kalori kue kacang

Kue kacang sudah menjadi hidangan kue lebaran yang banyak di jumpai saat hari raya umat islam. Perpaduan manis, dan gurihnya kacang yang enak dengan tekstur renyah lembut membuat banyak orang menyukainya.

Sayangnya, kalori kue kacang ini tergolong tinggi, mencapai 474 kalori per 100 gram. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi secukupnya kue kacang ini saat lebaran. Konsumsi dengan batas yang wajar terlebih jika sedang menurunkan berat badan.

Solusinya, kamu bisa membuat kue kacang sendiri dengan lebih sehat namun tetap nikmat. Yuk, simak resepnya di bawah ini untuk membuat saat lebaran nanti!

Kalori kue kacang

Kue selai kacang mengandung 90 kalori per 19 g sajian. Sajian ini mengandung 4 g lemak, 1 g protein, dan 12 g karbohidrat. Selain itu, ada 6 g gula dan 0,3 g serat makanan. Sisa kandungannya merupakan karbohidrat kompleks.

Biskuit selai kacang mengandung 1,5 g lemak jenuh dan 0 mg kolesterol per porsi. 19 g kue selai kacang mengandung 0,40 mg zat besi, 0,00 mg kalsium, 15 mg potasium.

Meski dianggap sehat, kacang yang sudah diolah menjadi kue kering tentu akan mengubah nilai gizi dan bahan dasarnya. Hal ini karena kue kacang ternyata mengandung berbagai bahan tambahan seperti tepung, minyak, dan gula.

Kalori Bakpia Bikin Gagal Diet? Ini Tips Mengonsumsinya

Sementara dalam 100 gram kue kacang terdapat 474 kalori. Oleh karena itu, kamu tetap disarankan untuk membatasi diri saat mengonsumsinya agar berat badan tetap terjaga setelah lebaran usai.

Cara menghilangkan kalori kue kacang

Kue kacang berkalori tinggi, kamu bisa membakar kalori dengan cara berikut:

olahraga saat pms

1. Lompat tali atau lompat tali

Skipping sangat baik untuk membakar kalori. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa lompat tali dapat membakar kalori lebih baik dibandingkan olahraga lain seperti jogging dan berenang.

Konon kalori yang terbakar dengan melakukan skipping selama 10 menit setara dengan kalori yang terbakar saat berlari sejauh 1,6 km dalam 8 menit.

2. Latihan interval intensitas tinggi

Kamu bisa melakukan latihan menyeluruh sambil membakar banyak lemak dan kalori. Kamu bisa membakar sekitar 500-1500 kalori per jam untuk pria dengan berat 80 kg. Dikatakan bahwa latihan ini bagus untuk dilakukan karena intensitas setiap latihan serta variasi dan repetisinya. Oleh karena itu, lakukan latihan ini secara rutin.

3. Bersepeda

Kamu dapat bersepeda di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan sepeda statis. Diketahui banyak kalori yang bisa dibakar saat melakukan olahraga ini. Jika kamu mengayuh dengan kecepatan yang tinggi, kamu bisa membakar lebih dari 1.000 kalori/ jam lho. Jika kecepatan kamu sedang, kalori akan terbakar sekitar 600 per jam.

Tips buat kue kacang yang sehat

Berikut berbagai tips membuat kalori kue kacang rendah dan menyehatkan, antara lain:

kalori putih telur

1. Gunakan kuning telur

Telur menyebabkan kolesterol baik untuk menaikkan HDL. Satu studi menemukan bahwa makan dua telur per hari selama enam minggu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL sebesar 10 persen. Kuning telur memiliki dua komponen utama yaitu Lutein dan Zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata.

2. Gunakan minyak kacang

Minyak kacang tanah sangat bermanfaat bila diolah dan disuling dengan benar. Minyak kacang banyak digunakan untuk keperluan menggoreng. Minyak kacang juga dikenal sebagai minyak kacang dan minyak Arachis. Minyak kacang kaya akan vitamin E, vitamin E berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan membantu mencegah penyakit berbahaya. Vitamin E menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Ini mencegah penyakit mental yang berkaitan dengan usia. Minyak kacang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, keduanya telah dipelajari secara ekstensif untuk perannya dalam mengurangi penyakit jantung.

3. Gunakan soda kue

Ini menetralkan asam lambung, sehingga memainkan peran penting dalam mengobati mulas. Campurkan satu sendok teh soda kue ke dalam segelas air dingin dan minum campuran tersebut secara bertahap.

Ini adalah obat rumahan yang terkenal untuk memutihkan gigi. Studi terbaru menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak daripada pasta gigi tanpa baking soda.

Resep kue kacang

Berikut resep cara membuat kue kacang yang tetap sehat dan kalori kue kacang yang rendah bisa kamu coba:

1. Kue kacang 1 kg

Bahan:

1 kg tepung terigu protein sedang
250 gram gula halus
1 kg kacang tanah kupas, sangrai
300 ml minyak goreng
1 sdt vanila
sejumput garam
3 kuning telur untuk dioleskan, kocok

Cara membuat:

  • Giling kacang yang sudah dikupas hingga halus. Masukkan ke dalam wadah.
  • Campur tepung terigu, gula halus, garam, vanili dan kacang tanah yang dihaluskan. Aduk rata.
  • Tambahkan minyak goreng. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Setelah adonan rata, letakkan di atas bidang datar. Giling adonan hingga ketebalan sekitar 5 mm.
  • Cetak adonan dengan cetakan kue kacang dan susun di atas loyang.
  • Oleskan kuning telur di atas kue kacang yang sudah siap di loyang.
  • Masukkan kue kacang yang sudah dicetak pada oven, atur suhu 150℃ kurang lebih selama 30-35 menit.
  • Setelah matang, keluarkan kue kacangnya. Biarkan dingin sampai suhu kamar sebelum memasukkannya ke dalam toples.

2. Resep kalori kue kacang yang rendah

Bahan:

250 gr tepung terigu protein rendah
150 gram Gula
150 gr Kacang tanah sangrai, tumbuk (aslinya kacang mete)
3 sdm selai kacang (tambahan saya)
150 ml Minyak sayur
50 gr mentega tawar, lelehkan
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk

Bahan olesan kue:

2 kuning telur
2 tetes pewarna kuning telur

Cara membuat:

  • Siapkan wadah besar.
  • Tambahkan tepung rendah karbohidrat, gula pasir, susu bubuk, dan kacang mete. Aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan selai kacang dan aduk kembali.
  • Tambahkan minyak goreng perlahan, dan uleni adonan hingga kalis.
  • Setelah halus, buat bola-bola kecil dan susun dengan rapi di atas loyang.
  • Oleskan kuning telur di atas kue kacang.
  • Panggang kue pada suhu 170℃ selama sekitar 20-30 menit.
  • Setelah matang, keluarkan dari oven. Biarkan dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples.

Meski dianggap sehat, kacang yang sudah diolah menjadi kue kering tentu akan mengubah nilai gizi dan bahan dasarnya karena kue kacang memiliki tambahan bahan seperti tepung, minyak hingga gula.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference