Manfaat daun bayam untuk kesehatan
Hidup Sehat

Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Putri Aprillia | Desember 28, 2021
Share

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan daun bayam. Biasanya daun bayam dikonsumsi sebagai menu olahan sayur bening, pecel, atau tumis sayur bayam. Daun bayam juga bisa dikonsumsi dengan olahan smoothie atau salad.

Daun bayam ini memiliki kandungan banyak nutrisi. Tak heran ada banyak manfaat daun bayam bagi kesehatan. Lantas, apa saja manfaat daun bayam bagi kesehatan tubuh? Apa saja kandungan yang ada di dalamnya? Simak jawabannya di pembahasan berikut ini.

Mengenal sekilas tentang daun bayam

Daun bayam adalah daun berwarna hijau dari Persia yang kaya akan antioksidan dan nutrisi. Selain kaya akan nutrisi, daun bayam juga rendah kalori. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti daun bayam penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

Bayam sendiri juga telah dimanfaatkan untuk olahan masakan di berbagai belahan dunia, terutama dalam masakan Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Mediterania. Selain harganya yang ekonomis, daun bayam juga mudah didapat dan diolah. Rasanya pun nikmat, baik diolah sebagai sayur bayam, pecel, atau tumis.

Kandungan dalam daun bayam

Daun bayam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada pada daun bayam, adalah:

  • Serat. Kandungan serat pada bayam dapat membantu untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.
  • Lutein. Senyawa ini efektif untuk meningkatkan kesehatan mata. Salah satu jenis vitamin karotenoid ini dapat mencegah degenerasi makula atau katarak. Pada mata manusia, lutein berfungsi sebagai pigmen warna yang dapat melindungi mata dari sinar matahari.
  • Kaempferol. Antioksidan ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan kronis. Senyawa ini dapat memperlambat pertumbuhan kanker dan penyebarannya.
  • Nitrat. Kandungan nitrat pada daun bayam dapat meningkatkan kesehatan jantung. Nitrat dapat meredakan nyeri dada yang diakibatkan karena penyakit jantung.
  • Kuersetin. Antioksidan ini mampu menangkal infeksi dan peradangan serta memberikan efek perlindungan agar terhindar dari penyakit jantung dan diabetes. Kuersetin juga memberi pengaruh baik pada kesehatan otak, agar terhindar dari penyakit demensia dan Alzheimer.
  • Zeaksantin. Sama seperti lutein, senyawa ini juga berperan dalam meningkatkan kesehatan mata. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, zeaksantin juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.
  • Vitamin A. Bayam kaya akan karotenoid, yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Vitamin C. Vitamin C yang ada di daun bayam dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat menangkal radikal bebas, membantu pembentukan kolagen, dan mempermudah penyerapan zat besi.
  • Vitamin K1. Daun bayam mengandung vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah. Vitamin ini sering dipakai untuk mengatasi terjadinya perdarahan.
  • Asam folat. Asam folat disebut juga vitamin B9. Vitamin yang larut dalam air ini sangat penting untuk ibu hamil. Vitamin ini bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan, pembentukan sel darah merah, dan menjaga daya tahan tubuh.
  • Zat besi. Bayam merupakan salah satu sumber zat besi. Di dalam tubuh kita, zat besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.
  • Kalsium. Mineral ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium dapat menjaga fungsi jantung, syaraf, dan otot. Kalsium dibutuhkan untuk mencegah penyakit osteoporosis dan rakitis.
  • Magnesium. Magnesium diperlukan tubuh untuk proses metabolisme, menjaga fungsi otot dan syaraf, mengatur agar irama jantung tetap teratur, menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat, dan menjaga tekanan darah.

Selain itu, daun bayam juga mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, potassium, vitamin B6, dan vitamin E.

Manfaat daun bayam untuk tubuh

Daun bayam mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Semuanya bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi sayur bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas manfaat daun bayam terhadap:

  • Tubuh
  • Rambut
  • Masa Kehamilan

Beberapa manfaat daun bayam untuk tubuh, adalah:

1. Menjaga kesehatan mata

Zeaxanthin dan lutein pada daun bayam dapat menjaga kesehatan mata. Kedua senyawa ini dapat mencegah degenerasi makula (AMD) dan katarak. Makula adalah penyakit yang dapat mengaburkan penglihatan yang diperlukan dalam aktivitas membaca dan mengemudi. Degenerasi makula menjadi salah satu penyebab utama orang berusia 50 tahun ke atas kehilangan penglihatannya. Saat ini, belum ada obat untuk penyakit ini. Jadi, tindakan pencegahan sangat penting dilakukan.

2. Mengurangi stres oksidatif

Kandungan antioksidan pada bayam dapat menangkal stres oksidatif. Stres oksidatif disebabkan oleh radikal bebas. Stres oksidatif dapat mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, dan obesitas.

3. Menjaga kesehatan otak

Dilansir dari Health Line, ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 950 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi satu sampai dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

4. Mencegah kanker

Bayam kaya akan antioksidan yang dapat melawan kanker. Bayam mengandung MGDG dan SQDG yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Senyawa ini dapat memperlambat pertumbuhan tumor di serviks. Senyawa ini juga bisa mengurangi ukuran tumor. Merujuk pada situs Health Line, beberapa penelitian mengaitkan konsumsi bayam dengan penurunan risiko terkena penyakit kanker prostat. Mengonsumsi daun bayam juga dapat membantu mencegah kanker payudara.

5. Menurunkan tingkat tekanan darah.

Bayam mengandung banyak nitrat. Nitrat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Senyawa nitrat dapat meningkatkan aliran darah. Karena kandungan potasiumnya yang tinggi, daun bayam direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi penyakit diabetes

Bayam mengandung antioksidan yang disebut asam alfa-lipoat, yang dapat menurunkan kadar glukosa. Sebuah asosiasi bernama American Diabetes Association memberikan saran kepada penderita penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 untuk mengonsumsi bayam.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Bayam kaya akan serat dan air. Keduanya dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat. Karbohidrat berserat ini dapat membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga tidak cepat merasa lapar.

8. Menjaga kesehatan kulit

Bayam mengandung vitamin C yang dapat memelihara kolagen untuk kesehatan kulit. Vitamin A yang ada pada daun bayam dapat menyeimbangkan pembentukan sebum di kulit. Hasilnya, kulit terlihat awet muda. Bekas luka juga lebih cepat sembuh.

Manfaat daun bayam untuk ibu hamil

Sayuran berwarna hijau ini mengandung folat yang bagus untuk ibu hamil. Pada masa awal kehamilan, telah terjadi pembentukan sistem organ dan jaringan pada janin. Agar prosesnya berjalan dengan baik, janin memerlukan asam folat dalam jumlah yang cukup.

Kandungan folat pada bayam juga memiliki banyak manfaat lain untuk ibu hamil, di antaranya:

  • Mencegah terjadinya cacat, seperti sumbing, anensefali, dan spina bifida
  • Mendukung proses tumbuh kembang janin
  • Menaikkan berat janin
  • Mencegah janin lahir prematur

Memenuhi asupan asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Kandungan asam folat yang tinggi pada bayam ini dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan Ibu hamil.

Manfaat daun bayam untuk rambut

Selain dapat bermanfaat untuk kesehatan dan ibu hamil, daun bayam dapat menjaga rambut. Bayam mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi sehingga mengonsumsi bayam dapat melembabkan rambut. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk rambut. Bayam mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Tips mengonsumsi daun bayam

Supaya manfaat daun bayam yang kamu peroleh lebih optimal, kamu perlu mengolahnya dengan tepat. Berikut ini tips mengolah daun bayam yang menyehatkan untuk dikonsumsi.

  • Pilihlah bayam yang masih segar.
  • Sebelum mengolahnya,cuci bayam sampai bersih.
  • Bayam sebaiknya disimpan dalam tempat yang bersih dan kedap udara. Jangan lupa untuk menyimpannya di lemari es agar tetap segar
  • Saat memasak, gunakan peralatan yang bersih. Cuci peralatan menggunakan sabun dan air sampai bersih sebelum menggunakannya.
  • Jika bayam sudah dimasak, jangan dipanaskan lagi karena bisa mengurangi kadar gizinya.

Cara memasak daun bayam bisa mempengaruhi kandungan nutrisinya. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Swedia, semakin lama daun bayam direbus, maka semakin rendah kadar lutein yang tersisa.

Para ilmuwan mengatakan bahwa cara terbaik untuk mengonsumsi bayam adalah dengan membuat smoothie yang dikombinasikan dengan lemak sehat, misalnya alpukat. Kandungan lemak sehat dapat meningkatkan kemampuan dalam menyerap antioksidan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengonsumsi daun bayam, yaitu:

  • Bayam dapat ditambahkan sebagai bahan untuk banyak hidangan, dimasak, atau disajikan dalam keadaan mentah.
  • Tambahkan bayam ke pasta atau sup.
  • Tumis bayam dengan sedikit minyak zaitun. Bumbui dengan lada hitam dan keju parmesan yang baru diparut.
  • Tambahkan bayam ke sandwich atau roti.
  • Tambahkan bayam ke dalam telur dadar atau telur orak-arik.
  • Tambahkan bayam ke dalam smoothie.

Demikianlah manfaat daun bayam yang bisa kamu peroleh. Supaya asupan gizi tetap terpenuhi, kamu bisa mengonsumsi sayuran berwarna hijau seperti bayam. Satu lagi, jangan lupa untuk mengolahnya dengan tepat ya.

Reference
Share