Manfaat Aroma Lavender
Gaya Hidup Hidup Sehat

Manfaat Aroma Lavender, Mampu Redakan Stres dan Gangguan Kecemasan

Putri Aprillia | Februari 22, 2022
Share

Kamu ingin menenangkan tubuh dan pikiran? Tak perlu yang muluk-muluk, karena kamu bisa memanfaatkan aroma dari minyak esensial lavender. Kamu tentu sudah tak asing dengan aroma lavender yang lembut dan memberikan sensasi menenangkan, bukan?

Nah, manfaat aroma lavender ini dapat membantumu menghilangkan stres, mengurangi tekanan, dan membantu kamu Kembali beraktivitas dengan sehat. Yuk, simak info selengkapnya pada artikel berikut ini.

Aroma lavender essential oil

Aroma Lavender essential oil adalah salah satu minyak esensial paling populer dan serbaguna yang digunakan dalam aromaterapi. Aroma lavender ini berguna sebagai relaksasi dan diyakini dapat mengobati kecemasan, infeksi jamur, alergi, depresi, insomnia, eksim, mual, hingga kram menstruasi.

Tanaman Lavender sendiri merupakan bunga yang ekstraknya memiliki banyak kegunaan. Kandungan dari lavender essential oil ini dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, antibakteri dan antimikroba, serta antispasmodik, analgesik, detoksifikasi, hipotensi, dan efek sedatif.

Manfaat aroma lavender

Sebagai aromaterapi, aroma lavender dapat digunakan untuk membantu segala yang berkaitan dengan Kesehatan seperti:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Studi menemukan bahwa dengan menghirup aroma minyak lavender sebelum tidur, ternyata dapat meningkatkan persentase waktu tidur dengan kualitas yang baik. Sehingga sangat bermanfaat bagi penderita insomnia.

Studi lain terhadap 79 siswa dengan masalah tidur yang menghirup lavender pada waktu tidur, terbukti dapat meningkatkan energi dan semangat pada siang hari.

Jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur, kamu menghirup aroma minyak lavender dua kali seminggu selama 20 menit. Hal ini dipercaya dapat menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Mengurangi gangguan kecemasan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan aromaterapi lavender dapat menenangkan tingkat kecemasan pada pasien pra operasi. Pada penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior tahun 2005 pada 200 orang yang menunggu perawatan gigi dan menemukan bahwa menghirup aroma lavender dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

Dapat disimpulkan, aroma lavender dapat menenangkan dan mengurangi rasa cemas yang dialami seseorang.

3. Meringankan stres dan depresi

Manfaat aroma lavender lainnya adalah mampu meringankan stres dan depresi. Dalam sebuah eksperimen yang melibatkan 28 wanita yang telah melahirkan dalam 18 bulan sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa sesi aromaterapi selama empat minggu dua kali seminggu selama 15 menit membantu meringankan depresi selain menurunkan tingkat kecemasan.

Minyak kayu putih aroma lavender

Kini di pasaran sudah banyak minyak kayu putih dengan aroma lavender sebagai alternatif produk yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menghirup uap aromaterapi dengan menggunakan kayu putih jenis ini.

Hal ini dipercaya dapat meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat. Caranya, campurkan 3–7 tetes minyak aromaterapi ke dalam wadah yang berisi air hangat, lalu tundukkan kepala ke atas baskom dan tutupi dengan handuk.

Kemudian, hirup uap yang keluar dari air hangat tersebut selama 2 menit. Jika tidak ingin repot, kamu bisa menghirup cotton bud yang sudah diberi 1 tetes minyak kayu putih aroma lavender.

Tips mendapatkan manfaat aroma lavender

Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan aroma lavender sebagai aromaterapi, di antaranya:

1. Menggunakan diffuser

Diffuser aromaterapi adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah minyak aromaterapi menjadi uap dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk menghirup aroma lavender

Terdapat beragam jenis diffuser, seperti berbahan dasar dari keramik dengan lilin atau yang memakai tenaga listrik. Pastikan diffuser aromaterapi ini tidak digunakan dalam jangka waktu lama dan hanya diperlukan saat dibutuhkan saja.

2. Berendam air panas

Tips lainnya ialah kamu bisa berendam dalam air hangat saat mandi dan tambahkan beberapa tetes lavender essential oil ke dalam bathtub untuk menenangkan pikiran dan melepas stres.

3. Pijat

Kamu juga bisa mencampurkan minyak aromaterapi dengan minyak pijat untuk memijat seluruh tubuh. Selain membuat tubuh menjadi rileks, campuran minyak ini juga dapat merelaksasi otot yang tegang.

Meskipun memiliki banyak manfaat, aromaterapi juga memiliki risiko. Jadi, pastikan kamu sudah mengerti betul cara menggunakannya dan tidak memiliki risiko alergi. Bila kamu memiliki kondisi medis tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum menggunakan minyak aromaterapi.

Reference
Share