya yaitu semangka, daun mint, jus lemon, sedikit garam dan gula sesuai selera. Kamu hanya perlu mencampurnya kemudian blender dan tunggu hingga halus, minuman siap dihidangkan.

Minuman ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, karena bahan-bahannya yang alami. Sehingga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan segar. Tetapi, setelah minum jus semangka ini sebaiknya jangan langsung minum air putih hingga kamu menunggu beberapa saat dulu.

Smoothie stroberi

Smoothie stroberi merupakan minuman menyegarkan lainnya yang bisa kamu buat dengan mudah. Bahan yang dibutuhkan yaitu yoghurt, es batu, gula dan stroberi. Kamu cukup memasukan semua bahan ke blender dan tunggu sampai halus, lalu smoothie siap diminum.

Jika kamu ingin minuman yang lebih ringan, kamu bisa mengganti yoghurt dengan lemon dan memblendernya. Smoothie ini adalah minuman yang menyehatkan dan bisa dengan mudah menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Peach Punch

Peach punch adalah minuman segar dengan bahan-bahan sederhana dan menyehatkan. Kamu hanya perlu memblender buah persik yang sudah dikupas dan tambahkan air dingin, serta garam hitam (jika ada) untuk membuat rasanya menjadi semakin segar.

Minuman ini sangat mudah dibuat dan tidak memakan waktu banyak, sehingga kamu masih bisa menikmati waktu dengan kegiatan lain sebelum berbuka puasa.

Kurma Almond Shake

Kurma almond shake merupakan kombinasi minuman yang sangat sehat dan penuh nutrisi. Selain tidak menggunakan bahan buatan, minuman ini bisa dibuat dengan bahan yang alami yaitu buah kurma, almond, dan susu sapi.
Kamu hanya perlu memblender semua bahannya hingga halus atau sesuai dengan selera. Tidak perlu menambahkan gula, karena kurma sudah menjadi pemanis alami. Jika ingin disajikan dalam keadaan dingin kamu bisa memasukkannya ke kulkas sebelum disajikan.

Tips mengonsumsi es untuk buka puasa

Ada beberapa efek buruk yang bisa kamu dapatkan jika minum minuman dingin untuk berbuka puasa. Tetapi, kamu tetap bisa minum minuman dingin dengan bahan-bahan yang sehat dan mudah dibuat. Berikut tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Hindari menambahkan banyak es batu, cukup minum air dingin secukupnya.
  2. Minum minuman berbahan-bahan alami yang menyehatkan.
  3. Hindari minuman dingin yang terlalu manis atau dengan pemanis buatan.

Pada kondisi-kondisi tertentu, sebaiknya kamu hindari minuman dingin yang dapat mengganggu kesehatan dan metabolisme tubuh ketika berbuka puasa. Lebih baik pilih minuman yang bernutrisi dan membuat tubuh menjadi sehat. Jadikan ibadah puasa Ramadan kamu lebih sehat dan nikmat.

Reference
Share