sayuran yang bisa dimakan mentah

Tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, keinginan tersebut sering kali tidak diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat secara konsisten, termasuk mengonsumsi makanan bergizi seperti sayuran.

Mengkonsumsi sayur dengan rutin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain: memperbaiki pencernaan, melindungi kesehatan ginjal, mencegah asam lambung, dan membuat kulit tampak lebih sehat. Bukan hanya bisa dikonsumsi setelah dimasak atau melalui berbagai proses, ada juga sayuran yang bisa dimakan mentah.

Apakah ada sayuran yang bisa dimakan mentah?

Biasanya sayuran yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang adalah sayuran yang sudah dimasak dan diproses terlebih dahulu. Tetapi tahukah kamu bahwa ada beberapa sayuran yang bisa dimakan mentah?

Kamu bisa menikmatinya sebagai lalapan atau salad segar yang lezat dan bergizi. Tenang saja, sayuran-sayuran yang akan kita bahas di bawah ini sangatlah aman jika kamu ingin mengonsumsinya tanpa dimasak atau diproses terlebih dahulu.

Jenis-jenis sayuran yang bisa dimakan mentah

Agar kamu tidak terus bertanya-tanya apa saja sayuran yang bisa dimakan mentah, yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Kubis

Salah satu jenis sayuran yang bisa dimakan mentah adalah kubis. Sayuran ini dikenal memiliki khasiat melawan kanker. Hal ini karena kubis memiliki nilai gizi yang sangat baik berupa vitamin C dan K. Tidak heran mengapa kubis telah lama digunakan sebagai obat herbal. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari kubis, kamu bisa makan kubis mentah dengan jus lemon, minyak zaitun dan bawang putih.

2. Kale

Kale merupakan jenis sayuran yang aman dikonsumsi mentah. Sayuran berdaun hijau ini sangat tinggi vitamin C dan K, serta kalsium dan beta-karoten. Sayur kale juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara dan risiko degenerasi makula terkait usia.

Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap dari sayuran yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi kale mentah sebagai campuran salad. Campur dengan minyak zaitun dan aduk sedikit dengan perasan lemon dan lada hitam untuk membuatnya terasa lezat.

3. Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang bisa dimakan mentah. Biasanya, tomat digunakan untuk membuat sambal. Tomat juga dikenal kaya akan kandungan vitamin C, asam folat, potasium, beta-karoten, dan asam folatnya. Jenis sayuran ini juga sangat enak dan menyegarkan sehingga sering pula dikonsumsi sebagai jus (dikonsumsi mentah).

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi toman mentah, seperti kulit yang bersih dari jerawat dan sistem imun yang lebih baik.

4. Brokoli

Sayuran selanjutnya yang aman dikonsumsi mentah adalah brokoli. Sayuran ini mengandung lebih banyak vitamin C, kalsium, potasium, dan nutrisi lain daripada sayuran lainnya. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane dalam kadar yang cukup tinggi.

Kandungan ini dapat membantu dalam penurunan risiko kanker, penyakit kardiovaskular dan penyakit autoimun. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, makan brokoli mentah dapat meningkatkan penyerapan sulforaphane.

5. Selada

Selada atau Lactuca sativa merupakan salah satu sayuran yang bisa dimakan mentah. Selada mengandung banyak vitamin, seperti vitamin K dan vitamin A yang tinggi. Sehingga sangat bagus untuk kesehatan sepert pembekuan darah alami, hingga kesehatan mata.

Manfaat makan sayuran mentah

Setelah tahu beberapa jenis sayuran yang bisa dimakan mentah, kamu juga harus tahu apa saja manfaat makan sayuran mentah. Berikut beberapa manfaatnya bagi kesehatan:

1. Antioksidan lebih tinggi

Kandungan antioksidan dalam sayuran mentah cenderung lebih tinggi dibanding sayuran yang telah dimasak atau diproses terlebih dahulu. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran bisa rusak selama proses memasak. Inilah mengapa kamu harus rajin mengkonsumsi sayuran mentah.

2. Membantu kontrol berat badan

Jika kamu rajin mengkonsumsi sayuran mentah, proses penurunan berat badan menjadi lebih mudah dilakukan. Hal ini karena sayuran mentah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu, kalori yang terkandung dalam sayuran yang bisa dimakan mentah juga lebih rendah dibanding sayuran yang sudah dimasak dan dicampur dengan bahan lain.

3. Mencegah penuaan dini

Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi sayuran mentah dapat membantu mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan kandungan mineral dan vitamin pada sayuran mentah lebih cepat dan mudah diserap tubuh. Selain itu, antioksidan yang tinggi juga berperan dalam regenerasi sel kulit, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih muda dan halus serta segar.

4. Detoks tubuh

Racun dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan benar melalui pencernaan yang tepat. Konsumsilah banyak sayuran agar sistem pencernaanmu bisa bekerja lebih baik. Dibanding sayuran yang telah dimasak, sayuran mentah memiliki serat yang lebih tinggi dan sangat cocok untuk melancarkan pembuangan racun dalam tubuh.

Apa yang harus diperhatikan saat makan sayuran mentah?

Sayuran mentah memang memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, namun tentu saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat makan sayuran mentah. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah:

Kualitas

Jika kamu ingin makan sayuran mentah, kamu perlu memperhatikan kualitas sayuran yang kamu makan. Pastikan sayuran tersebut segar, karena sayuran segar memberikan nutrisi yang jauh lebih tinggi dibanding sayuran yang sudah tidak segar lagi. Selain itu, sayuran segar juga memiliki rasa yang lebih lezat.

Cara penyajian

Selain kualitas, saran penyajian sayuran yang bisa dikonsumsi mentah juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Makanan mentah tidak selalu berarti bahwa kamu benar-benar makan sayuran mentah.

Makan sayur mentah bisa berarti kamu mengonsumsi sayur tersebut dengan proses memasak yang minimal. Sebelum menyajikannya, kamu juga harus memastikan bahwa kamu sudah mencuci sayur tersebut dengan benar untuk menyingkirkan bakteri jahat dan penyakit.

Nah, itulah beberapa sayuran yang bisa dimakan tanpa dimasak serta beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam penyajian dan konsumsi sayuran mentah ini. Sayuran mana yang jadi favoritmu?

Share artikel ini
Reference