kalori kopi hitam

Kopi hitam adalah minuman rendah kalori. Hal ini tentu saja karena kandungan kafein di dalamnya jauh lebih banyak. Selama tidak dicampur dengan bahan lainnya, kamu bisa menambahkan kalori kopi hitam ini dalam menu sehatmu.

Ada beberapa senyawa yang diduga menyebabkan kalori kopi hitam menjadi sangat rendah, di antaranya adalah asam klorogenat. Melalui serangkaian reaksi kimia yang kompleks inilah tubuh dapat membakar lebih banyak kalori secara signifikan.

Berapa kalori dalam secangkir kopi hitam?

efek samping minum kopi saat haid

Jawaban singkatnya adalah sekitar 5 kalori. Tetapi hanya sebagian darinya yang merupakan kalori yang dapat dicerna, yang akan menempatkannya dalam kategori makanan rendah kalori. Ada beberapa senyawa yang membuatnya berkalori rendah.

Selain kafein, senyawa kimia terkait dan asam klorogenat yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme kita melalui serangkaian reaksi kimia kompleks yang tak hanya menghasilkan kenikmatan, tetapi juga membakar lebih banyak kalori secara signifikan.

Yang jelas adalah bahwa 100 miligram kafein -kira-kira dalam kopi 8 ons- menyebabkan manusia sehat membakar 75 hingga 150 kalori tambahan melalui stimulasi metabolisme. Jadi, jika kita mengurangi kalori yang terbakar dari 5 total kalori yang ada dalam cangkir kopi, kita dapat membakar sekitar 70-145 kalori.

Namun, sebelum mengonsumsi kopi, pertimbangkan tingkat toleransimu. Lama kelamaan tubuh akan terbiasa dengan asupan kafein, apalagi jika kafein tersebut dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Penasaran, Ini Kalori Kopi Susu Yang Sering Kamu Minum

Waktu terbaik minum kopi

Kafein yang ada dalam kopi dapat menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal dengan meningkatkan produksi asam lambung (asam klorida). Saat kamu minum kopi saat perut kosong, asam lambungmu bisa bertambah banyak. 

Bahkan kopi tanpa kafein dapat merangsang produksi asam yang pada saat perut kosong dapat merusak lapisan lambung jika dikonsumsi secara teratur. Jadi pastikan untuk selalu meminum kopi saat perut sudah kenyang.

Sering Disajikan Dengan Teh dan Kopi, Intip Jumlah Kalori Singkong Goreng

Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk mengkonsumsi kopi hitam. Pertengahan hingga sore hari adalah waktu terbaik. Hindari minum kopi setidaknya 6 jam sebelum tidur untuk meluruhkan efek kafein agar tidurmu nyenyak. 

Manfaat minum kopi

Kalori Kopi

Beberapa penelitian telah mengamati secara khusus kopi hitam atau membandingkannya dengan kopi dengan krim, susu, atau gula. Tetapi cukup banyak penelitian menunjukkan bahwa kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari minum kopi dalam jumlah sedang secara umum. 

1. Mencegah penyakit Alzheimer

Lebih dari satu penelitian telah mengaitkan asupan kopi secara teratur dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya. Seberapa kuat efek ini ditemukan bervariasi dari studi ke studi. 

Misalnya, orang paruh baya yang minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 65% lebih rendah terkena demensia ketika mereka bertambah tua. Penelitian lain menemukan bahwa orang yang minum lebih dari enam cangkir kopi sehari memiliki risiko demensia 53% lebih tinggi.

2. Mencegah penyakit parkinson 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa semakin banyak kopi yang diminum, semakin kecil kemungkinan terkena penyakit parkinson (tremor). 

Jika kamu sudah menderita parkinson, kopi dapat membantu kamu mendapatkan kontrol yang lebih baik atas gerakanmu. Para ilmuwan berpikir kafein bertanggung jawab atas manfaat ini.

5+ Penyebab dan Cara Mengobati Tremor Secara Efektif

3. Mengurangi risiko kanker

Studi telah menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kolorektal, dan hati. Para ilmuwan percaya ini mungkin karena antioksidan kopi, zat yang melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. 

Namun, kopi juga mengandung sedikit bahan kimia yang disebut akrilamida, yang dianggap sebagai karsinogen.

4. Mengurangi risiko sirosis

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko sirosis (komplikasi) hati stadium akhir, terutama bila kerusakan tersebut berasal dari alkohol. Satu studi besar menemukan bahwa minum empat cangkir atau lebih sehari dapat mengurangi risiko sirosis alkoholik sebanyak 80%. Minum dalam jumlah yang sama dapat mengurangi risiko sirosis non-alkohol hingga 30%.

5. Memperbaiki suasana hati

Karena kafein adalah stimulan, kopi dikenal sebagai penambah suasana hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi bahkan dapat membantu mengurangi risiko depresi, terutama jika kamu minum empat cangkir atau lebih per hari.

6. Manajemen diabetes

diabetes kering

Orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Dengan kondisi ini, tubuh kamu tidak dapat menggunakan insulin untuk memasukkan glukosa (gula) ke dalam sel, sehingga gula menumpuk di dalam darah kamu.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi peluang kamu terkena diabetes tipe 2. Satu penelitian besar menunjukkan bahwa untuk setiap tambahan secangkir kopi yang diminum seseorang setiap hari, risiko diabetes mereka turun hingga 11%. 

Sementara itu, meminum satu cangkir kopi lebih sedikit per hari meningkatkan risiko sebesar 17%. Tapi, jika kamu sudah menderita diabetes tipe 2, kopi dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

7. Manajemen berat badan

Ini bukan hubungan yang kuat, tetapi ada beberapa bukti bahwa kafein dalam kopi dapat membantu mengendalikan berat badan. Satu studi menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak minuman berkafein sedikit lebih kecil kemungkinannya untuk menambah berat badan dibandingkan mereka yang mengurangi kopi dan teh. 

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang minum minuman berkafein 30 menit hingga 4 jam sebelum makan cenderung makan lebih sedikit. Tapi tentu saja, minum kopi dengan banyak krim dan gula berkalori tinggi cenderung lebih besar dampak negatifnya daripada manfaat kafein untuk mengontrol berat badan.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference