kalori bayam rendah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain itu, seperti yang kita tahu, sayuran memang memiliki kalori yang rendah. Namun, kira-kira berapa kalori bayam dan apa saja manfaatnya bagi tubuh?

Fakta kalori bayam

Bayam mengandung banyak nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Harga sayuran berdaun hijau yang satu ini juga cukup murah dan dapat diolah dengan mudah. Dalam sayur bayam, terkandung vitamin A, C, K1, zat besi, asam folat, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Lalu, berapa kalori bayam? Nah, jumlah kalori bayam dengan berat 100 gram adalah sekitar 23 kalori dengan kandungan nutrisi meliputi:

  1. 0,39 lemak
  2. 0,063 gram lemak jenuh 
  3. 0,165 gram lemak tak jenuh ganda
  4. 0,01 gram lemak tak jenuh tunggal
  5. 0 mg kolesterol
  6. 2,86 gram protein
  7. 3,63 gram karbohidrat
  8. 2,2 gram serat
  9. 0,42 gram gula
  10. 79 miligram sodium
  11. 558 miligram kalium

Tak hanya itu, ada beberapa nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam bayam, yaitu:

  • 12200 mcg lutein dan zeaxanthin
  • 194 mcg folat
  • 9380 IU vitamin A
  • 483 mcg vitamin K
  • 558 mg potasium
  • 99 mg kalsium

Sayuran Mentah Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah?

Apa saja manfaat bayam bagi tubuh?

kalori dan manfaat bayam

Setelah mengetahui kalori bayam, kamu mungkin penasaran dengan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Yuk, cek berbagai  manfaat yang akan kamu dapat dari mengonsumsi bayam di bawah ini!

1. Baik untuk kesehatan mata

Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein di mana kandungan ini merupakan karotenoid yang bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak yang merupakan penyebab utama kebutaan.

2. Memperkuat fungsi tulang

Selain baik untuk kesehatan mata, bayam juga dapat memperkuat fungsi tulang, lho. Manfaat ini didapat karena bayam kaya akan vitamin K dan kalsium di mana dua nutrisi ini berperan penting untuk kekuatan tulang.

3. Mengurangi risiko terkena kanker

Dengan kadar serat, asam folat, vitamin A, dan vitamin C yang tinggi, salah satu manfaat bayam bagi tubuh adalah menangkal berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan paru-paru.

Tak hanya itu, gliko gliserolipid dalam bayam juga berperan dalam pencegahan kanker, lho. Hal ini terjadi karena kandungan tersebut juga berpotensi menghambat pertumbuhan tumor.

4. Mengontrol tekanan darah

Kandungan nitrat dan magnesium dalam bayam telah terbukti mampu meningkatkan fungsi endotel yang secara keseluruhan dapat mengatur tingkat tekanan darah serta melemaskan dan melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah pun meningkat. Tak hanya itu, nitrat dalam bayam juga dapat meredakan kekakuan arteri yang dapat menyebabkan tingkat tekanan darah tinggi. 

5. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit dan rambut yang sehat? Tentu semua orang ingin memilikinya. Nah, kalau kamu ingin rambut dan kulitmu sehat, kamu bisa mengonsumsi bayam secara teratur.

Pasalnya, vitamin A dalam bayam ini dapat membantu melindungi kulit dari radiasi UV, meningkatkan kesehatan kulit, serta mampu melawan stres oksidatif yang terjadi pada lapisan kulit. Tak hanya kandungan vitamin A, beberapa penelitian menyebutkan, vitamin C dalam bayam juga terbukti mampu meningkatkan sintesis kolagen.

Sementara itu, kandungan magnesium dan zat besi dalam sayur bayam berfungsi untuk meningkatkan kesehatan rambut. Manfaat bayam bagi tubuh ini cocok bagi kamu yang tak ingin mengalami kerontokan rambut.

Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Resep sayur bayam bening praktis ala rumahan

Tak bisa dipungkiri bahwa tak sedikit orang yang tertarik untuk menjadikan bayam sebagai menu andalan setelah melihat manfaat dari nutrisi dan kalori bayam. Terlebih, proses pembuatan sayur bayam pun cukup mudah. Apakah Yoonies tertarik mencoba? Yuk, ikuti resep dan langkah membuat sayur bayam bening yang praktis ala rumahan!

Bahan-bahan:

  1. 2 ikat bayam segar yang telah kamu cuci bersih
  2. 1 liter air bersih 
  3. 5 siung bawang merah 
  4. Temu kunci secukupnya
  5. 1 lembar daun salam 
  6. 3 buah jagung manis dan pipilkan
  7. 1 sendok teh garam 
  8. 1 sendok makan gula pasir

Cara membuat sayur bayam:

  1. Cuci bersih bayam, iris semua bawang merah, dan memarkan temu kunci.
  2. Masukkan irisan bawang merah, temu kunci, dan daun salam ke dalam air mendidih. Masukkan jagung yang telah dipipilkan. Rebus kembali hingga jagung matang.
  3. Masukkan bayam, lalu masak sebentar saja hingga bayam terlihat layu.
  4. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa.
  5. Matikan kompor dan sajikan sayur bayam.
  6. Sayur bayam siap disantap bersama nasi dan lauk pelengkap lainnya.

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, sayur bayam bisa menjadi menu pilihan, Yoonies. Selain kaya nutrisi, kalori bayam pun tergolong rendah.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference